Ini Hasilnya Bila Rutin Check Up Gigi

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Ini Hasilnya Bila Rutin Check Up Gigi

Anda tentu tahu bahwa pemeriksaan kesehatan gigi perlu dilakukan secara rutin setiap enam bulan sekali. Namun, berapa banyak dari Anda yang benar-benar melakukannya secara rutin dan menepatinya setiap enam bulan sekali? Pastinya tidak banyak. Kesibukan dengan mudah akan membuat Anda lupa. Padahal, pemeriksaan gigi secara rutin sangatlah penting. Inilah hal-hal yang akan diperiksa dan diinformasikan kepada Anda saat pemeriksaan kesehatan gigi.

Pemeriksaan rutin
Pemeriksaan rutin ini meliputi:
Kondisi kesehatan gigi dan gusi, di mana dokter akan melihat keberadaan plak atau kondisi gigi berlubang yang harus dibersihkan dan ditangani. Plak yang tidak segera dibersihkan dapat mengeras dan menjadi tartar. Tartar tidak akan bisa dibersihkan dengan menyikat gigi maupun flossing. 

Iklan dari HonestDocs
Pembersihan Karang Gigi, Polishing dan Pemeriksaan Intraoral Camera At Tooth's Kingdom Dental Care

Karang Gigi merupakan penumpukkan plak yang sifatnya keras dan menempel pada gigi, bahkan akibat plak yang terlalu keras bisa melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning coklat hingga hitam . Pembersihan Karang Gigi biasanya di lakukan pada waktu 6 bulan sekali atau dalam 1 tahun 2 kali

Pembersihan karang gigi   polishing   pemeriksaan intraoral camera at tooth's kingdom dental care

Pengecekan gusi, di mana dokter akan melihat apakah ada tumpukan plak dan tartar dengan menggunakan alat pengukur jarak antara gigi dan gusi. Gusi yang sehat tidak akan berjarak terlalu jauh dengan gigi. Gusi yang sakit ditandai denan jarak yang semakin dalam dengan gigi.

Pemeriksaan lidah, tenggorokan, wajah, kepala dan leher, untuk melihat gejala masalah seperti pembengkakan atau kanker.

Pembersihan gigi
Menyikat gigi dan melakukan flossing rutin dapat mengangkat plak dari gigi, namun plak yang sudah menjadi tartar membutuhkan pembersihan dari dokter gigi menggunakan alat yang disebut sebagai scaling. Setelah gigi ditangani menggunakan scaling, gigi akan dipoles menggunakan pasta yang fungsinya adalah untuk menghilangkan noda dari gigi. Setelahnya, dokter akan melakukan flossing di sela-sela gigi agar bersih secara menyeluruh.

Setelah selesai melakukan pengecekan rutin, pastikan Anda menjaga kesehatan dan kebersihan gigi sampai kunjungan berikutnya. Menyikat gigi dan melakukan flossing rutin saja bisa menghilangkan plak, selama Anda melakukannya secara rutin, dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Lakukan flossing setidaknya sekali dalam sehari dan berkumurlah untuk mengangkat bakteri plak dan menjaga kesegaran napas.

Pengecekan dan pemeriksaan rutin kesehatan gigi dan gusi ini sebaiknya Anda lakukan dua kali dalam setahun.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
What to Expect at a Dentist Visit for an Adult. WebMD. (https://www.webmd.com/oral-health/dental-visit-adult)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app