Kenali Nih Manfaat Kacang bagi Kesehatan

Dipublish tanggal: Agu 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Mar 5, 2020 Waktu baca: 3 menit
Kenali Nih Manfaat Kacang bagi Kesehatan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kacang dapat meningkatkan angka harapan hidup. Hal ini diduga karena salah satu manfaat dari kacang adalah menurunkan risiko kematian akibat penyakit tertentu.

Hampir semua jenis kacang memiliki manfaat yang sama untuk kesehatan karena kacang mengandung asam lemak tak jenuh dan berbagai nutrisi lainnya yang dapat mendukung kesehatan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Beragam kandungan dan manfaat dari kacang

Selain asam lemak tak jenuh, kacang juga memiliki banyak nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa nutrisi lainnya yang terdapat di dalam kacang.

L-arginin

Arginin merupakan asam amino yang berperan dalam produksi oksida nitrat. Sementara oksida nitrat sendiri berperan dalam melebarkan pembuluh darah

Hal ini berarti bahwa arginin dapat membantu dinding arteri agar lebih elastis dan juga mengurangi risiko terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Selain itu, arginin juga diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung serta gangguan hipertensi.

Sterol

Sterol adalah zat yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Beberapa produk seperti margarin, biasanya sudah ditambahkan sterol agar lebih menyehatkan. Akan tetapi, kacang memiliki kandungan sterol secara alami.

Serat

Serat bermanfaat untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga bagi Anda yang melakukan diet, dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan berserat karena dapat membantu upaya menurunkan berat badan. 

Serat juga bermanfaat dalam membantu mencegah diabetes dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Asam Lemak Omega 3

Asam Lemak Omega 3 adalah zat yang dapat membantu menyehatkan jantung serta mencegah terjadinya serangan jantung. Selain untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, asam lemak omega 3 juga memiliki sejuta manfaat lainnya termasuk mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh serta mengurangi risiko penyakit metabolik. 

Vitamin E

Pembuluh darah dapat menyempit bahkan tersumbat jika terus menerus tertimbun plak. Hal inilah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan serangan jantung. 

Nah, vitamin E yang terkandung di dalam kacang dapat menurunkan risiko tersebut.

Jenis-jenis kacang yang baik untuk dikonsumsi

Meskipun kacang mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengkonsumsi kacang tetap harus dibatasi. 

Kacang mengandung sekitar 80% lemak baik, namun juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Jumlah yang dianjurkan mengonsumsi kacang sekitar segenggam kecil kacang atau dua sendok selai kacang. 

Kacang juga dapat Anda manfaatkan sebagai pengganti kelompok makanan lain yang mengandung lemak jenuh, seperti telur, susu, dan keju.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Ada dua jenis kacang. Yang pertama yaitu kacang yang tumbuh di pohon, seperti kacang almond, kenari, mete, pecan, pistachio, dan walnut. Yang kedua adalah kacang yang tumbuh di tanah, seperti kacang tanah.

Berikut beberapa jenis kacang yang bisa Anda konsumsi sebagai menu tambahan sehari-hari ataupun sebagai camilan.

Kenari

Kenari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi sehingga mengonsumsi jenis kacang ini dapat memberikan antioksidan lebih banyak bagi tubuh. Untuk beberapa jenis kacang lainnya, memiliki setengah kandungan antioksidan dari kenari.

Almond

Almond disarankan untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Mengonsumsi almond akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang karena kandungan serat, lemak, dan protein di dalamnya. 

Jenis lemak yang terdapat di dalam kacang almond sama dengan lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, yaitu lemak tak jenuh tunggal. Selain itu, lemak tak jenuh tunggal juga disebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Pecan

Pecan adalah kacang yang memiliki kandungan antioksidan paling banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya. 

Jumlah vitamin yang terdapat di dalam pecan juga banyak mencapai 19 vitamin. Pecan bermanfaat untuk memperlambat penyakit Lou Gehrig yaitu suatu penyakit saraf degeneratif.

Pistachio

Pistachio adalah kacang yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena mengandung zat yang dapat meningkatkan antioksidan, seperti beta karoten, gamma tokoferol, dan lutein

Selain itu, pistachio juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

Kacang Tanah

Meskipun berbeda dengan jenis-jenis kacang sebelumnya, kacang tanah juga memiliki manfaat yang besar bagi tubuh karena mengandung protein dan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

Itulah beberapa manfaat kacang bagi kesehatan. Mengonsumsi kacang dalam takaran yang normal dianjurkan agar bisa mendukung kesehatan tubuh kita. 

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
6 healthiest nuts: Protein and other benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/323042.php)
8 Health Benefits of Eating Nuts. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/8-benefits-of-nuts)
Nuts & Your Health: What to Know. WebMD. (https://www.webmd.com/diet/news/20140910/nuts-health)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang
Cara Meningkatkan Kepadatan Tulang

Kepadatan tulang dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti nutrisi, olahraga, usia, jenis kelamin, hormon, dan lain-lain. Berikut ini ada beberapa cara untuk meningkatkan kepadatan tulang :

Buka di app