Magnesium Hydroxide: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 24, 2020 Waktu baca: 3 menit

Magnesium hydroxide, Mg(OH)2 adalah senyawa anorganik. Senyawa ini adalah komponen umum dari antasida dan obat pencahar. Senyawa ini juga bisa digunakan sebagai antiperspirant dalam sediaan deodorant.

Sebagai antasida, obat ini menetralkan kelebihan asam lambung sehingga bisa meredakan mulas, maag, dan dispepsia. Biasanya dikombinasikan dengan Aluminium hydroxide, untuk mengurangi efek samping diare. Sebagai obat pencahar, kekuatan osmotik suspensi magnesium menarik cairan dari tubuh dan mempertahankan cairan yang sudah dalam lumen usus, melembungkan usus, sehingga merangsang saraf dalam dinding usus, merangsang peristaltik dan mengakibatkan evakuasi isi kolon.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Efek samping dari Magnesium hydroxide adalah diare yang bisa mengakibatkan tubuh kekurangan kalium. Efek lainnya adalah, senyawa ini bisa mengganggu penyerapan asam folat dan zat besi.

Kegunaan

Kegunaan Magnesium hydroxide adalah untuk mengobati gangguan pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh peningkatan asam lambung, seperti mulas, sakit perut, maag, atau gangguan pencernaan yang terkait asam lambung lainnya.Magnesium adalah mineral yang penting bagi banyak sistem dalam tubuh terutama otot-otot dan saraf. Magnesium juga meningkatkan jumlah air dalam usus yang dapat menyebabkan meringankan sembelit (mempermudah buang air besar).

Kontraindikasi

Jangan digunakan untuk orang-orang yang mempunyai riwayat hipersensitif terhadap senyawa ini.

Efek samping

Berikut adalah beberapa efek samping Magnesium hydroxide yang mungkin terjadi :

  • Efek samping pada saluran pencernaan adalah terjadinya diare. Efek samping ini kadang-kadang cukup parah sehingga bisa menyebabkan kekurangan cairan dan elektrolit.
  • Efek samping lain yang mungkin terjadi gejala hypermagnesemia misalnya hipotensi, mual, muntah, perubahan EKG, depresi pernafasan, depresi mental dan koma. Efek samping ini umumnya hanya terjadi pada penderita gangguan ginjal dan penggunaan obat dalam jangka waktu panjang.

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan saat menggunakan obat-obat yang mengandung Magnesium hydroxide adalah sebagai berikut :

  • Penderita myasthenia gravis atau penyakit neuromuskuler lainnya harus berhati-hati saat menggunakan obat ini.
  • Penggunaan Magnesium hydroxide oleh penderita gangguan ginjal dapat menyebabkan terjadinya akumulasi magnesium yang dapat menyebabkan keracunan magnesium. Oleh karena itu penderita gangguan ginjal harus hati-hati menggunakan obat ini.
  • Jangan menggunakan obat ini untuk jangka waktu panjang karena meningkatkan potensi terjadinya efek samping.
  • Jangan digunakan untuk anak usia di bawah 2 tahun kecuali atas petunjuk dokter.

Penggunaan Magnesium hydroxide oleh wanita hamil

Magnesium dapat melintasi plasenta dan diketahui bahwa konsentrasi serum pada janin setara dengan yang ada pada ibu. Meskipun demikian, obat-obat antasida yang mengandung Magnesium hydroxide memiliki risiko yang rendah terhadap keamanan janin.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Interaksi dengan obat lain

Berikut adalah data interaksi jika Magnesium hydroxide digunakan secara bersamaan dengan obat-obat lain :

  • Obat-obat antasida seperti Magnesium hydroxide dapat menurunkan penyerapan Allopurinol.
  • Obat-obat antasida dapat mengurangi efek terapeutik bisacodyl.
  • Jika digunakan secara bersamaan, efek toksik garam magnesium meningkat, di sisi lain efek hipotensi obat-obat golongan calsium Channel Blocker juga meningkat.
  • Antasida dapat menurunkan konsentrasi plasma captopril.
  • Antasida dapat menurunkan bioavailabilitas obat-obat yang termasuk kortikosteroid (Oral). Beri jarak setidaknya 2 jam.
  • Antasida dapat menurunkan konsentrasi plasma itraconazole dan ketoconazole. Beri jarak setidaknya 1-2 jam.

Dosis

Berikut adalah pengaturan dosis Magnesium hydroxide :

  • Dosis dewasa sebagai antasida

Syrup Magnesium hidroksida 400 mg / 5 ml : 4 x sehari 5 - 15 mL. Maksimal 60 mL/hari.

Tablet Magnesium hidroksida 311 mg / tablet : 2 - 4 tablet setiap 4 jam. Maksimal 4 x pemberian/hari. Tablet harus dikunyah.

  • Dosis dewasa sebagai Pencahar

Syrup Magnesium hidroksida 400 mg / 5 ml : 30 - 60 mL / hari. Obat diberikan 1 x sehari pada waktu tidur atau dalam dosis terbagi.

Syrup Magnesium hidroksida 800 mg / 5 ml : 15 - 30 mL / hari. Obat diberikan 1 x sehari pada waktu tidur atau dalam dosis terbagi.

Syrup Magnesium hidroksida 1.200 mg / 5 ml : 10 sampai 20 mL / hari. Obat diberikan 1 x sehari pada waktu tidur atau dalam dosis terbagi.

Tablet : Magnesium hidroksida 311 mg / tablet : 8 tablet / hari. Obat diberikan 1 x sehari pada waktu tidur atau dalam dosis terbagi. Tablet harus dikunyah.

Terkait

  • merk-merk obat dengan kandungan Magnesium hydroxide

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Magnesium Hydroxide Drug Information. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a601073.html)
Magnesium hydroxide - H2MgO2. U.S. National Library of Medicine National Center for Biotechnology Information. (https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Magnesium-hydroxide)
Magnesium hydroxide Uses, Side Effects & Warnings - Drugs.com (https://www.drugs.com/mtm/magnesium-hydroxide.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app