Simak Mengenai Manfaat Pisang untuk Anda yang Hobi Olahraga

Dipublish tanggal: Agu 11, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Simak Mengenai Manfaat Pisang untuk Anda yang Hobi Olahraga

Mempelajari tentang manfaat yang ditawarkan buah pisang kepada orang yang hobi berolahraga. 

Mengkonsumsi buah pisang diketahui dapat membantu daya tahan tubuh selama berolahraga dan menghindari kram otot setelah melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pisang merupakan salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh semua jenis atlet. Hal tersebut disebabkan karena buah pisang sangat bermanfaat dan memiliki sejumlah besar sifat yang sangat menarik dalam kaitannya dengan kekuatan fisik. 

Terus simak penjelasan artikel dibawah ini mengenai manfaat pisang untuk Anda yang hobi berolahraga.

Nilai Gizi dalam buah pisang

Perlu Anda ketahui, pisang merupakan buah yang sangat direkomendasikan untuk para atlet karena nilai gizinya, oleh karena itu pisang juga baik dikonsumsi untuk Anda yang hobi berolahraga. 

Seperti yang akan Anda ketahui, buah pisang mengandung sejumlah besar nutrisi yang sangat menarik. Berikut kandungan nutrisi pada buah pisang. Untuk setiap 100 gram, pisang mengandung:

  • Kalori 90 Kilokalori
  • Lemak 0,30 gram
  • Karbohidrat 21 gram
  • Serat 2 gram
  • Protein 1 gram
  • Kalsium 285 miligram
  • Fosfor 22 milligram

Manfaat makan pisang untuk yang hobi berolahraga

Nutrisi memberi bahan bakar pada tubuh untuk membantu menjalankan fungsi tubuh sehari-hari. Jika Anda memiliki gaya hidup yang menuntut fisik yang kuat seperti saat berolahraga, maka nutrisi yang tepat sangat penting untuk kesehatan Anda.

Mengkonsumsi makanan dengan benar dapat membantu memastikan bahwa otot Anda memiliki energi yang cukup untuk melalui olahraga dan juga mencegah terjadinya gula darah rendah setelah aktivitas fisik yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Pisang dapat memberi tubuh Anda nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Anda, terutama jika Anda berolahraga. Kandungan nutrisi penting dalam buah pisang dapat meliputi:

Kalium

Kalium memainkan peran penting dalam fungsi otot, dan bila tubuh kekurangan kalium, maka dapat menyebabkan terjadinya kram otot dan ketidaknyamanan pada anggota tubuh. 

Selama berolahraga, tubuh akan kehilangan kalium melalui keringat, dan aktivitas fisik dalam waktu lama dapat secara signifikan mengurangi kadar kalium di dalam tubuh. 

Mengkonsumsi pisang dalam jumlah besar dapat meningkatkan asupan potasium Anda hingga 487 miligram atau 10 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Mangan

Mangan memiliki sejumlah fungsi fisiologis, termasuk perannya dalam pertumbuhan tulang dan penyembuhan luka. 

Mengkonsumsi mangan yang cukup juga memainkan peran penting dalam metabolisme tubuh, membantu tubuh mengakses energi dari makanan dalam makanan. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Hasilnya, mangan dapat mendukung aktivitas fisik dan performa dalam olahraga dengan membantu tubuh mendapatkan hasil maksimal dari makanan. 

Sebuah pisang dapat menyediakan 0,37 miligram mangan, sekitar 21 persen dari asupan harian yang direkomendasikan untuk wanita dan 17 persen dari asupan yang direkomendasikan untuk pria.

Karbohidrat

Mengkonsumsi pisang dapat memberi tubuh asupan karbohidrat yang membantu mendukung kinerja selama berolahraga. 

Saat Anda melakukan aktivitas fisik, otot akan menggunakan glikogen, sejenis karbohidrat, sebagai bahan bakar. 

Mengkonsumsi sumber karbohidrat dapat meningkatkan daya tahan olahraga Anda, sedangkan diet rendah karbohidrat dapat mengurangi daya tahan tubuh. 

Makan pisang dapat membantu mengisi kembali cadangan karbohidrat tubuh dan menyediakan 31 gram karbohidrat di setiap buah pisang yang berukuran besar.

Vitamin C

Manfaat pisang lainnya untuk olahraga yaitu karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Satu pisang mengandung sekitar 15 persen vitamin C yang dibutuhkan per hari. Vitamin C sangat penting untuk memperkuat otot, tendon, dan ligamen, serta menjaga sistem kekebalan tubuh saat olahraga. 

Vitamin C juga dapat membantu mempercepat dan meningkatkan penyembuhan luka dan kerusakan jaringan lunak yang dibutuhkan setelah melakukan olahraga yang berat.

Jika Anda berencana untuk mengkonsumsi buah pisang sebelum berolahraga, tentukan waktu makan dengan benar untuk memaksimalkan kinerja Anda saat berolahraga. 

Mengkonsumsi makanan tepat sebelum berolahraga dapat mengurangi kekuatan Anda saat berolahraga. 

Cobalah untuk mengkonsumsi buah pisang sekitar satu jam sebelum berolahraga untuk memberikan waktu yang cukup untuk pencernaan Anda. 

Atau, konsumsilah buah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan nutrisi tubuh yang kelelahan setelah berolahraga.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Banana Nutrition: Calories, Carbs, and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/are-bananas-bad-for-weight-loss-3495634)
Bananas: Health benefits, tips, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/271157)
11 Banana Health Benefits You Might Not Know About. Everyday Health. (https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/11-banana-health-benefits-you-might-not-know-about/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app