Koarktasio Aorta Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Dipublish tanggal: Jul 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Koarktasio Aorta Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Apa koarktasio aorta?

Aorta adalah pembuluh darah utama yang berasal dari jantung dan memasok darah ke seluruh tubuh. Koarktasio aorta adalah suatu kondisi di mana aorta memiliki area yang sangat sempit, membuatnya berbentuk seperti jam pasir. Tekanan darah meningkat di atas titik sempit, dan ventrikel kiri harus memompa lebih keras karena tekanannya tinggi. Jantung mungkin membesar akibat kerja ekstra ini, dan fungsi jantungnya akan memburuk jika tidak dirawat.

Koarktasio aorta pada anak-anak

Kondisi langka ini berkembang sebelum kelahiran. Penyebabnya tidak jelas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Pada kasus ringan, anak-anak mungkin tidak menunjukkan tanda atau gejala pada awalnya. Kondisi mereka mungkin tidak didiagnosis sampai lahir.

Beberapa anak yang lahir dengan koarktasio aorta juga memiliki kelainan jantung lainnya, seperti stenosis aorta, defek septum ventrikel, patent ductus arteriosus atau kelainan katup mitral.

Koarktasio terjadi sekitar dua kali lebih umum pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Ini umum terjadi pada anak perempuan yang memiliki sindrom Turner.

Gejala Koarktasio Aorta

Gejala koarktasio aorta berkembang karena bagian atas tubuh mendapat terlalu banyak darah dan bagian bawah tidak mendapatkan cukup.

Dalam kasus ringan, di mana aorta sedikit menyempit, bayi mungkin tidak memiliki gejala.

Jika bayi memiliki gejala, mereka mungkin mengalami:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22
  • Paru-paru bekerja lebih keras untuk bernafas
  • Nafsu makannya buruk atau sulit makan
  • Gagal untuk berkembang
  • Lengan dan kaki dingin saat disentuh

Di kemudian hari, anak-anak dapat mengembangkan gejala yang berkaitan dengan masalah dengan aliran darah dan jantung yang membesar. Mereka akan mengalami:

Dalam kasus yang lebih parah, di mana aorta sangat sempit, bayi dapat mengalami masalah serius segera setelah lahir karena tidak cukup darah yang bisa melewati aorta ke seluruh tubuh mereka.

Mendiagnosis Koarktasio Aorta

Meskipun terdapat titik sempit sebelum kelahiran, kondisi ini mungkin tidak dapat didiagnosis hingga pemeriksaan rutin mengungkapkan masalah pada denyut nadi atau tekanan darah anak.

dokter akan memeriksa anak, menggunakan stetoskop untuk mendengarkan jantung mereka dan memeriksa tekanan darah mereka di lengan dan kaki mereka. Dokter akan menanyakan rincian tentang gejala apa pun yang dialami anak, riwayat kesehatannya, dan riwayat kesehatan keluarga Anda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana jantung mereka terlihat dan bekerja, anak akan memerlukan beberapa tes.

Dokter mungkin ingin menggunakan ekokardiografi dan elektrokardiogram.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Kadang-kadang, dokter memerlukan informasi lebih lanjut dan akan menggunakan rontgen dada, MRI (magnetic resonance imaging) jantung, pemindaian CT (computed tomography) atau angiografi. Untuk anak yang lebih besar, dokter dapat melakukan tes olahraga.

Mengobati Koarktasio Aorta

Dokter dapat mengobati kondisi ini dengan kateterisasi jantung untuk membuka tempat sempit di aorta (balloon angioplasty) atau dengan operasi untuk mengangkat bagian aorta tersebut. Rencana perawatan tergantung pada seberapa parah koarktasio dan jika ada cacat lahir lainnya.

1. Kateterisasi

Beberapa anak dapat membuka aorta mereka yang sempit menggunakan kateterisasi ketimbang operasi. Metode ini melibatkan memasukkan tabung kecil (kateter) melalui arteri atau vena dan memasukkannya ke daerah yang menyempit. Lalu ada 2 opsi:

  • Balon dapat dimasukkan melalui tabung. Ketika balon dipompa, aorta direntangkan terbuka. Lalu, balon dilepas. Ini disebut pelebaran balon.
  • Stent dapat ditempatkan di tempat yang sempit. Stent adalah alat berbentuk tabung yang dapat dibiarkan di dalam pembuluh darah agar terbuka.

2. Operasi

Ini adalah opsi untuk operasi:

  • Memotong di atas dan di bawah titik sempit, melepaskannya dan menyatukan ujung longgar aorta bersama
  • Membuat luka di tempat sempit untuk melebarkannya dan menutupnya dengan tambalan buatan atau tambalan yang diambil dari arteri di lengan anak
  • Menggunakan tabung untuk menghubungkan aorta di atas dan di bawah bagian yang sempit.

3. Prosedur Hybrid

Beberapa anak dapat memiliki prosedur hybrid, yang menggunakan kateterisasi dan operasi. Seorang ahli bedah jantung membuat pemotongan untuk menyediakan akses ke aorta. Kemudian seorang ahli jantung memasukkan kateter untuk membuka tempat yang sempit. Dengan metode ini, seorang anak mungkin dapat menjalani kateterisasi walaupun ukurannya terlalu kecil untuk diikat melalui pembuluh darah yang lebih kecil ke aorta mereka.

Selain perawatan ini, anak mungkin memerlukan obat-obatan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan aorta mereka yang sempit. Obat-obatan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kekuatan detak jantung mereka atau mengendalikan tekanan darah mereka.

19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
O'Brien P, et al. Coarctation of the aorta. Circulation. 2015;131:e363.
Riggin EA. Allscripts EPSi. Mayo Clinic, Rochester, Minn. Jan. 10, 2017.
Warnes CA, et al. ACC/AHA 2008 guidelines for the management of adults with congenital heart disease: Executive summary. Circulation. 2008;118:2395.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Lengkungan Aorta yang terputus Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat
Lengkungan Aorta yang terputus Pada Anak: Penyebab, Gejala, dan Obat

Kenali lengkungan Aorta yang terputus lebih lanjut. Baca informasi penyebab, gejala, pengobatan, hingga diskusi dari pengguna HonestDocs. Klik di sini!

Buka di app