Ketahui 5 Manfaat Face Oil Berikut ini!

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ketahui 5 Manfaat Face Oil Berikut ini!

Berbagai manfaat memakai face oil sebagai bagian dari ritual perawatan kulit harian AndaMungkin Anda akan berpikir, apakah produk ini bisa dan aman digunakan untuk semua jenis kulit ? Jawabannya adalah iya.

Bagi jenis kulit normal, kering, berminyak atau berjerawat, aman menggunakan face oil meskipun namanya adalah minyak (oil).

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Face oil merupakan sebuah produk yang akan berfungsi untuk mengangkat kotoran serra lapisan sel-sel kulit mati di wajah Anda yang mengakibatkan pori-pori kulit Anda menjadi tersumbat.

Selain itu, produk ini juga sekaligus mampu menyehatkan kondisi kulit wajah Anda. 

Di samping manfaat tadi, ada beberapa manfaat penting lainnya dari penggunaan face oil, yaitu sebagai berikut :

  • Membuat produk perawatan kulit lainnya yang Anda pakai bekerja lebih baik

Ketika Anda mengoleskan atau mengaplikasikan face oil ke kulit wajah sebelum mengoleskan krim pelembap, produk ini dapat membuat krim pelembap menjadi lebih tahan lama dan bekerja lebih efektif.

Karena kandungan dalam produk face oil mampu mendorong kulit Anda untuk meresap krim pelembab dengan lebih baik dan cepat serta akan menguncinya dalam kulit.

Face oil juga dapat mencegah timbulnya jerawat di kulit wajah Anda, yaitu produk face oil yang di dalamnya memiliki kandungan seperti minyak argan, jojoba, tea tree, dan juga almond.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20
  • Melengkapi asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit Anda

Kulit wajah Anda ternyata membutuhkan asupan kandungan asam lemak esensial supaya kulit wajah dapat tetap terlihat kenyal dan juga cerah bercahaya. Akan tetapi, tubuh Anda tidak memproduksi lemak tersebut dengan sendirinya.

Asupan asam lemak esensial dibutuhkan oleh kulit wajah Anda karena kemampuannya dalam menjaga sel-sel kulit yang rentan terhadap kerusakan, dehidrasi dan lemak ini juga mampu menjaga kulit untuk tetap lentur.

Untuk itu, dengan menggunakan face oil, kebutuhan kulit wajah Anda akan asupan asam lemak esensial akan terpenuhi dan kulit menjadi lebih sehat.

Face oil dari bahan biji almond yang di dalamnya mengandung asam lemak omega-3 dan mampu melembapkan kulit serta cocok untuk kulit sensitif dapat menjadi pilihan Anda.

  • Mampu memperbaiki kulit wajah Anda

Suhu ekstrem, bahaya radiasi sinar matahari, polusi udara dan stres dapat mendorong terjadinya peradangan yang merupakan penyebab utama penuaan kulit.

Kandungan dalam produk face oil seperti minyak ekstrak biji-bijian dapat membantu menyegel kelembapan kulit Anda dan mencegah resiko terjadinya peradangan.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Face oil juga memberikan kulit Anda asupan lemak dari luar yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Contohnya adalah minyak argan, yang sangat cocok untuk menyembuhkan iritasi kulit yang disebabkan produk anti penuaan (krim retinol/krim dengan kandungan alfa hidroksi).

Selain itu, minyak geranium juga bermanfaat untuk mengurangi iritasi dan kemerahan. Sedangkan, minyak kelapa mampu mengatasi masalah kulit kering hingga bersisik.

  • Mengurangi kerutan di kulit wajah

Kulit juga dapat mengalami dehidrasi, apalagi karena proses penuaan alami dan paparan sinar UV dengan radikal bebasnya. Kulit yang dehidrasi akan menimbulkan garis-garis halus yang disebut kerutan.

Face oil juga dapat membantu menguranginya, misalnya minyak primrose/vitamin E. Tetapi, gunakan minyak ekstrak biji anggur jika jenis kulit Anda cenderung berminyak.

  • Mengecilkan pori-pori kulit wajah anda

Produk face oil yang efektif dalam mengangkat kotoran penyebab pori-pori tersumbat dan mengecilkan pori-pori misalnya seperti minyak dengan bahan ekstrak kacang macadamia, jojoba serta camelia.

Cara pemakaiannya

Pilihlah produk face oil yang sesuai jenis kulit dan kondisi kulit Anda.

Untuk mendapat manfaat optimal, sebaiknya cuci dahulu wajah Anda hingga bersih. Lalu, teteskan satu sampai dua tetes minyak ke telapak tangan Anda dan gosok merata di telapak tangan sebelum diaplikasikan merata ke seluruh wajah.

Pijat lembut kemudian biarkan beberapa menit supaya minyak meresap. Selanjutnya, Anda dapat gunakan krim pelembap.

30 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Villareal M, et al. (2013). Activation of MITF by argan oil leads to the inhibition of the tyrosinase and dopachrome tautomerase expressions in B16 murine melanoma cells. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3723062/)
Keen M, et al. (2016). Vitamin E in dermatology. DOI: (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4976416/)
Guillaume D, et al. (n.d.). Argan oil. (http://www.altmedrev.com/publications/16/3/275.pdf)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app