Marfan Syndrome Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali Marfan Syndrome lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Agu 3, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Sindrom Marfan adalah kelainan genetik yang mempengaruhi jaringan ikat, termasuk pembuluh darah jantung dan katup jantung.

Jaringan ikat memberi tenaga dan tumpuan ke banyak bagian tubuh. Selain pembuluh darah dan katup jantung, tendon, ligamen dan tulang rawan adalah contoh jaringan ikat.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pada sindrom Marfan, jaringan ikat ini tidak normal. Akibatnya, bagian tubuh tertentu tidak sekuat seharusnya. Ini dapat menyebabkan serangkaian gejala mulai dari sangat ringan hingga parah dan mengancam jiwa.

Masalah jantung biasanya merupakan masalah paling serius pada anak-anak dengan sindrom Marfan. Dinding arteri utama mereka cenderung lemah. Seringkali, aorta mereka terpengaruh. 

Jika demikian, aorta akan semakin besar. Ini melemahkan dinding bagian dalam aorta.

Dinding aorta bagian dalam yang lemah dapat menyebabkan aneurisma, area di mana dinding menonjol ke luar.

Dinding aorta dalam yang lemah juga bisa robek. Kemudian darah dapat bocor melalui air mata dan memisahkan lapisan aorta. Masalah ini disebut diseksi aorta.

Sindrom -marfan pada anak-anak

Sindrom Marfan adalah kondisi genetik. Anak-anak yang menderita kondisi ini memilikinya sejak lahir.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Anak-anak mewarisinya dari salah satu orang tua mereka atau disebabkan oleh perubahan genetik yang terjadi pada anak dan tidak diturunkan dari orang tua. 

Penting untuk mengidentifikasi jenis apa yang dimiliki anak, karena hal ini dapat membuat perbedaan dalam bagaimana dokter memperlakukan kondisi tersebut.

Jika kondisi tersebut merupakan turunan, bisa juga dapat memengaruhi salah satu orang tua anak atau saudara laki-laki dan perempuan mereka.

Sindrom Marfan mempengaruhi sekitar 1 dari setiap 5.000 orang.

Gejala sindrom marfan

Gejala-gejala sindrom Marfan mungkin sangat bervariasi, bahkan di antara anak-anak dalam keluarga yang sama. Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat.

Beberapa anak tidak memiliki gejala di awal kehidupan. Tetapi ketika mereka tumbuh, mereka dapat mengembangkan gejala dan ciri Marfan yang umum.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Bayi

Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan sindrom Marfan, beritahu dokter saat Anda hamil sehingga mereka dapat memeriksa bayi Anda dengan cermat untuk mengetahui tanda-tanda kondisi tersebut.

Bayi baru lahir yang memiliki tanda Marfan mungkin memiliki masalah jantung yang lebih serius daripada anak-anak yang di diagnosis pada usia yang lebih tua.

Mereka mungkin juga memiliki masalah ini:

  • Prolaps katup mitral (katup "floppy" dan tidak menutup dengan benar)
  • Darah yang bocor ke belakang melalui katup jantung (regurgitasi)
  • Masalah pernapasan

Anak-anak

Pada anak-anak hingga usia 12 tahun, gejala yang paling umum adalah pada tulang di tubuh mereka (sistem kerangka). anak mungkin memiliki ciri-ciri ini:

  • Bingkai tinggi dan tipis
  • Jari panjang, ramping, ibu jari dan jari kaki
  • Tulang dada yang mengarah ke dalam atau mendorong ke depan
  • Sendi longgar
  • Skoliosis
  • Kaki datar
  • Masalah penglihatan

Remaja

Banyak ciri-ciri sindrom Marfan terasa ringan di awal kehidupan dan menjadi jelas ketika anak tumbuh. Jadi anak mungkin tidak didiagnosis dengan sindrom Marfan sampai masa remajanya.

Seiring dengan sifat-sifat umum yang tercantum di atas, dokter akan mencari tanda-tanda dan gejala-gejala ini di tubuh anak remaja Anda:

Mendiagnosis sindrom marfan

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap, memeriksa anak untuk ciri-ciri fisik sindrom Marfan.

Dokter akan bertanya tentang riwayat kesehatan anak dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

anak akan memerlukan tes ekokardiogram sehingga dokter dapat melihat bagaimana jantung mereka bekerja.

Dokter mata akan memeriksa anak untuk setiap masalah penglihatan.

Diagnosis dini penting untuk kesehatan masa depan anak. Ketika Marfan didiagnosis lebih awal, dokter dapat mengawasi anak untuk masalah yang mungkin memerlukan perawatan. Ini dapat membantu mencegah komplikasi.

Jika salah satu dari anak-anak menderita sindrom Marfan, dokter mungkin menyarankan untuk melakukan tes genetik untuk melihat apakah salah satu dari orang tua atau saudara perempuan atau saudara laki-lakinya memiliki kondisi tersebut.

Mengobati sindrom marfan

Tidak semua anak dengan sindrom Marfan membutuhkan perawatan. Tetapi semua anak dengan kondisi ini membutuhkan perawatan seumur hidup untuk memantau kondisi mereka. 

Gejala yang berbeda mungkin muncul saat anak bertambah tua, sehingga dokter ingin memperhatikannya.

Beberapa anak perlu minum obat yang menurunkan detak jantung atau tekanan darah atau keduanya. 

Anak-anak yang memiliki masalah besar dengan aorta, katup aorta, atau katup mitral mereka mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki atau menggantinya.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan jangka panjang anak, rumah sakit memiliki Program Penyakit Jantung Bawaan Dewasa khusus untuk mengalihkan anak ke perawatan orang dewasa ketika mereka sudah siap.


14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Morrow ES Jr.. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 11, 2018.
Barbara Woodward Lips Patient Education Center. Marfan syndrome. Rochester, Minn.: Mayo Foundation for Medical Education and Research; 2018.
Your child's school. The Marfan Foundation. https://www.marfan.org/event/parent-toolkit/your-childs-school.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Buka di app