Ascending Aortic Aneurysm - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: May 1, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 460.098 orang

Aorta adalah pembuluh darah terbesar di dalam tubuh manusia. Aorta terdiri dari beberapa bagian. Bagian lengkung ke bawah, yang disebut descending aorta merupakan bagian yang terhubung ke jaringan arteri yang memasok sebagian besar tubuh dengan darah yang kaya oksigen

Bagian lengkungan ke atas, yang merupakan bagian paling dekat dengan jantung yang disebut dengan ascending aorta.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Aneurisma merupakan tonjolan yang terbentuk di dinding arteri. Tonjolan tersebut terjadi ketika dinding arteri melemah. Aneurisma di bagian tubuh mana pun berbahaya karena dapat pecah dan menyebabkan pendarahan yang hebat. 

Ascending aortic aneurysm merupakan suatu kondisi yang sangat serius. Pecahnya bagian tubuh tersebut bisa menyebabkan kondisi yang mengancam jiwa.

Penyebab dan Faktor Resiko Ascending Aortic Aneurysm

Sampai saat ini masih belum dipahami dengan baik mengapa beberapa orang dapat mengembangkan aneurisma aorta sementara yang lain tidak. Namun terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami aneurisma aorta, termasuk:

  • Penyakit jantung: Penyebab paling umum dari aneurisma aorta adalah aterosklerosis, yang juga dikenal sebagai pengerasan pembuluh darah. Anda juga berisiko lebih tinggi mengalami ascending aortic aneurysm jika Anda menderita penyakit katup aorta.
  • Usia tua: Ascending aortic aneurysm biasanya terbentuk pada orang berusia 60 hingga 70 tahun atau lebih.
  • Riwayat keluarga dengan aneurisma aorta
  • Genetika: Kondisi bawaan tertentu juga berkaitan dengan risiko tinggi untuk mengalami aneurysme aorta, termasuk:
    • Sindrom Marfan
    • Sindrom Loeys-Dietz
    • Sindrom turner
    • Sindrom Ehlers-Danlos
  • Infeksi: Terkadang, infeksi tertentu juga dapat melemahkan dinding arteri. Infeksi tersebut termasuk sifilis dan salmonella

Tanda dan Gejala Ascending Aortic Aneurysm

Beberapa ascending aortic aneurysm tidak pernah pecah atau menyebabkan gejala yang nyata. Kondisi ini sering ditemukan secara tidak sengaja, ketika seseorang melakukan rontgen dada atau skrining lainnya untuk mengungkapkan tonjolan atau aneurisma aorta.

Jika terdapat gejala, mungkin gejala tersebut akan termasuk:

  • Nyeri tumpul atau nyeri di dada
  • Batuk atau suara serak
  • Sesak nafas
  • Nyeri di punggung, rahang, atau leher

Jika aorta pecah, maka Anda akan merasakan sakit yang tiba-tiba dan tajam di daerah dada yang menjalar hingga ke punggung.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat GRATIS Ongkir via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir minimal pembelanjaan Rp50.000.

Medicine delivery 01

Cara Mencegah Terjadinya Ascending Aortic Aneurysm

Sampai saat ini masih tidak diketahui secara pasti cara mencegah terjadinya ascending aortic aneurysm.

Cara Mengobati Ascending Aortic Aneurysm

Diagnosa

Aneurisma aorta ascenden sering ditemukan selama pemeriksaan rutin atau pemeriksaan yang diperintahkan untuk kondisi lain. Misalnya, rontgen dada dapat menunjukkan aorta yang menggembung. Tes pencitraan lain yang dapat mendeteksi aneurisma aorta meliputi:

  • Ekokardiogram
  • CT scan
  • Magnetic resonance angiography (MRA), yang merupakan jenis magnetic resonance imaging (MRI).

Setelah aneurysms ditemukan, keputusan untuk mengobatinya biasanya tergantung pada ukuran atau laju pertumbuhannya. Biasanya, tindakan bedah diperlukan setelah aneurysms mencapai ukuran diameter 5 sentimeter (cm).

Pengobatan

Aneurisma yang kurang dari 5 cm dapat dipantau tanpa operasi. Namun, dokter dapat merekomendasikan perbaikan dengan tindakan bedah untuk aneurisma kecil yang tumbuh lebih dari 0,5 cm per tahun. Demikian juga, aneurysms kecil yang menyebabkan gejala juga harus diperbaiki.

Jika Anda memiliki sindrom Marfan, ascending aortic aneurysm harus diperbaiki setelah mencapai diameter 4,5 cm. Aneurisma seukuran tersebut juga harus diperbaiki jika Anda akan menjalani operasi katup aorta.

Metode pengobatan lainnya meliputi beberapa hal sebagai berikut:

Watch-and-wait

Jika Anda dan dokter setuju bahwa pendekatan watch-and-wait adalah yang terbaik, Anda mungkin akan diberikan obat-obatan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol Anda.

Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah termasuk beta blocker, yang juga berfungsi untuk memperlambat detak jantung, dan angiotensin receptor blockers (ARBs). ARB juga dapat diresepkan untuk orang-orang dengan sindrom Marfan terlepas dari tekanan darah mereka. Statin adalah obat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL.

Operasi terbuka

Dalam prosedur tersebut, seorang spesialis bedah akan membuka dada Anda dan mengganti bagian aorta yang rusak dengan tabung sintetis yang disebut graft. Dalam beberapa kasus, dokter juga akan mengganti katup aorta dengan katup sintetis.

Operasi endovaskular

Dalam prosedur operasi endovaskular, bagian aorta yang melemah tetap ada. Namun, Dokter akan memasukkan kateter kecil yang fleksibel ke dalam arteri di kaki Anda dan mengarahkan tabung tersebut naik ke aorta. Kateter kemudian menyebarkan cangkok yang mengelilingi bagian yang rentan dari aorta untuk memperkuatnya.

Operasi emergency

Operasi emergency kadang-kadang dapat dilakukan untuk memperbaiki aneurysms yang pecah, meskipun harus dilakukan dengan cepat. Risiko terjadinya perdarahan yang fatal sangat tinggi jika perdarahan tidak segera ditangani.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit