Manfaat Pisang yang Bagus untuk Kesehatan Anda

Dipublish tanggal: Jun 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 2 menit
Manfaat Pisang yang Bagus untuk Kesehatan Anda

Siapa tak suka pisang? Buah dengan sejuta manfaat ini nyaris cocok dikonsumsi begitu saja atau dijadikan sebagai pelengkap berbagai makanan. Buah ini memiliki berbagai kandungan penting, seperti kalori, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, berbagai macam vitamin, choline, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, tembaga, manganese, dan selenium.

Kita kerap menemukan berbagai jenis kulit pisang di pasaran, ada yang menunggu kuning baru matang, ada yang masih berwarna hijau tapi sudah terasa manis dan legit.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Ternyata ada kandungan berbeda di dalam pisang beda warna kulit. Konon jika tujuannya untuk berdiet sebaiknya mengonsumsi pisang dengan kulit berwarna hijau karena kandungan gula dari pisang tersebut lebih sedikit dari pisang berwarna kuning.

Ada banyak fakta menarik di balik buah pisang, namun kali ini kita bahas dulu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi buah pisang. Berbagai manfaat tersebut di antaranya:

Bagus untuk Pencernaan

Pisang memiliki kandungan yang bagus untuk mengatasi masalah pencernaan di dalam tubuh. Kandungan kaliumnya bisa menggantikan elektrolit yang hilang, sementara itu kandungan seratnya bisa memperpadat feses sehingga berperan penting untuk kesembuhan diare. 

Ibu hamil juga bagus makan pisang karena kandungan b6 dalam buah pisang bisa membantu ibu hamil mengatasi morning sickness.

Menormalkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki permasalahan dengan tekanan darah, bisa menggunakan pisang sebagai alternative pengobatan tradisional. Kandungan kaliumnya berperan untuk menurunkan tekanan darah melalui pengurangan kadar natrium di dalam tubuh. Asalkan pola makan Anda tetap terjaga baik.

Mengantisipasi Stroke

Lagi-lagi kandungan kalium di dalam buah pisang disinyalir menjadi solusi untuk penyakit stroke pada wanita tua. Dalam hal ini sangat rentan wanita menopause mengalami beragam gejala seperti stroke. Dengan mengonsumsi pisang secara rutin, risiko tersebut bisa diatasi sebaik mungkin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Paket Prenatal (Panel Awal Kehamilan) via HonestDocs!

Cek ada tidaknya resiko gangguan kesehatan pada ibu hamil dan dapatkan treatment yang tepat secepatnya. Diskon 30% jika beli via HonestDocs sekarang!

Paket prenatal %28panel awal kehamilan%29 di path lab %28home services%29

Meningkatkan Stamina

Pisang mengandung kalium, karbohidrat, vitamin b6, dan serat yang bisa meningkatkan stamina pasca berolahraga. Sekarang memang sudah banyak produk minuman yang digadang-gadang menjadi asupan baik untuk kesehatan, namun sayangnya tidak ada jaminan produk tersebut tidak menggunakan pemanis buatan.

Mengandung Magnesium

Kandungan magnesium pada pisang akan berperan penting dalam menjaga pembentukan protein, mempertahankan fungsi otot dan saraf, meningkatkan produksi energi, serta mengendalikan tekanan gula darah. Untuk penderita diabetes tipe 2 akan amat terbantu dengan konsumsi buah pisang.

Sumber makan yang bagus

Mangan merupakan salah satu jenis mineral yang baik untuk pertumbuhan tulang dan juga penyembuhan luka. Mangan membantu kesehatan tubuh dengan cara metabolisme karbohidrat, kolesterol, serta asam amino di dalam tubuh. 

Migraine, gangguan kehamilan, dan kematian yang disebabkan oleh serangan jantung juga salah satunya bisa dicegah sedini mungkin dengan mangan.

Memenuhi kebutuhan serat lansia

Semakin tua kita, semakin tinggi pula kebutuhan kita akan serat. Misal, untuk pria saja sehari membutuhkan sebanyak 38 gram serat per hari, sementara untuk wanita membutuhkan serat sebanyak 25 gram per hari. Kebutuhan akan serat ini bisa dipenuhi apabila Anda rutin mengonsumsi pisang.

Mengatasi penyakit Lambung

Punya penyakit lambung? Anda bisa mengatasinya dengan buah pisang. Kandungan antioksidan flavonoid leucocyanidin pada pisang bisa membantu mencegah tukak lambung pada seseorang. Asam lambung pada lambung bisa dinetralkan secara alami oleh buah pisang yang merupakan antasida alami.

Demikian berbagai manfaat pisang yang bisa Anda dapatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Sederhana, namun yang didatangkan oleh si manis pisang sangat berperan penting untuk jangka panjang. 

Daripada melakukan pengobatan ketika penyakit sudah menggerogoti, lebih baik dari sekarang lakukan pencegahan dengan memulai hidup sehat.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Bananas: Health benefits, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157.php)
Bananas 101: Nutrition Facts and Health Benefits. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/foods/bananas)
Bananas: A Nutritional Powerhouse. WebMD. (https://www.webmd.com/food-recipes/health-benefits-bananas)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app