Lengkungan Aorta yang terputus Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali lengkungan Aorta yang terputus lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!
Dipublish tanggal: Jul 30, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Lengkungan Aorta yang terputus Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Lengkungan aorta terputus adalah cacat lahir di mana bagian kecil dari aorta hilang.

Aorta membawa darah (merah) yang kaya oksigen dari ventrikel kiri jantung ke seluruh bagian tubuh. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Aorta biasanya memiliki bentuk tongkat permen dengan arteri kecil (pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen) bercabang, pertama ke kepala dan lengan, kemudian melengkung ke bawah menuju perut ke tubuh bagian bawah dan kaki.

Pada lengkung aorta yang terputus, bagian pertama dari aorta (yang memasok darah ke kepala dan lengan) tidak terhubung dengan baik ke bagian kedua atau ketiga dari aorta (yang memasok darah ke tubuh bagian bawah dan kaki).

Ini berarti bahwa darah kaya oksigen yang dipompa keluar dari jantung tidak dapat mencapai bagian bawah tubuh dan kaki secara normal. 

Sebagai gantinya, aorta dihubungkan ke arteri pulmonalis oleh pembuluh darah yang disebut ductus arteriosus.

Lengkungan aorta terganggu pada anak-anak

Merupakan hal biasa bagi bayi untuk memiliki ductus arteriosus. Sebelum mereka lahir, pembuluh ini memindahkan darah dari paru-paru mereka ke aorta mereka.

 Ini berfungsi dengan baik karena bayi tidak bernapas sendiri sampai setelah mereka lahir, sehingga mereka tidak perlu darah pergi ke paru-paru mereka untuk mendapatkan oksigen.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Jantung via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 10

Biasanya, ductus arteriosus menutup segera setelah lahir. Pada bayi dengan aorta normal, penutupan ini tidak menimbulkan masalah. 

Namun, pada bayi dengan lengkungan aorta yang terputus, penutupan berarti tidak ada jalan bagi darah untuk sampai ke aorta yang turun.

Sebelum ductus arteriosus menutup, bayi yang lahir dengan cacat ini mendapatkan darah ke tubuh bagian bawahnya. Tapi darah tersebut bukan darah kaya oksigen yang berasal dari ventrikel kiri mereka. 

Bagi kebanyakan bayi, darah ini merupakan campuran darah yang rendah oksigen (biru) dan kaya oksigen (merah).

Ini terjadi karena sebagian besar bayi dengan lengkung aorta terganggu juga memiliki lubang di septum antara ventrikel kanan dan kiri yang disebut cacat septum ventrikel atau VSD. 

Lubang ini memungkinkan darah kaya oksigen mengalir dari ventrikel kiri ke ventrikel kanan dan kemudian ke ductus arteriosus.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Sekitar 2 dari setiap 100.000 bayi telah mengalami gangguan pada lengkungan aorta.

Gejala terganggunya lengkungan aorta 

Bayi Anda mungkin akan tampak sehat saat lahir. Ketika ductus arteriosus mereka mulai menutup, dalam minggu pertama kehidupan, mereka akan mulai menunjukkan gejala karena darah mereka tidak mengalir seperti seharusnya.

Mereka mungkin memiliki gejala seperti ini:

  • Lemah
  • Sulit makan
  • Mudah lelah
  • Paru-parunya bekerja lebih keras untuk bernafas
  • Detak jantung cepat
  • Kulit kebiruan, bibir atau alas kuku (sianosis)

Mendiagnosis lengkungan aorta yang terputus 

Untuk mendiagnosis kondisi ini, dokter akan memeriksa anak dan menanyakan secara rinci tentang gejala apapun yang dialami anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

anak akan memerlukan tes yang memberikan lebih banyak informasi tentang bagaimana jantung dan pembuluh darah di sekitarnya terlihat dan bekerja. Termasuk:

  • Elektrokardiogram
  • Ekokardiogram
  • Oksimetri nadi

Mereka mungkin juga membutuhkan kateterisasi jantung.

Mengobati lengkungan aorta yang terputus

Bayi dengan lengkung aorta yang terputus perlu dioperasi selama minggu pertama kehidupan.

Sebelum operasi berlangsung, bayi Anda akan membutuhkan obat (prostaglandin) yang membuat ductus arteriosus tetap terbuka sehingga darah dapat masuk ke seluruh tubuh.

Pembedahan akan menghubungkan 2 bagian terpisah dari aorta, menutup cacat septum ventrikel (jika perlu) dan menutup bagian (terbuka) ductus arteriosus

Seringkali, langkah-langkah ini semua dapat dilakukan selama operasi yang sama. dokter mungkin perlu melakukan lebih dari 1 operasi tergantung pada kondisi bayi Anda, seperti ukuran dan posisi defek septum ventrikel mereka dan ukuran aliran keluar dari ventrikel kiri.

Untuk memenuhi kebutuhan perawatan kesehatan jangka panjang anak, rumah sakit memiliki Program Penyakit Jantung Bawaan Dewasa khusus untuk mengalihkan anak ke perawatan orang dewasa ketika mereka sudah siap.

18 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. March 14, 2017.
Clavel MA, et al. The complex nature of discordant severe calcified aortic valve disease grading: New insights from combined Doppler echocardiographic and computed tomographic study. Journal of the American College of Cardiology. 2013;62:2329.
Daniels BK. Echo Information Management System. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Oct. 18, 2016.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app