Jenis Jerawat Lengkap dan Cara Ampuh Mengatasinya

Dipublish tanggal: Jul 5, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 17, 2019 Waktu baca: 2 menit
Jenis Jerawat Lengkap dan Cara Ampuh Mengatasinya

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata jerawat memiliki beberapa jenis yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Mengetahui jenis jerawat merupakan hal yang penting agar Anda bisa mengatasi masalah jerawat tersebut secara lebih tepat. 

Sebab masing-masing jenis jerawat memiliki cara penanganan yang berbeda. Untuk lebih jelasnya seputar jenis dan cara mengatasi jerawat maka dalam artikel ini akan diberikan beberapa informasinya.

Iklan dari HonestDocs
Standard Facial 1 Kali Di Reface Clinic

Sudah termasuk cuci wajah, peeling, ekstrak komedo, dan masker.

Standard facial 1x di reface clinic

Mengenal Jenis-Jenis Jerawat 

Blackhead dan Whitehead (Komedo)

Selama ini banyak orang yang memiliki masalah dengan komedo. Sebetulnya komedo merupakan jenis jerawat dasar yang muncul ketika minyak maupun sel-sel kulit mati bercampur lalu menyumbat pori-pori kulit wajah. Komedo tersebut akhirnya menimbulkan benjolan. 

Ketika komedo berada di bawah kulit maka kepala komedo akan berwarna putih sehingga disebut whitehead atau komedo tertutup. Sedangkan untuk komedo terbuka yang muncul di permukaan maka kepala komedo berwarna hitam dan disebut dengan blackhead. Biasanya warna hitam pada komedo blackhead tersebut disebabkan oleh debu yang menempel di kulit wajah.

Papula

Pori-pori yang teriritasi serta komedo yang meradang akan memicu munculnya jerawat yang semakin besar sehingga menimbulkan papula. Papula adalah benjolan kecil yang berwarna merah di kulit. Ketika Anda mencolek jerawat papula maka bisa menimbulkan bekas luka sesudah sembuh.

Pustula

Jenis jerawat ini adalah komedo yang meradang. Biasanya pustula muncul dengan dasar berwarna merah serta kepala putih. Pustula juga dipenuhi oleh nanah dan saat anda mencuilnya maka bisa menimbulkan luka parut yang cukup dalam. Ketika Anda menyentuh kulit wajah anda maka akan terasa kasar seperti sedang menyentuh amplas.

Nodul

Jenis jerawat ini merupakan jerawat yang lebih serius. Nodul tersebut terbentuk di bawah kulit lalu menjadi komedo yang akhirnya meradang dan mengeras. Nodul dapat menimbulkan rasa sakit namun setelah bintil menghilang maka akan muncul bekas luka berwarna gelap atau merah.

Jerawat Kistik atau Jerawat Batu

Jenis jerawat ini memang mirip dengan nodul namun ukurannya lebih besar. Jerawat kistik terbentuk di dalam kulit dalam yang dipenuhi oleh cairan jenih atau nanah. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Biasanya jerawat batu yang lunak akan terasa menyakitkan serta meninggalkan bekas luka sesudah bintilnya hilang. Selain itu, jerawat batu juga terlihat mencolok dan sering membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Cara Mengobati Jerawat Sesuai Jenisnya

Untuk mengobati jerawat bisa disesuaikan dengan tingkat keparahan jerawat tersebut. Berikut ini akan dijelaskan cara mengobati jerawat sesuai jenisnya yang perlu anda ketahui.

Jerawat Ringan

Jenis jerawat ringan diantaranya meliputi whitehead, blackhead dan pustula kecil. Adapun pengobatan jerawat ringan ini bisa dilakukan dengan cara mencuci wajah menggunakan air bersih yang hangat dan gunakan cleanser ringan sebanyak dua kali sehari agar mengontrol minyak berlebih. 

Oleskan juga benzoil peroksida pada kulit yang berjerawat agar membantu mengatasi masalah minyak berlebih. Anda bisa mengoleskan asam salisilat dan sulfur untuk mengatasi whitehead maupun blackhead. Bila Anda sudah melakukan perawatan ini selama 8 minggu namun tak kunjung menunjukkan perubahan maka silakan konsultasikan pada dokter.

Jerawat Sedang Hingga Parah

Jenis jerawat tingkat sedang sampai parah yaitu whitehead, blackhead, nodul dan papula. Jenis jerawat ini bisa diobat dengan perawatan yang lebih rumit. Bahkan dokter juga akan menganjurkan pada anda agar memakai antibiotik topikal atau asam retinoat berupa krim atau lotion. Selain itu gunakan juga benzoil peroksida dengan cara dioleskan pada jerawat untuk mengatasi gejala jerawat tersebut.

Jerawat Parah

Jenis jerawat parah yang dimaksud adalah jerawat batu yang dalam sehingga memerlukan perawatan yang rumit. Biasanya jerawat ini harus diobati dengan bantuan dermatologis yang juga disertasi antibiotik oral. 

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How to get rid of pimples fast: Home remedies and prevention. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/326183)
A review of diagnosis and treatment of acne in adult female patients. National Center for Biotechnology Information. (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5986265/)
Back acne: How to get rid of it and how to prevent it. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/318548)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app