Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Japanese Knotweed: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.228.377 orang

Japanese Knotweed memiliki nama ilmiah Fallopia japonica merupakan tanaman yang tumbuh sekitar 10 centimeter dalam sehari. Tanaman ini berasal dari Asia Timur yang habitat aslinya berada di sisi pegunungan berapi, tetapi saat ini sudah menyebar di banyak tempat dan dapat ditemukan oleh masyarakat.

Japanese knotweed juga dikenal sebagai Polygonum Cuspidatum Rhizoma atau Hu Zhang yang digunakan pada pengobatan Tiongkok karena memiliki banyak kemampuan penyembuhan yang kuat. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat yaitu akarnya karena mengandung beberapa senyawa yang penting.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Tanaman ini mengandung banyak resveratrol yang telah dianggap sebagai salah satu senyawa anti-penuaan terbaik. Selain itu, digunakan sebagai obat untuk mengatasi bronkitis, batuk, sakit gusi, dan sakit tenggorokan

Beberapa orang juga menggunakannya untuk mengurangi keringat yang disebabkan TBC dan menghentikan pendarahan.

Japanese knotweed dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk seperti bubuk, tablet, rebusan, teh, kapsul dan bentuk lainnya.

Kandungan senyawa Japanese Knotweed

Japanese knotweed memiliki beberapa kandungan, yaitu:

  • Resveratrol
  • Stilbene
  • Glikosida (physcion, emodin, antrakuinon, chrysophanol)
  • Catechin
  • Asam protocatechuic
  • 2-methoxy-6-acetyl-7-methyljuglone,
  • β-sitosterol glucoside
  • torachrysone-8-OD-glucoside
  • Glukosa
  • Rhamnose
  • Asam amino
  • Tembaga dan Seng
  • Antioksidan

Manfaat penggunaan Japanese Knotweed

Japanese knotweed memiliki sifat  anti penuaan dan anti inflamasi. Tentu saja memiliki banyak ragam manfaat yang berguna untuk Anda, yaitu:

Melindungi jantung

Japanese Knotweed dipercayai sebagai resveratrol yang dapat melawan penyakit jantung dan komplikasi kardiovaskular seperti kolesterol tinggi, dengan begitu menambahkan tumbuhan ini didalam olahan masakan anda dapat melindungi kualitas jantung,  

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Mencegah Kanker

Resveratrol yang terkandung dalam Japanese knotweed memiliki efek mencegah kanker, resveratrol telah terbukti memiliki sifat yang dapat mencegah penyakit kanker dari berbagai bentuk, seperti payudara, prostat, usus besar, tiroid dan pankreas.

Hal tersebut terjadi karena karsinogen kimia menginduksi sel manusia, tetapi resveratrol tidak dapat melawan penyakit kanker paru-paru dikarenakan karsinogen dalam asap rokok yang tidak dapat dilawan

Melawan penyakit Alzheimer atau Demensia

Konsentrasi yang terdapat didalam kandungan Japanese knotweed telah terbukti memiliki pencegahan terhadap penyakit Alzheimer atau demensia.

Menurut PubMed, Institut Penelitian Medis Feinstein, New York menyatakan bahwa resveratrol memiliki sifat menguntungkan terhadap proses neurodegenerative. Hasil penelitian ini terbukti efektif digunakan untuk penderita penyakit Alzheimer

Membantu mempercepat penyembuhan luka

Ekstrak japanese knotweed yang memiliki kandungan polygonum cuspidatum digunakan sebagai pengobatan untuk menginduksi penyembuhan luka di berbagai negara, contohnya di Cina tahun 2012.

Peneliti mulai menyelidiki aktivitas penyembuhan luka dari kandungan tersebut, hasil penelitiannya menunjukan tingkat penyebuhan luka pada suatu kelompok yang diobati dengan ekstrak polygonum cuspidatum secara signifikan mengalami kenaikan lebih tinggi dan pita kolagen menjadi lebih teratur.

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Simvastatin berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada pasien – pasien dislipidemia. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Selain itu membuat banyaknya fibroblast dan folikel rambut, serta lebih sedikit sel inflamasi karena ekstrak ini dioleskan pada luka dan mempercepat penyembuhan.

Mencegah Virus Flu

Kandungan japanese knotweed seperti polygonum cuspidatum, resveratrol, dan emodin telah ditemukan secara efektif dapat menghambat replikasi virus influenza, khususnya virus influenza A, termasuk strain seperti H1N1.

Menurunkan Tekanan Darah

Knotweed Jepang telah diteliti oleh para ilmuwan mengandung antrakuinon yang mampu menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

Menurunkan gula darah

Salah satu studi telah menyatakan bahwa Japanese knotweed dipercaya dapat menurunkan gula darah karena tanaman apabila dikonsumsi dapat membantu mengatur gula darah dan meningkatkan sensitive insulin

Memiliki banyak vitamin

Japanese knotweed mengandung vitamin A dan vitamin C yang merupakan antioksidan yang kuat

Efek samping penggunaan Japanese Knotweed

Penggunaan dengan dosis yang besar dapat menyebabkan efek samping seperti diare, muntah, mual, sakit perut, dan mulut kering. Ibu hamil dan menyusui tidak boleh menggunakan Japanese knotweed.

Japanese knotweed dapat meningkatkan risiko perdarahan saat diminum dengan obat yang meningkatkan risiko perdarahan, seperti aspirin, antikoagulan atau pengencer darah, warfarin atau heparin, obat antiplatelet clopidogrel, dan obat antiinflamasi non-steroid seperti ibuprofen atau naproxen.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp