Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Lung consolidation - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.281.494 orang

Konsolidasi paru adalah suatu temuan pada gambaran rontgen dada (thorax) berupa gambaran bercak berawan pada lapang paru. Konsolidasi terjadi ketika udara yang biasanya mengisi saluran udara kecil di paru-paru digantikan dengan sesuatu yang lain. Tergantung pada penyebabnya, udara dapat diganti dengan:

  • cairan, seperti nanah, darah, atau air
  • benda padat, seperti isi lambung atau sel

Karena gambaran pada pemeriksaan rontgen dada mirip satu dengan yang lainnya, seorang dokter membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari tahu apa yang membuat paru-paru Anda mengalami konsolidasi. Dengan deteksi dini dan penanganan yang tepat, konsolidasi paru biasanya dapat disembuhkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Apa Penyebab Terjadinya Konsolidasi Paru?

Pneumonia / Paru-paru basah
Pneumonia adalah penyebab paling umum dari konsolidasi paru-paru. Ketika terjadi infeksi di paru-paru, tubuh Anda mengirimkan sel darah putih untuk melawannya. Sel darah putih dan bakteri yang mati dapat berkumpul dan membentuk nanah yang mengisi saluran pernapasan pada paru-paru yang dapat memberikan gambaran konsolidasi.

Edema paru
Gagal jantung kongestif adalah penyebab paling umum dari edema paru. Ketika jantung Anda tidak dapat memompa darah keseluruh tubuh, darah yang berasal dari paru paru akan kembali ke pembuluh darah di paru-paru Anda. Darah akan mengisi saluran pernapasan di paru-paru sehingga dapat memberikan gambaran konsolidasi

Perdarahan paru
Perdarahan paru paling sering disebabkan oleh tuberkulosis & Penyakit Pernapasan. sama halnya seperti edema, perdarahan pada paru-paru juga dapat menyebabkan konsolidasi

Aspirasi
Aspirasi terjadi ketika makanan atau isi perut mengalir ke dalam paru-paru. Aspirasi makanan dapat menyebabkan pneumonia, tetapi infeksi biasanya lebih sulit diobati daripada pneumonia biasa.

Kanker paru-paru

Gejala Konsolidasi Paru

Gejala utama jika seseorang mengalami konsolidasi paru adalah sesak nafas. Hal ini disebabkan karena saluran udara di dalam paru-paru terhalang oleh benda apapun yang menyebabkan konsolidasi, sehingga paru-paru tidak dapat membawa udara yang mengandung oksigen dan mengeluarkan udara yang mengandung karbondioksida. Sehingga membuat Anda sesak dan kulit Anda terlihat pucat atau kebiru-biruan karena kekurangan oksigen. Tergantung pada penyebabnya, gejala lain juga dapat muncul. Gejala lain meliputi:

  • batuk berdahak hijau tebal
  • batuk darah
  • batuk kering
  • suara pernafasan yang tidak normal
  • nyeri dada atau dada terasa berat
  • pernapasan cepat
  • demam
  • kelelahan

Apakah Konsolidasi Paru Dapat Dicegah?

Konsolidasi paru dapat dicegah sesuai dengan penyebabnya. Beberapa penyebab konsolidasi paru seperti penyakit infeksi paru dapat dicegah dengan menggunakan masker atau menjaga kebersihan diri dan lingkungan dan mengurangi kontak dengan orang terinfeksi penyakit paru. Sedangkan konsolidasi yang disebabkan oleh kanker, dapat dicegah dengan tidak merokok atau tidak terpapar asap rokok.

Diagnosa

Konsolidasi paru-paru paling mudah dilihat pada X-ray. Bagian yang terkonsolidasi dari paru-paru Anda terlihat putih, atau buram, pada rontgen dada. Lokasi konsolidasi pada X-ray dapat membantu dokter Anda mengetahui penyebabnya, tetapi untuk memastikan secara pasti penyebab konsolidasi paru, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan yang meliputi :

  • Tes darah lengkap
  • Kultur dahak. Pemeriksaan ini dapat membantu menentukan kuman penyebab infeksi paru
  • CT scan
  • Bronkoskopi

Pengobatan Konsolidasi Paru

Pengobatan konsolidasi paru tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Pneumonia
Pneumonia diobati dengan obat yang ditargetkan untuk organisme yang menyebabkannya. Pengobatan akan dilakukan dengan pemberian antibiotik, antivirus, atau antijamur. Pengobatan untuk mengatasi juga dapat diberikan, contohnya obat untuk mengendalikan batuk, nyeri dada, atau demam.

Edema paru
Pengobatan edema paru didasarkan pada penyebabnya. Perawatan mungkin dilakukan dengan pemberian obat untuk menghilangkan cairan ekstra, menurunkan tekanan dalam pembuluh darah , atau membuat jantung bekerja lebih baik.

Perdarahan paru
Vaskulitis, dapat diobati dengan steroid dan imunosupresan.

Aspirasi
Pneumonia aspirasi akan diobati dengan pemberian obat antibiotik yang kuat.

Pneumonitis bukan infeksi,
Pada pneumonitis yang tidak disebabkan oleh infeksi, antibiotik tidak berfungsi. Pengobatan dapat dilakukan dengan pemberian kortikosteroid.

Kanker
Kanker paru-paru sulit diobati. Operasi pengangkatan tumor adalah penanganan yang terbaik, tetapi tidak semua kanker paru-paru dapat diangkat. Setelah kanker mulai menyebar, maka kanker paru tidak bisa disembuhkan, dan perawatan diberikan hanya untuk membantu meringankan gejala. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kanker paru dideteksi sejak dini.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit