4 Cara Mengatasi Perut Bergelambir

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
4 Cara Mengatasi Perut Bergelambir

Perut bergelambir menjadi masalah banyak orang. Selain berpengaruh terhadap rasa percaya diri, perut bergelambir juga buruk bagi kesehatan Anda, karena artinya Anda sedang membawa bobot berlebih di bagian tengah tubuh sehingga Anda berisiko terkena penyakit jantung dan penyakit lainnya. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya Anda melakukan tindakan-tindakan berikut agar perut bergelambir dapat dimusnahkan.

4 Cara Mengatasi Perut Bergelambir:

1. Lakukan Penyesuaian Pola Makan

Meski Anda sering melakukan core exercises atau latihan yang berpusat pada otot tengan di tubuh Anda, lemak di perut tidak akan hilang tanpa adanya penyesuaian pola makan. Satu-satunya cara adalah dengan mengurangi kalori yang Anda konsumsi dengan memakan karbohidrat kompleks seperti sayuran dan gandum, dan hindari karbohidrat sederhana seperti roti putih dan pasta putih. Pilihlah juga protein bebas lemak untuk menghindari perut buncit bergelambir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

2. Lakukan Olahraga Kardio

Sisihkan waktu selama 30 menit hingga 60 menit sehari untuk melakukan aktivitas berintensitas sedang yang terdiri dari aktivitas kardio. Kardio dapat membantu Anda mengurangi berat dan lemak di sekitar perut dan membentuk perut Anda. Anda dapat melakukan banyak aktivitas sekaligus dengan jeda waktu masing-masing 10 menit agar Anda tidak kewalahan. Intinya, jangan berdiam diri. Pastikan dalam sehari Anda melakukan aktivitas fisik demi membakar lemak di perut Anda. 

3. Lakukan Squat dan Dead Lifts

Dua jenis latihan fisik ini mudah dipraktikkan dan dapat dilakukan di mana saja. Anda cukup menahan beban pada dada kemudian membayangkan seolah diri Anda sedang duduk di atas kursi yang tidak tersedia secara fisik sambil menjaga punggung Anda tetap lurus. Untuk melakukan dead lift, gunakan kaki dan pinggul untuk mengangkat beban dari bawah, dan hindari penggunaan otot bagian belakang bawah tubuh Anda. Fokuskan tumpuan beban pada otot perut untuk membantu mengurangi lemak di sekitar perut.

4. Fokuslah Pada Area Perut

Apapun aktivitas yang Anda lakukan, pastikan Anda merasakan adanya tekanan intens pada area perut untuk membantu pembentukan otot perut Anda. Kardio atau latihan abs, semuanya harus membuat Anda merasakan tarikan pada area perut agar Anda memperoleh perut rata dan lebih membentuk. Tarik otot perut ke dalam tanpa perlu menahan napas saat melakukan latihan fisik apa pun.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Saggy belly skin after giving birth: What you can do. Young Parents. (https://www.youngparents.com.sg/pregnancy-baby/saggy-belly-skin-after-giving-birth-what-you-can-do/)
A Simple Exercise That Can Help Reduce a Saggy Belly in Only 3 Weeks. BrightSide. (https://brightside.me/inspiration-health/a-simple-exercise-that-can-help-reduce-a-saggy-belly-in-only-3-weeks-680260/)
Exercises to Remove a Saggy Belly. Livestrong.com. (https://www.livestrong.com/article/113874-exercises-remove-saggy-belly/)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app