Kudzu: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 6, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Kudzu merupakan sejenis tanaman yang merambat. Kudzu diperkenalkan di Amerika Utara pada tahun 1876 di AS tenggara untuk mencegah erosi tanah. Namun saat ini telah diketahui bahwa akar, bunga, dan daun Kudzu dapat digunakan untuk membuat obat-obatan.

Manfaat Obat Kudzu

Kudzu memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan. Bahan kimia di dalam kudzu diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah di jantung dan otak. Orang-orang menggunakan Kudzu untuk mengobati kecanduan alkohol dan mengurangi gejala mabuk alkohol, termasuk sakit kepala, sakit perut, pusing, dan muntah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Obat tersebut juga digunakan untuk mengatasi masalah jantung dan peredaran darah, termasuk tekanan darah tinggi, detak jantung yang tidak teratur, gagal jantung, dan nyeri dada. 

Kudzu juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pernapasan termasuk infeksi sinus, flu, demam, dan flu babi serta dapat juga digunakan untuk masalah kulit, termasuk ruam kulit alergi, gatal, dan psoriasis.

Beberapa orang menggunakan Kudzu untuk mengatasi gejala menopause, penurunan berat badan, kinerja olahraga, nyeri otot, campak, disentri, sakit perut (gastritis), demam, diare, dan leher kaku. 

Penggunaan oral lainnya termasuk pengobatan poliomyelitis, ensefalitis, migrain, tuli, diabetes, nyeri saraf dan kehilangan penglihatan yang berhubungan dengan diabetes, dan cedera traumatis.

Efek samping Obat Kudzu

Pemberian obat Kudzu secara oral dapat menimbulkan beberapa efek samping yang mungkin muncul seperti:

  • Gatal-gatal kulit
  • Sakit perut
  • Pusing

Ada juga laporan kasus reaksi alergi setelah penggunaan produk herbal kombinasi yang mengandung Kudzu. Laporan lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi Kudzu secara oral dapat menyebabkan kerusakan hati.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Namun ketika Kudzu diberikan secara intravena (IV), bahan kudzu, telah dikaitkan dengan beberapa efek samping seperti gatal dan mual, serta sakit kepala dan demam. Penggunaan Kudzu secara IV juga dapat menyebabkan sel-sel darah merah pecah di dalam pembuluh darah.

Informasi penting Obat Kudzu

Penggunaan Kudzu mungkin aman bagi kebanyakan orang ketika diminum dengan tepat hingga 4 bulan atau ketika disuntikkan secara intravena (dengan IV) hingga 20 hari.

Kehamilan dan menyusui
Masih belum ada informasi yang cukup tentang keamanan penggunaan obat Kudzu pada ibu hamil atau menyusui. Konsultasikan kembali ke dokter sebelum menggunakan obat Kudzu saat hamil atau menyusui.

Gangguan pendarahan atau pembekuan darah
Kudzu mungkin dapat memperlambat proses pembekuan darah. Mungkin juga dapat memperburuk gangguan pendarahan dan pembekuan darah, dan mungkin juga mengganggu obat yang digunakan sebagai pengobatan.

Kondisi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah)
Ada kekhawatiran bahwa Kudzu dapat mengganggu pengobatan kardiovaskular. Ekstrak Kudzu tampaknya dapat menurunkan tekanan darah dan mempengaruhi ritme jantung.

Diabetes
Kudzu mungkin dapat mempengaruhi kadar gula darah pada orang diabetes. Perhatikan tanda-tanda gula darah rendah (hipoglikemia) dan pantau gula darah Anda dengan hati-hati jika Anda menderita diabetes dan mengkonsumsi Kudzu.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Kondisi seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, atau fibroid rahim
Kudzu mungkin dapat bertindak seperti estrogen. Jika Anda memiliki kondisi apa pun yang dapat diperburuk oleh paparan estrogen, sebaiknya hindari penggunaan obat Kudzu.

Penyakit liver/hati
Ada beberapa kekhawatiran bahwa mengkonsumsi Kudzu dapat membahayakan fungsi hati. Orang dengan penyakit hati atau riwayat penyakit hati harus menghindari penggunaan Kudzu.

Pembedahan
Kudzu mungkin dapat mempengaruhi kadar gula darah dan mungkin mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhentilah mengkonsumsi kudzu setidaknya 2 minggu sebelum jadwal operasi.

Dosis Obat Kudzu

Pemberian Kudzu secara oral:

  • Untuk alkoholisme: 1,5-3 gram ekstrak akar Kudzu dapat digunakan dalam 3 dosis terbagi per hari selama 1-4 minggu.
  • Dalam studi lain, 2,4g akar kudzu diberikan setiap hari.

Interaksi Obat Kudzu dengan Obat Lain

Berhati-hatilah menggunakan Kudzu dengan kombinasi obat-obat di bawah ini:

  • Pil KB (obat kontrasepsi). Mengkonsumsi Kudzu bersama dengan pil KB dapat menurunkan efektivitas pil KB.
  • Penggunaan Estrogen
  • Obat-obatan yang memperlambat pembekuan darah (obat-obatan Antikoagulan / Antiplatelet). Beberapa obat yang dapat memperlambat pembekuan darah termasuk aspirin, clopidogrel, diclofenac, ibuprofen, naproxen, dalteparin, enoxaparin, heparin, warfarin dan lainnya.
  • Obat Methotrexate (MTX, Rheumatrex)
  • Obat Tamoxifen. Kudzu dapat menurunkan efektivitas tamoxifen untuk membantu mengobati dan mencegah kanker. Jangan mengkonsumsi kudzu jika Anda menggunakan obat tamoxifen.
  • Obat untuk diabetes (obat antidiabetes). Mengkonsumsi Kudzu bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Kudzu: Benefits, Side Effects, Dosage, and Interactions. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-kudzu-89059)
Kudzu: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/kudzu/supplements.htm)
Kudzu Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/kudzu.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app