Kiat Kiat Meningkatkan Berat Badan Dengan Sehat

Dipublish tanggal: Sep 30, 2019 Update terakhir: Okt 27, 2020 Waktu baca: 2 menit

Bagi sebagian orang, menambah berat badan atau menambah otot bisa sama sulitnya dengan menurunkan berat badan. Namun, hanya menambahkan makanan tertentu ke dalam diet Anda dapat membuat upaya penambahan berat badan Anda sehat dan lebih efektif.

Berat Badan Sesuai Indeks Massa Tubuh

Kekurangan berat badan didefinisikan memiliki indeks massa tubuh (BMI) di bawah 18,5. Angka Ini diperkirakan kurang dari massa tubuh yang dibutuhkan untuk mempertahankan kesehatan yang optimal.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Sebaliknya, lebih dari 25 dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 dianggap obesitas

Namun, perlu diingat bahwa ada banyak masalah dengan skala BMI, yang hanya terlihat pada berat dan tinggi. Tidak memperhitungkan massa otot tubuh terutama pada binaragawan.

Berat Badan Rendah Terkait Penyakit

Jika Anda kekurangan berat badan atau terkait adanya suatu penyakit, dokter dapat memeriksa kondisi kesehatan yang mungkin menyebabkan Anda menurunkan berat badan, seperti:

Jenis makanan yang Anda perlu makan untuk menambah berat badan akan tergantung pada apa yang menyebabkan Anda kekurangan berat badan.

Cara meningkatkan berat badan

Konsumsi Lebih Banyak Kalori

Hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menambah berat badan adalah membuat kelebihan kalori, yang berarti Anda makan lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh Anda.

Jika Anda ingin menambah berat badan secara perlahan dan teratur, capai target 300-500 kalori lebih banyak tanpa membakar kalori yang telah dimasukkan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Konsumsi Susu Protein

Susu telah digunakan sebagai penambah berat badan atau pembangun otot.

Konsumsi susu memberikan keseimbangan protein, karbohidrat dan lemak yang baik dan merupakan sumber kalsium yang baik, serta vitamin dan mineral lainnya

Bagi mereka yang mencoba menambah lebih banyak otot, susu adalah sumber protein yang sangat baik yang menyediakan protein kasein dan whey. Penelitian bahkan menunjukkan itu dapat membantu Anda menambah otot ketika dikombinasikan dengan angkat berat

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa susu, atau kombinasi whey dan kasein, dapat menyebabkan peningkatan massa yang lebih besar daripada sumber protein lainnya.

Sering Makan

Makan lebih sering namun atur porsi makan. Jangan terlalu kenyang. Nutrisi makanan juga harus diperhatikan untuk mencegah lemak atau kandungan sodium yang berlebih dan malah memicu tekanan darah tinggi dan resiko penyakit jantung kedepannya. Konsumsi makanan lima hingga enam kali daripada dua atau tiga kali dalam jumlah besar.

Konsumsi Nasi

Beras adalah sumber karbohidrat yang nyaman dan murah untuk membantu Anda menambah berat badan. Hanya 1 mangkok nasi yang dimasak menghasilkan 190 kalori, 43 gram karbohidrat dan sedikit lemak.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Nasi juga padat kalori, artinya Anda dapat dengan mudah mendapatkan jumlah karbohidrat dan kalori yang tinggi dari satu porsi. Ini membantu Anda makan lebih banyak, terutama jika Anda memiliki selera makan yang buruk atau cepat kenyang.

Konsumsi Sereal

Sereal sehat dapat menjadi sumber karbohidrat, kalori, dan nutrisi yang sangat baik.

Meskipun Anda harus menghindari sereal olahan, gula tinggi, bentuk yang lebih sehat seperti oatmeal dapat menjadi sumber karbohidrat yang baik untuk ditambahkan ke dalam diet Anda.

Sereal berbasis gandum juga mengandung nutrisi bermanfaat seperti serat dan antioksidan sehat

Konsumsi Daging

Pertimbangkan memilih potongan daging yang lebih gemuk dan tebal yang menyediakan lebih banyak kalori daripada daging. Ini dapat membantu Anda mengonsumsi kalori ekstra dan menambah berat badan

Daging berlemak merupakan sumber protein yang baik, meskipun daging berlemak menyediakan lebih banyak kalori, yang dapat membantu Anda menambah berat badan. Pilihlah daging ayam atau daging sapi untuk hasil berat badan sehat terbaik. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Healthy Ways to Gain Weight If You’re Underweight. American Academy of Family Physicians. (https://familydoctor.org/healthy-ways-to-gain-weight-if-youre-underweight/)
19 foods to gain weight quickly and safely. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321518)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app