HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Manfaat Vitamin E Bagi Paru-paru

Dipublish tanggal: Feb 14, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 1 menit
Manfaat Vitamin E Bagi Paru-paru

Seseorang yang mengonsumsi vitamin E secara teratur dalam beberapa tahun, perokok maupun yang bukan perokok, memiliki resiko yang lebih rendah terkena Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD), yakni satu dari empat penyakit paru penyebab kematian terbesar di AS.

Empisema dan bronkitis kronis termasuk di dalam COPD, dan terkadang disebabkan oleh kebiasaan merokok seseorang. Meskipun resiko terjadinya COPD hanya 10 persen, penyakit ini merupakan penyakit umum yang mampu mengancam nyawa seseorang karena mampu menurunkan kinerja fungsi paru-paru. Gejala yang ditimbulkan biasanya berupa batuk, mudah lelah dan sesak napas.

Iklan dari HonestDocs
Beli Pendukung Gizi & Nutrisi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 8

Sebuah penelitian oleh pemerintah AS meliputi 39.876 wanita berusia 45 tahun atau lebih, yang bebas dari COPD, secara acak ditugaskan untuk mengonsumsi vitamin E (600 IU setiap hari) atau aspirin (100 mg per hari). Hasil menunjukkan pada tahun ke-10, 760 dari 19.937 wanita yang mengonsumsi vitamin E murni atau aspirin saja mampu mengembangkan COPD dibandingkan 846 dari 19.939 wanita yang hanya mengonsumsi aspirin.

Yang perlu Anda ingat adalah, vitamin E tidak memperkecil resiko asma sebagai kondisi terburuk COPD. Para peneliti menyimpulkan bahwa faktor seperti merokok dan penuaanlah yang mampu mempengaruhi terjadinya COPD. Menurut YvonneKelly, PhD, seorang profesor di departemen epidemiologi dan kesehatan masyarakat University College London. Para ahli percaya bahwa vitamin A, C dan E, yang dikenal dengan ACE antioksidan mampu melawan stress oksidatif di paru-paru yang dapat menyebabkan COPD.

3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin E for Face Benefits, Precautions, and Most Effective Uses. Healthline. (https://www.healthline.com/health/vitamin-e-for-face)
10 benefits of vitamin E oil. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318168.php)
Vitamin E: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-954/vitamin-e)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app