Jojoba: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 4 menit

Tanaman yang digunakan selama berabad-abad untuk mengobati luka dan banyak penyakit lainnya.

Apa itu Jojoba?

Jobobo merupakan tanaman bersemak yang memiliki nama ilmiah Simmondsia chinensis. Tumbuh di lahan yang kering daerah barat daya Amerika Serikat, Meksiko Utara, dan beberapa bagian di Afrika.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Tanaman ini memiliki biji yang mengandung banyak minyak, terpercaya digunakan sebagai penyembuhan untuk pengobatan tradisional selama berabad-abad yang telah digunakan oleh suku Indian. Jojoba juga mengandung asam lemak esensial yang dapat memberikan banyak manfaat tertentu ketika digunakan.

Jojoba banyak digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti untuk wajah, rambut rontok, psoriasis atau radang kronis, kulit pecah-pecah, dan melindungi dari paparan sinar UV yang disebabkan oleh matahari. 

Selain itu, jojoba juga dapat membuat kulit menjadi lembab karena berperan sebagai emolien atau zat yang dapat meningkatkan hidrasi kulit.

Umumnya, jojoba sering digunakan dalam bentuk minyak dan digunakan sebagai aromaterapi. Tetapi yang menarik untuk Anda ketahui, bahwa "minyak" Jojoba sebenarnya bukan seperti minyak pada umumnya karena memiliki sifat yang ringan, tidak lengket, tidak berbau, dan dapat disimpan untuk jangka panjang.

Kandungan yang berada dalam minyak jojoba yaitu vitamin E, vitamin B kompleks, silikon, kromium, tembaga, dan seng. Juga memiliki kandungan yodium sangat tinggi sekitar 82% dengan kandungan beberapa asam lemak.  Kegunaannya dapat digunakan sebagai:

  • Pelembab wajah, oleskan pada pagi dan malam hari sebelum tidur
  • Pelembab rambut, tambahkan beberapa tetes pada rambut sebagai kondisioner atau setelah mandi
  • Mengurangi keriput, gunakan satu sampai tiga tetes minyak jojoba dengan gerakan memutar agar terserap
  • Menghapus make up, tambahkan tiga sampai lima tetes minyak jojoba pada kapas atau alas yang diusapkan pada riasan
  • Mengatasi infeksi, gunakan satu sampai tiga tetes minyak jojoba pada area yang terinfeksi dan iritasi dua kali sehari

Manfaat penggunaan Jojoba

Tentu Anda dapat merasakan berbagai macam manfaat yang telah dibuktikan oleh beberapa macam penelitian. Berikut dibawah ini manfaat dari jojoba, yaitu:

Iklan dari HonestDocs
Mikrodermabrasi Facial 1 Kali Di Aveia Clinic

Facial berfungsi untuk mengangkat komedo, mencerahkan, mengangkat sel kulit mati, merangsang pembentukan kulit baru tanpa rasa sakit, mendinginkan, dan melembabkan kulit juga. Paket ini termasuk facial treatment dan masker, tetapi belum termasuk biaya konsultasi dokter dan obat.​

Mikrodermabrasi facial 1 kali di aveia clinic

Mengatasi jerawat

Menurut sebuah penelitian yang berasa dari jurnal negara Swiss, dilakukan penelitian dengan 194 orang yang memiliki masalah jerawat atau kulit yang rawan jerawat pada wajahnya dengan menerapkan masker wajah yang memiliki kandungan berasal dari jojoba dan tanah liat.

Hasilnya, para peneliti dapat menemukan penurunan yang signifikan dalam jumlah jerawat yang berkurang pada setiap individu. Namun, perlu diperhatikan jika hal tersebut merupakan kolaborasi dari dua zat.

Mengatasi luka

Jojoba dapat mengatasi luka berdasarkan sebuah studi terhadap sel kulit manusia yang menunjukan jika hasil penelitiannya efektif memberikan bantuan dalam mempercepat penutupan luka.

