Kenali Penyebab Asma Pada Orang Dewasa

Dipublish tanggal: Agu 23, 2019 Update terakhir: Nov 10, 2020 Tinjau pada Mar 17, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Penyebab Asma Pada Orang Dewasa

Apa itu Asma?

Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara Anda menyempit dan membengkak serta menghasilkan lendir ekstra. Kondisi  Ini bisa membuat sulit bernafas dan memicu batuk, mengi dan sesak napas.

Bagi sebagian orang, asma adalah gangguan ringan. Namun itu bisa menjadi masalah besar yang mengganggu kegiatan sehari-hari dan dapat menyebabkan serangan asma yang mengancam jiwa.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Langung Dikirim!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads sept20

Mengenai serangan asma

Sejumlah peradangan atau inflamasi dalam sistem pernapasan dapat menyebabkan gejala parah serangan asma. Di seluruh dunia, sekitar 250.000 orang meninggal setiap tahun akibat asma.

Serangan asma terjadi ketika gejalanya telah mencapai puncak. Serangan ini mungkin mulai tiba-tiba dan dapat berkisar dari yang ringan sampai yang parah.

Pada serangan asma, pembengkakan di saluran udara dapat sepenuhnya mencegah oksigen mencapai paru-paru, yang juga menghentikannya memasuki aliran darah dan menuju ke organ-organ vital.

Jenis serangan asma ini bisa berakibat fatal dan memerlukan rawat inap yang mendesak.

Pada awal serangan asma, saluran udara memungkinkan cukup udara ke paru-paru, tetapi tidak membiarkan karbon dioksida meninggalkan paru-paru dengan kecepatan yang cukup cepat. 

Karbon dioksida beracun jika tubuh tidak mengeluarkan gas, dan serangan asma yang berkepanjangan dapat menyebabkan penumpukan gas di paru-paru. Kondisi ini dapat mengurangi jumlah oksigen yang memasuki aliran darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Diagnosis akibat sesak napas yang biasa muncul pada usia sekitar 20 tahun dikenal sebagai asma onset dewasa.

Apa yang menyebabkan Asma pada dewasa?

Di antara mereka yang lebih mungkin terkena asma pada orang dewasa adalah:

  1. Wanita yang mengalami perubahan hormon, seperti pada masa hamil atau yang sedang mengalami menopause
  2. Wanita yang menggunakan estrogen setelah menopause selama 10 tahun atau lebih
  3. Akibat terserang virus atau penyakit tertentu, seperti pilek atau flu
  4. Penderita alergi hewan
  5. Penderita GERD, sejenis sakit maag kronis dengan refluks
  6. Obesitas
  7. Pengaruh stress
  8. Penggunaan obat-obatan tertentu seperti obat golongan beta blockers atau aspirin 
  9. Akibat terpapar iritasi lingkungan, seperti asap tembakau, jamur, debu, bulu, atau parfum

Setidaknya 30% kasus asma dewasa dipicu oleh alergi. Orang yang alergi terhadap kucing mungkin memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang asma pada orang dewasa.

Paparan terhadap alergen atau iritan seperti asap rokok, bahan kimia, jamur, debu, atau zat lain yang biasa ditemukan di lingkungan orang tersebut (mis. Rumah atau tempat kerja) dapat memicu gejala asma pertama pada orang dewasa. Kontak yang terlalu lama dengan material tertentu di tempat kerja dapat memicu gejala asma pada orang dewasa.

Selain itu, fluktuasi hormon pada wanita dapat memainkan peran dalam asma onset dewasa. Beberapa wanita pertama kali mengalami gejala asma selama atau setelah kehamilan. Wanita yang mengalami menopause juga dapat mengalami gejala asma untuk pertama kalinya.

Berbagai penyakit, virus, atau infeksi dapat menjadi faktor penyebab timbulnya asma pada orang dewasa. Pilek yang buruk atau serangan flu sering menjadi faktor penyebab timbulnya asma pada orang dewasa.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Merokok tidak menyebabkan asma pada orang dewasa. Namun, jika Anda merokok atau jika Anda terpapar asap rokok (perokok pasif), hal ini dapat memicu terjadinya gejala asma.

Bagaimana cara mendiagnosis Asma?

Untuk mendiagnosis asma, dokter akan menanyakan gejala, melakukan pemeriksaan fisik, dan melakukan tes fungsi paru serta uji alergi. Perawatan khusus dibutuhkan seperti penanganan ke dokter spesialis untuk perawatan lebih lanjut. 

Setelah usia pertengahan, sebagian besar orang dewasa mengalami penurunan kapasitas paru-paru.

Perubahan fungsi paru-paru ini dapat menyebabkan beberapa dokter mengabaikan asma sebagai diagnosis yang memungkinkan.

Asma yang tidak diobati dapat menyebabkan hilangnya fungsi paru-paru yang lebih permanen. Jika Anda memiliki gejala asma, jangan abaikan, dan jangan coba mengobatinya sendiri. Dapatkan diagnosis pasti dari penyedia layanan kesehatan. 

Gejala asma dapat memungkinkan adanya penyakit atau penyakit lain terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Sebagai contoh:


20 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Updated information on leukotriene inhibitors: Montelukast (marketed as Singulair), zafirlukast (marketed as Accolate), and zileuton (marketed as Zyflo and Zyflo CR). U.S. Food and Drug Administration. http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/PostmarketDrugSafetyInformationforPatientsandProviders/DrugSafetyInformationforHeathcareProfessionals/ucm165489.htm.
Asthma. Natural Medicines Comprehensive Database. http://www.naturaldatabase.com.
Ferri FF. Asthma. In: Ferri's Clinical Advisor 2015: 5 Books in 1. Philadelphia, Pa.: Mosby Elsevier; 2015. https://www.clinicalkey.com.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app