Kenapa Semua Wanita dan Anak-anak Perlu Vaksin HPV

Dipublish tanggal: Agu 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 19, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenapa Semua Wanita dan Anak-anak Perlu Vaksin HPV

Human papillomavirus (HPV) adalah virus yang dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kutil kelamin pada pria dan wanita. 

Vaksin HPV secara efektif dapat mencegah penularan infeksi tipe HPV yang bertanggung jawab untuk sebagian besar kanker serviks dan juga dapat mencegah terjadinya kutil kelamin. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Vaksinasi HPV paling efektif dilakukan selama masa kanak-kanak atau remaja, tetapi pada orang dewasa yang belum aktif secara seksual, mereka masih bisa mendapatkan manfaat dari pemberian vaksin HPV.

Saat ini CDC merekomendasikan anak usia 11 hingga 12 tahun untuk mendapatkan dua dosis vaksin HPV (standar sebelumnya menyarankan pemberian tiga kali vaksinasi) untuk melindungi dari kanker yang disebabkan oleh HPV. 

Dosis kedua harus diberikan 6-12 bulan setelah dosis pertama.

Mengapa vaksin hpv penting?

HPV genital adalah virus yang ditularkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak langsung kulit-ke-kulit saat melakukan aktivitas seksual. 

Kebanyakan orang yang aktif secara seksual mungkin akan terinfeksi HPV suatu saat dalam hidup mereka, meskipun sebagian besar orang mungkin tidak menyadarinya. 

Infeksi HPV paling sering terjadi pada orang berusia akhir usia belasan dan awal 20-an.  Ada sekitar 40 jenis HPV yang dapat menginfeksi area genital pria dan wanita. Sebagian besar tipe HPV tidak menimbulkan gejala dan dapat hilang dengan sendirinya. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Tetapi beberapa jenis dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita dan kanker lain yang kurang umum - seperti kanker anus, penis, vagina, dan vulva dan orofaring. Jenis HPV lain dapat menyebabkan kutil pada area genital pria dan wanita, yang disebut genital warts

Genital warts tidak mengancam jiwa. Tetapi mereka dapat menyebabkan stres emosional dan ketidaknyamanan.

Di Amerika sekitar 12.000 wanita didiagnosis menderita kanker serviks dan 4.000 wanita meninggal akibat penyakit ini. 

Sedangkan di  Indonesia, berdasarkan info dari departemen kesehatan pada tahun 2013, kanker serviks adalah kanker dengan angka kejadian tertinggi di Indonesia dengan jumlah penderita mencapai 98.692 jiwa.

Selain itu, beberapa alasan utama mengapa vaksin HPV sangat penting untuk anak-anak dan wanita :

  • 80% orang pernah mengalami Infeksi HPV.

Hampir setiap orang yang aktif secara seksual akan terinfeksi HPV pada suatu saat dalam hidup mereka, jika mereka tidak mendapatkan vaksinasi HPV. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Walaupun pada sebagian besar kasus infeksi HPV dapat hilang dengan sendirinya, infeksi yang tidak hilang dapat menyebabkan jenis kanker tertentu.

Infeksi HPV dan prekursor serviks (sel-sel abnormal pada serviks yang dapat menyebabkan kanker) telah menurun secara signifikan sejak vaksin digunakan.

Jenis HPV yang menyebabkan sebagian besar kanker HPV dan kutil kelamin telah turun sebanyak 71 persen di antara remaja perempuan. 

Di antara wanita yang divaksinasi, persentase prekursor serviks yang disebabkan oleh tipe HPV yang paling sering dikaitkan dengan kanker serviks turun sebanyak 40 persen.

  • Mendapatkan vaksin HPV selama masa remaja lebih baik daripada mengobati Kanker HPV di kemudian hari

Walaupun dokter dapat secara rutin melakukan pemeriksaan skrining untuk mendeteksi kanker serviks, tidak ada pemeriksaan skrining kanker yang direkomendasikan untuk mendeteksi lima jenis kanker lain yang dapat disebabkan oleh HPV. 

Jenis kanker HPV jenis lain ini mungkin tidak terdeteksi hingga menyebabkan masalah kesehatan. Vaksinasi HPV dapat mencegah berkembangnya kanker-kanker ini.

  • Vaksinasi HPV dapat memberikan perlindungan yang aman, efektif, dan tahan lama

Dengan lebih dari 100 juta dosis yang telah didistribusikan di Amerika Serikat, vaksin HPV memiliki catatan keamanan yang cukup baik. Ditambah lagi, penggunaan vaksinasi HPV didukung oleh lebih dari 10 tahun pemantauan dan penelitian. 

  • Efek samping yang relatif ringan

Seperti halnya vaksin atau penggunaan obat apapun, vaksin HPV juga dapat menyebabkan efek samping. Efek samping yang paling umum adalah efek samping ringan yang meliputi:

Pingsan setelah pemberian vaksin apapun, termasuk vaksin HPV, lebih sering terjadi pada remaja. Untuk mencegah pingsan dan cedera terkait pingsan, seorang remaja yang mendapatkan vaksinasi harus duduk atau berbaring selama proses vaksinasi dan tetap dalam posisi itu selama 15 menit setelah vaksin diberikan. 

Manfaat vaksinasi HPV jauh lebih besar daripada potensi risiko efek sampingnya.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
HPV vaccine: A vaccine that works, and one all children should get. Harvard Health. (https://www.health.harvard.edu/blog/hpv-vaccine-a-vaccine-that-works-and-one-all-children-should-get-2019072617402)
HPV Vaccine Information For Young Womenhomecollapsetwitterfacebook. Centers for Disease Control and Prevention (CDC). (https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv-vaccine-young-women.htm)
Are women ready for the HPV vaccine? . National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16551476)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app