Mengatasi Peradangan

Banyak beberapa bukti yang menunjukan bahwa jojoba dapat mengatasi peradangan berdasarkan proses biologis yang kandungan didalamnya dapat ikut serta membantu mengatasi masalah jerawat dan eksim pada kulit.

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap tikus dengan mengaplikasikan ekstrak jojoba juga menunjukan hasil yang efektif dalam membantu mengurangi beberapa tanda peradangan.

Melembabkan kulit

Minyak jojoba dapat berperan dalam sebum pada kulit untuk melembabkannya secara alami. Namun, sebum yang kadarnya terlalu banyak pada kulit dapat menyebabkan kulit berminyak dan berjerawat, apalagi ketika tubuh sedang memiliki kadar hormon yang tinggi atau dalam masa pubertas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Minyak jojoba dapat menghilangkan penumpukan sebum atau minyak yang berlebih pada wajah dan mengontrolnya agar tetap seimbang. Hal tersebut tentu saja dapat digunakan sebagai pengobatan alami yang cocok untuk melembabkan pada kondisi berbagai macam kulit kering yang menyebabkan iritasi , bercak bersisik, atau kulit yang kasar

Mencegah Razor Burn

Razor burn terjadi pada tubuh Anda ketika mengalami iritasi saat sedang mencukur. Jojoba dapat menghilangkan efek iritasi yang dialami akibat hal tersebut secara aman karena tidak mengandung bahan kimia yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Minyak jojoba dapat mengatasi hal tersebut dengan cara melembutkan permukaan kulit menjadi halus untuk bercukur dengan cara mengoleskan minyaknya terlebih dahulu pada area tubuh yang akan dicukur. Hasil yang didapatkan akan melembabkan kulit dan menyembuhkan luka dengan cepat

Nutrisi anti penuaan alami

Minyak jojoba mengandung vitamin E yang dapat digunakan sebagai antioksidan untuk meningkatkan kelembaban dan keelastisan kulit, juga bertindak sebagai nutrisi anti penuaan yang alami dalam tubuh.

Minyak jojoba dapat diserap oleh lapisan epidermis kulit,  mencegah terjadinya kanker kulit karena dapat mempercepat regenerasi sel dan mengatasi kerutan serta masalah wajah yang lainnya.

Anti jamur dan infeksi

Minyak jojoba memiliki sifat anti jamur dan infeksi yang dapat mengobati jamur kuku serta menghilangkan kutil.

Selain itu, vitamin B5 dalam minyak jojoba mengandung asam proteinat yang dapat menjaga kulit Anda terbebas dari infeksi dan bakteri, serta memberikan efek penyembuhan pada kulit.

Mengobati penyakit Alzheimer

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memijat tangan dengan minyak jojoba tidak meningkatkan emosi, agresi, atau fungsi mental pada orang yang mengalami penyakit Alzheimer.

Efek samping penggunaan Jojoba  

Jojoba umumnya digunakan dalam bentuk minyak yang dioleskan langsung pada kulit, bahkan ibu hamil dan menyusui dapat menggunakannya dengan aman. Anda sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat keamanan yang pasti.

Namun, Beberapa orang yang menggunakan jojoba dapat mengalami beberapa reaksi alergi seperti gatal-gatal atau kemerahan pada kulit setelah menggunakannya. Hentikan penggunaan dan berkonsultasi lah dengan dokter ahli lebih lanjut.

Tidak disarankan untuk menelan tanaman jojoba secara langsung karena  dikhawatirkan dapat memiliki efek toksik untuk tubuh dan mengandung asam euric yang dapat menyebabkan kerusakan jantung dan efek samping serius yang lainnya


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jojoba oil's hair, skin, and beauty benefits. Well+Good. (https://www.wellandgood.com/good-looks/jojoba-oil-beauty-uses-and-benefits/)
Jojoba Uses, Benefits & Side Effects Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npc/jojoba.html)
Jojoba oil for acne: Does it work, how to use it, and risks. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/321665)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app