Jinten Putih: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Apr 16, 2019 Update terakhir: Jan 21, 2020 Waktu baca: 2 menit

Jinten putih adalah rempah-rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kebanyakan orang menggunakan juntan putih untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan, di antaranya diare, kolik, kejang usus, dan perut kembung.

Jintan atau jinten memiliki aroma yang harum, rasa pedas, dan menimbulkan sensasi panas. Oleh karena itulah, jinten putih lebih umum digunakan sebagai bumbu masak untuk meningkatkan cita rasa makanan atau minuman. Bisa juga diolah menjadi minyak esensial yang dibalurkan pada tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Dapatkan Obat Diabetes Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 36

Selain itu, jintan putih juga bersifat diuretik untuk mengurangi kembung dan mempercepat menstruasi. Bahkan, rempah yang satu ini juga bersifat afrodisiak yang mampu meningkatkan hasrat seksual (libido).

Mengenai Jinten Putih

Golongan

Rempah-rempah

Kemasan

  • Biji
  • Bubuk
  • Ekstrak cair
  • Teh
  • Kapsul
  • Minyak

Kandungan

  • Minyak atsiri
  • Lemak
  • Asam amino
  • Glikosida flavonoid
  • Kuminaldehida
  • Hidrokarbon monoterpen
  • Sesquiterpen

Manfaat Jinten Putih

Jinten putih dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah berikut:

Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut guna membuktikan manfaat jinten putih bagi kesehatan.

Efek samping Jinten Putih

Jintan atau jinten putih cenderung aman digunakan sebagai penyedap rasa masakan atau obat herbal. Sejauh ini belum diketahui kemungkinan efek samping yang dapat muncul akibat penggunaan jinten putih.

Dosis Jinten Putih

Dosis jinten putih berbeda-beda pada setiap orang, tergantung dari usia dan kondisi kesehatan pasien. Namun, sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang cukup mengenai dosis jinten putih yang aman.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Penting diketahui bahwa tidak semua produk herbal tergolong aman. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk yang tertera pada label kemasan. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter atau apoteker sebelum menggunakan jinten putih sebagai obat herbal.

Interaksi Jinten Putih

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain, sehingga dapat mengubah cara kerja herbal. Sebagai akibatnya, herbal tidak dapat bekerja dengan maksimal atau justru menimbulkan racun yang membahayakan tubuh.

Jinten putih dapat bereaksi dengan obat diabetes. Jinten putih diketahui mampu menurunkan kadar gula darah, begitu juga dengan cara kerja obat diabetes. Bila keduanya dikonsumsi secara bersamaan, maka dikhawatirkan gula darah Anda akan merosot tajam dan memicu hipoglikemia.

Baca Selengkapnya: Inilah Kadar Gula Darah Normal dan Tidak Normal

Beberapa jenis obat diabetes yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan jinten putih adalah:

Oleh karena itu, beri tahukan dokter bila Anda sedang minum obat diabetes dan ingin menggunakan jinten putih. Dokter mungkin akan mengubah dosis atau mengganti jenis obat diabetes sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Cara Paling Efektif Menurunkan Gula Darah Sampai Normal

Perhatian

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan jinten putih adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi jinten putih sebagai obat herbal. Belum ada penelitian medis yang membuktikan keamanannya.
  • Jinten putih kemungkinan dapat menghambat pembekuan darah. Rempah ini berisiko memicu memar atau perdarahan pada penderita kelainan darah, misalnya hemofilia.
  • Jinten putih diketahui dapat menurunkan kadar gula darah pada sebagian orang. Perhatikan ciri-ciri penurunan gula darah drastis (hipoglikemia) bila Anda punya diabetes dan menggunakan jinten putih.
  • Jinten putih dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan kadar gula darah saat dan setelah operasi. Hindari penggunaan jinten putih minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi Anda.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Cumin Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/cumin-benefits-side-effects-and-preparations-4178787)
Cumin: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-635/cumin)
Cumin: 6 health benefits. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/319562)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app