Kenali Faktor Memicu Infeksi Jamur pada Kemaluan Wanita

Meski dalam vagina terdapat bakteri baik yang berfungsi melindungi kesehatan vagina. Tapi jika keseimbangannya terganggu dan kebersihan vagina tidak dijaga dengan benar, risiko terjadi infeksi jamur menjadi semakin tinggi. Ada beberapa kebiasaan dan kondisi yang menyebabkan timbulnya infeksi jamur pada vagina. Beberapa diantaranya adalah:
Dipublish tanggal: Jun 25, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Sep 16, 2019 Waktu baca: 2 menit
Kenali Faktor Memicu Infeksi Jamur pada Kemaluan Wanita

Vagina merupakan organ intim wanita yang sangat sensitif. Jika area sekitar vagina lembab maupun terlalu panas, infeksi akan mudah menyerang. Kondisi ini memang lumrah dialami oleh semua wanita. Namun jika dibiarkan terus-menerus, rasa gatal pada area vagina bisa menyebabkan iritasi. 

Agar bisa mengatasi masalah infeksi jamur, Anda harus mengetahui faktor penyebabnya. Dengan begitu dikemudian hari Anda bisa melakukan pencegahan agar infeksi tidak datang lagi.

Iklan dari HonestDocs
Beli Fungiderm CR 5G via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Fungiderm cr 5g 1

Penyebab infeksi jamur pada vagina

Sebagian besar infeksi pada vagina disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida albicans yang berlebih. Meski dalam vagina terdapat bakteri baik yang berfungsi melindungi kesehatan vagina. 

Tapi jika keseimbangannya terganggu dan kebersihan vagina tidak dijaga dengan benar, risiko terjadi infeksi jamur menjadi semakin tinggi.

 Ada beberapa kebiasaan dan kondisi yang menyebabkan timbulnya infeksi jamur pada vagina. Beberapa diantaranya adalah:

Perubahan hormon

Wanita yang sedang hamil, menyusui, atau menggunakan pil KB memiliki hormon progesteron dan estrogen yang tidak seimbang. Kondisi inilah yang memicu tumbuhnya bakteri dan jamur disekitar area vagina yang kemudian menyebabkan infeksi.

Konsumsi minuman antibiotik

Minuman antibiotik memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan bakteri. Namun sayangnya kandungan yang terdapat dalam minuman tersebut malah membunuh bakteri baik dan mengganggu keseimbangan pH pada vagina. 

Akibatnya pertumbuhan jamur menjadi tidak terkendali dan muncul infeksi pada vagina.

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Cefspan 100mg cap 1

Mempunyai penyakit diabetes

Kadar gula dalam tubuh yang tak terkontrol membuat kandungan glukosa pada cairan vagina meningkat. Jika sudah begini, jamur akan tumbuh subur dan menyebabkan vagina terinfeksi.

Kekebalan tubuh yang lemah

Sistem imun yang lemah membuat tubuh tak berdaya menangkal serangan berbagai penyakit tak terkecuali infeksi vagina. Keadaan ini sering dialami oleh wanita yang mengidap HIV/AIDS, sedang menjalani kemoterapi, dan menerima cangkok organ.

Tips alami mengatasi infeksi jamur vagina

Jika dibiarkan terus, gejala infeksi akan sangat mengganggu terutama saat Anda akan berhubungan intim dengan pasangan. Memang gejala tersebut akan hilang dengan sendiri karena vagina memiliki kemampuan untuk menyembuhkan infeksi secara mandiri. 

Namun akan lebih baik bila Anda melakukan penanganan secepatnya supaya dapat menjalani aktivitas dengan nyaman. Tidak perlu menggunakan bahan kimia atau pembersih kewanitaan karena Anda bisa memakai cara alami dibawah ini.

Bawang putih

Konsumsi olahan bawang putih atau memakannya secara langsung sangat bermanfaat untuk membunuh mikroba yang menyerang tubuh. Bawang putih dikenal memiliki sifat sebagai anti peradangan dan infeksi. Kandungan alami didalamnya mampu  menyembuhkan infeksi vagina tanpa efek samping sama sekali.

Cuka apel

Campurkan 8 sendok cuka apel kedalam bak mandi yang sudah diisi air hangat kemudian rendam diri Anda selama 20 menit. Cara ini bisa membersihkan jamur yang ada di tubuh termasuk vagina sehingga infeksi bisa segera reda.

Makanan yang kaya vitamin C

Jika kebutuhan akan vitamin C terpenuhi, maka daya tahan tubuh akan naik. Serangan dari jamur pun bisa ditangkal sehingga vagina bisa terbebas dari infeksi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga bisa mencegah infeksi karena perlindungan dilakukan langsung dari dalam.

Menjaga kebersihan vagina harus dilakukan secara teratur supaya infeksi yang disebabkan oleh jamur, bakteri jahat, dan mikroba lainnya tidak terjadi. Untuk menyembuhkan infeksi vagina sebaiknya gunakan cara alami yang lebih nyata khasiatnya dan tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan area intim. 

14 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vaginal yeast infections. Office on Women's Health. https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/vaginal-yeast-infections.
Bope ET, et al. Vulvovaginitis. In: Conn's Current Therapy 2018. Philadelphia, Pa.: Elsevier; 2018. https://www.clinicalkey.com.
Blostein F, et al. Recurrent vulvovaginal candidiasis. Annals of Epidemiology. 2017;27:575.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app