5 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan, Bisa Bersihkan Telinga!

Dipublish tanggal: Nov 6, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
5 Manfaat Air Garam Bagi Kesehatan, Bisa Bersihkan Telinga!

Garam adalah salah satu bahan penyedap yang dapat memperkaya rasa masakan dan membuatnya lebih nikmat lagi. Tidak hanya itu, rasa asin yang ada dalam garam ternyata juga dapat memberikan efek positif pada kesehatan tubuh, lho! Sudah tahu apa saja manfaat air garam untuk kesehatan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat air garam untuk kesehatan

Dalam istilah kedokteran, garam merupakan senyawa natrium klorida atau disingkat NaCl. Campuran air dan garam ternyata menyimpan segudang kebaikan bagi tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Salah satu fungsi dan manfaat air garam adalah mengatasi masalah hidung tersumbat atau sinus. Mencuci hidung dengan air garam dapat membantu menghilangkan lendir kental maupun yang sudah mengering. Hal ini membuat saluran hidung lebih terbuka sehingga Anda bisa bernapas lebih lega. 

Selain untuk membuat pernapasan menjadi lebih lega, terdapat berbagai manfaat air garam lainnya yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Menyembuhkan luka pada gigi dan mulut

Salah satu manfaat air garam yang sudah awam di masyarakat adalah membantu menyembuhkan sakit gigi maupun masalah lainnya dalam mulut. Larutan air garam dapat mengurangi rasa nyeri dan mempercepat proses penyembuhan pada gigi copot. Selain itu, air garam juga bisa menyembuhkan luka di mulut maupun lidah akibat tergigit. 

Caranya cukup mudah, kok. Anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh (sdt) garam dengan secangkir air hangat. Aduk sampai keduanya menyatu dan gunakan untuk berkumur-kumur secara rutin.

Baca Selengkapnya: Keampuhan Air Garam untuk Menyembuhkan Gusi Bengkak

2. Meredakan sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri. Hal ini dapat membuat Anda mengalami kesulitan untuk menelan makanan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Nah, salah satu cara termudah untuk mengobati sakit tenggorokan adalah dengan berkumur air garam. Cara membuatnya juga sama, yakni dengan mencampurkan satu sdt garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan setiap bangun tidur agar tenggorokan Anda lebih nyaman untuk memulai aktivitas.

3. Mengatasi kutu air 

Ketika musim penghujan tiba, biasanya kaki menjadi lembap dan kadang susah kering. Hati-hati, hal ini dapat membuat Anda lebih mudah terserang kutu air

Tentu selain menganggu penampilan Anda, kutu air juga dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa menghilangkan kutu air dengan cara yang mudah yakni meraup manfaat air garam.

Cukup rendam kaki di air hangat yang sudah dicampurkan dengan garam. Selama direndam, cuci juga bagian kaki terutama di sela-sela jari kaki agar bakteri yang terselip ikut menghilang.

4. Menghilangkan kotoran telinga

Kotoran telinga adalah salah satu hal yang bisa menyumbat pendengaran. Hal ini bisa diperparah bila Anda membersihkan telinga dengan cara yang salah. Dampak fatalnya bahkan bisa merusak gendang telinga.

Cara amannya, Anda bisa memanfaatkan air garam untuk menghilangkan kotoran telinga. Semprotkan larutan garam ke bagian telinga dengan menggunakan alat khusus, supaya kotoran dapat dikeluarkan dengan mudah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Akan tetapi, Anda harus berhati-hati dalam melakukan perawatan ini. Bila ragu, mintalah bantuan dokter untuk membantu menghilangkan kotoran telinga Anda.

Baca Selengkapnya: Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

5. Membersihkan luka tindikan (piercing) 

Bagian tubuh yang ditindik (piercing) perlu dijaga agar tetap bersih dan kering. Untuk membersihkan luka tindikan baru, buatlah larutan air garam yang terdiri dari 1/4 sdt garam dan 1 cangkir air hangat. Anda harus membersihkan bagian tersebut sebanyak 2 kali sehari setelah mandi.

Selain itu, Anda juga bisa mengompresnya dengan menggunakan kapas bersih. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam membasuh luka tindikan karena bisa membuat kulit iritasi dan memperlambat proses penyembuhan. Jika terjadi tanda-tanda alergi atau iritasi, segera periksakan diri ke dokter terdekat. 

Baca Juga: Sebelum Mencoba, Kenali Dulu Bahaya Tato dan Tindik Pada Kulit

Selain berbagai kebaikan di atas, manfaat air garam juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Namun, karena rentan memicu iritasi, Anda tetap harus berkonsultasi ke dokter tentang perawatan menggunakan air garam ini.

8 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Potential Health Benefits of Deep Sea Water: A Review. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5221345/)
What Is Sole Water, and Does It Have Benefits?. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/sole-water#bottom-line)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app