Jiaogulan: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 20, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Jiaogulan (Gynostemma pentaphyllum) merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai ramuan asli yang berasal dari China. Tumbuh secara liar dan kadang disebut-sebut sebagai “ginseng selatan” karena digunakan untuk tujuan yang sama seperti ginseng.

Walau dikatakan demikian, namun kandungannya sangat berbeda. Jiaogulan mengandung lebih 80% saponin yang berbeda dibandingkan dengan ginseng. Selain kandungan saponin, terdapat antioksidan alami dan kaya akan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Asma via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 35

Jiaogulan juga terkenal sebagai salah satu adaptogen terbaik yang dapat Anda temukan di alam. Adaptogen digunakan untuk melindungi tubuh dari berbagai efek berbahaya yang disebabkan oleh stres kronis. Dikonsumsi sebagai tonik kesehatan dan ramuan yang dapat memperpanjang hidup selama ratusan tahun.

Umumnya, jiaogulan dapat Anda temukan dalam olahan berbentuk teh yang berasal dari bagian daun tanaman ini. Mengkonsumsi ramuan ini tentu saja dapat memberikan efek luar biasa pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Kegunaannya dalam pengobatan alternatif digunakan untuk mengatasi:

Selain itu, dapat digunakan untuk meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan, detoksifikasi, penurunan berat badan, dan yang lainnya. Namun, tentu saja banyak manfaat lainnya yang dapat Anda temukan. Berikut beberapa penjelasan lebih detail di bawah ini.

Manfaat penggunaan Jiaogulan

Mengendalikan Diabetes

Beberapa penelitian menunjukan bahwa jiaogulan dapat membantu mengendalikan diabetes. Salah satunya dalam uji klinis yang dilakukan terhadap pasien diabetes yang diberikan olahan teh jiaogulan selama 12 minggu perawatan. 

Hasilnya dinyatakan mengalami peningkatan yang lebih besar dalam gula darah dan sensitivitas insulin.

Selain itu, penelitian berbasis hewan yang digunakan pada tikus untuk menguji efek ramuan jiaogulan terhadap diabetes menunjukan hasil penurunan kolesterol jahat dan membantu mengurangi kadar gula darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Journal of Medicinal food juga telah menetapkan bahwa jiaogulan dapat membantu mengatur gula darah dengan mengubah aktivitas pada enzim tertentu.

Anti Kanker

Jiaogulan mengandung banyak gypenosides yang berperan sebagai anti kanker yang bekerja dengan cara mencegah penyebaran kanker hingga membunuh sel kanker secara langsung atau apoptosis.

Jiaogulan melawan kanker dengan berbagai cara yang berbeda seperti melindungi pertahanan tubuh dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melindungi terhadap mutasi DNA, dan membantu menghambat pertumbuhan tumor dengan mengurangi ukurannya.

Mengatasi masalah pernapasan

Jiaogulan telah digunakan di Cina secara tradisional untuk membantu penumpukan lendir dari saluran pernapasan. Jiaogulan merupakan obat alami yang dapat mengatasi masalah pernapasan seperti batuk, asma, dan bronchitis.

Jiaogulan dapat  mengurangi asma berdasarkan penelitian sebuah studi tahun 2008 berbasis hewan yang dilakukan dalam pengamatan efek jiaogulan pada tikus. Sebuah studi lainnya juga telah membuktikannya secara klinis bahwa jiaogulan efektif digunakan untuk mengobati penyakit bronkitis yang sudah kronis.

Mengurangi penuaan

Jiaogulan merupakan sumber antioksidan alami yang dapat membantu untuk mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Iklan dari HonestDocs
Meso Slimming Treatment di Reface Clinic

Meso Slimming merupakan teknik non-bedah kosmetik dimana mikroskopis kecil dari obat-obatan kelas medis, vitamin, mineral dan asam amino disuntikkan ke dalam lapisan kulit. Penyuntikan dilakukan pada bagian atas dan tengah untuk mengatasi berbagai jenis masalah penumpukan lemak. Suntikan akan diberikan ke dalam mesoderm, yaitu lapisan lemak dan jaringan di bawah kulit. Befungsi untuk menghilangkan lemak tubuh yang tidak diinginkan dan selulit.

Meso slimming treatment di reface clinic

Meminum jiaogulan secara teratur dapat mengurangi beberapa tanda –tanda kerusakan sel serta dapat memperlambat penuaan saat usia semakin tua seperti mengatasi masalah keriput, noda hitam dan bintik-bintik di wajah.

Selain itu, mengoleskan jiaogulan dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultra violet (UV) yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Menurunkan berat badan

Meminum jiaogulan dapat membantu mengurangi kalori jika digunakan dalam jangka panjang.Beberapa penelitian menyatakan bahwa adaptogen dari ramuan ini dapat membantu mengoptimalkan fungsi metabolisme yang dapat menurunkan berat badan lebih cepat dan membakar lemak.

Sebuah penelitian tahun 2013 menerbitkan hasil uji klinisnya yang dilakukan terhadap orang gemuk atau obesitas dengan hasil yang menunjukan penurunan yang signifikan terhadap berat badan, lemak perut, dan indeks massa tubuh.

Mengatasi Insomnia

Jiaogulan dapat membantu Anda untuk mengurangi stress dan kecemasan dengan melepas hormon penginduksi tidur ke otak. Juga dapat membantu menenangkan pikiran yang dapat membantu Anda mengatasi insomnia.

Efek samping penggunaan Jiaogulan

Jiaogulan aman untuk digunakan dalam jangka pendek sekitar 4 bulan. Beberapa sumber menyatakan aman karena tidak mengandung zat racun.

Namun, ada beberapa efek samping yang harus Anda pertimbangkan,  disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan jiaogulan karena dapat memberikan efek samping, seperti mual parah dan peningkatkan pergerakan pada usus.

Jiaogulan dikhawatirkan dapat menghambat pembekuan darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada orang yang menggunakan antikoagulan atau antiplatelet

Pasien penderita diabetes harus berhati-hati dalam menggunakan ramuan ini karena dapat menurunkan kadar insulin.

Ibu hamil dan menyusui disarankan untuk menghindari jiaogulan karena dapat memberikan dampak terhadap tingkat hormone yang menimbulkan ancaman bagi bayi, bahkan kemungkinan cacat lahir.


5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Jiaogulan Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/jiaogulan.html)
Is Jiaogulan the New Ginseng?. Healthline. (https://www.healthline.com/health/is-jiaogulan-the-new-ginseng)
Jiaogulan: Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/the-lowdown-on-jiaogulan-88940)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app