Mengenal Aterosklerosis, Penyebab Stroke dan Sakit Jantung

Dipublish tanggal: Jul 26, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Mengenal Aterosklerosis, Penyebab Stroke dan Sakit Jantung

Apakah Anda mengetahui apa itu aterosklerosis? Aterosklerosis adalah penyempitan atau pengerasan pembuluh darah karena adanya plak di dalamnya. Plak ini dapat terbentuk dari lemak, kolesterol, fibrin (bahan yang diperlukan untuk pembekuan darah), maupun produk  buangan dari sel dan kalsium.

Aterosklerosis tidak dapat terbentuk begitu saja, melainkan harus melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang. Aterosklerosis diawali dengan  kerusakan pada endotelium atau lapisan pada dinding pembuluh darah. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Polishing 1 Kali di AM Dental Care

Pembersihan karang gigi dilakukan untuk seluruh permukaan gigi baik rahang atas maupun rahang bawah. Pada beberapa pasien yang tidak tahan sakit terkadang membutuhkan anestesi (bius) lokal, biaya anestesi tidak termasuk pada paket ini. Paket ini tidak termasuk tindakan pemutihan gigi maupun tindakan medis lainnya. Tidak ada limit untuk pembelian

Pembersihan karang gigi dan polishing   1 kali di am dental care

Kerusakan endotelium ini dapat disebabkan karena tekanan darah tinggi, kebiasaan merokok, dan tingginya kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kerusakan endotelium ini dapat berkembang menjadi plak.

Selanjutnya, ketika kolesterol jahat (LDL) melewati endotelium yang rusak, kolesterol akan memasuki dinding pembuluh darah. Hal ini menyebabkan sel darah putih masuk ke endotelium yang rusak tersebut untuk membantu mencerna kolesterol jahat. 

Lama-kelamaan kolesterol beserta sel-sel ini menumpuk dan menyebabkan terbentuknya plak di dinding arteri. Untuk membentuk plak ini diperlukan waktu yang sangat lama hingga bertahun-tahun. 

Bila plak sudah terbentuk, lama-kelamaan plak akan membesar dan dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah. Apabila aliran darah tersumbat, maka penyakit berbahaya seperti stroke dan penyakit jantung pun sudah menunggu di depan mata. 

Sumbatan pembuluh darah dapat pecah sewaktu-waktu yang menyebabkan pembekuan darah darah di sekitar arteri. Apabila hal ini terjadi di otak, maka menyebabkan stroke dan jika terjadi di jantung maka dapat menyebabkan serangan jantung

Proses terjadinya sumbatan dan plak ini sangat lama, sehingga penyakit aterosklerosis biasanya terjadi pada orang yang sudah berumur. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi dan Dental Spa 1 Kali di Upstairs Dental Clinic

Pembersihan karang gigi menggunakan alat ultrasonik sehingga permukaan gigi tidak ada yang diasah maupun dirusak. Dental spa dilakukan untuk menutrisi gusi setelah karang gigi telah dibersihkan secara keseluruhan dengan dikumur selama 1 menit.

Pembersihan karang gigi dan dental spa   1 kali   upstairs dental clinic

Penyebab aterosklerosis

Beberapa penyebab yang dapat meningkatkan resiko terjadinya aterosklerosis antara lain : tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas atau kelebihan berat badan, kebiasaan merokok, kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, gaya hidup tidak aktif, jarang berolahraga dan sering duduk, serta riwayat penyakit keluarga yang mempunyai penyakit jantung dan aterosklerosis. 

Bagaimana cara mencegah aterosklerosis? 

Berhenti merokok

Apabila Anda merokok, sebaiknya Anda menghentikannya apabila ingin terhindar dari aterosklerosis dan penyakit lainnya. Merokok dapat merusak dinding pembuluh darah sehingga plak makin mudah terbentuk dan resiko terjadinya aterosklerosis semakin tinggi.

Mengubah pola makan

Selain berhenti merokok, sebaiknya Anda mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat. Kolesterol jahat (LDL) dalam darah dapat meningkat apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat membuat plak semakin mudah terbentuk. 

Sehingga Anda perlu mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Selain lemak jenuh dan emak trans, Anda juga perlu mengurangi asupan gula dan garam. Sebaiknya Anda juga memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. 

Apabila ingin membeli makanan atau minuman dalam kemasan, sebaiknya Anda mencermati komposisi kandungannya, karena makanan dan minuman kemasan biasanya mengandung banyak garam, gula, dan lemak. 

Olahraga secara teratur

Selain berhenti merokok dan mengubah pola makan, olahraga secara teratur juga dapat membantu mencegah terjadinya aterosklerosis. Olahraga secara teratur dapat mengurangi kadar lemak darah dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan dapat mengontrol berat badan. Olahraga yang dianjurkan adalah sekitar 30 menit per hari atau 150 menit per minggu. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Penyakit apa saja yang berkaitan dengan aterosklerosis?

Aterosklerosis dapat terjadi di pembuluh darah arteri di bagian mana saja seperti lengan, kaki, jantung, otak, dan ginjal. Maka dari itu, penyakit yang ditimbulkan karena aterosklerosis bisa bermacam-macam, tergantung dari letak pembuluh darah arteri yang mengalami penyempitan atau aterosklerosis. Penyakit-penyakit tersebut antara lain : 

Penyakit jantung koroner (PJK)

Penyakit jantung koroner terjadi ketika plak terbentuk dan berkembang di arteri koroner. Pembuluh darah arteri ini bertugas membawa darah yang kaya oksigen ke jantung. Plak yang berkembang dalam arteri koroner dapat mempersempit pembuluh darah arteri sehingga mengurangi aliran darah ke jantung. 

Selain itu, plak juga dapat menyebabkan darah menggumpal dan aliran darah menjadi tersumbat. Jika aliran darah ke jantung tersumbat, maka Anda akan merasa nyeri pada dada dan dapat menyebabkan serangan jantung.

Penyakit ginjal kronis

Penyakit ginjal kronis disebabkan oleh plak yang menumpuk pada arteri ginjal. Apabila ini dibiarkan terus menerus, penyakit ini akan mengganggu fungsi organ ginjal yaitu menyaring produk sisa dalam darah lalu mengeluarkannya dari tubuh dalam bentuk urin.

Penyakit arteri perifer

Penyakit arteri perifer disebabkan karena adanya plak yang menumpuk di arteri perifer. Arteri perifer adalah arteri yang tugasnya mengalirkan darah kaya oksigen ke bagian tubuh lain seperti kaki, lengan, dan panggul. Aliran darah yang tersumbat akibat adanya plak di daerah ini menyebabkan mati rasa, nyeri, hingga infeksi.

Penyakit arteri karotis

Arteri karotis adalah arteri yang terletak di sisi leher dan tugasnya membawa darah kaya oksigen menuju ke otak. Apabila terdapat sumbatan atau plak di arteri karotis ini, Anda dapat mengalami gejala-gejala stroke. Dan apabila ada pembuluh darah arteri di otak yang pecah, maka dapat menyebabkan stroke dengan potensi kerusakan otak permanen.

27 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Feb. 1, 2018.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Aug. 18, 2015.
Tapson VF. Fibrinolytic (thrombolytic) therapy in acute pulmonary embolism and lower extremity deep vein thrombosis. http://www.uptodate.com/home.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app