Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
AHMAD MUHLISIN

Interlac: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: NOV 11, 2019 Tinjau pada NOV 11, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.322.845 orang

Interlac adalah suplemen makanan, isinya terdiri dari bakteri lactobacillus reuteri protectis, Minyak bunga matahari (Sunflower oil), medium chain triglyceride oil, dan anti caking agent (silicon dioxide), yang telah disetujui dan diuji klinis sangat efektif dan aman untuk bayi dan anak-anak. Manfaat dari interlac sendiri yaitu untuk kesehatan saluran pencernaan anak-anak atau sebagai obat antidiare. Interlac tersedia dalam bentuk botol ukuran 5 ml.

Mengenal Obat Interlac

Interlac atau yang lebih kita kenal dengan interlac probiotic adalah suplemen yang tujuannya untuk memelihara kesehatan fungsi pencernaan pada neonatus, bayi prematur, anak, dan dewasa. Selain itu bisa juga untuk membantu mengurangi dan mencegah diare, regurgitasi, kolik, konstipasi, efek samping yang berhubungan dengan antibiotik, dan meningkatkan fungsi sistem imun.

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Interlac tersedia dalam berbagai bentuk sediaan:

  • INTERLAC ORAL DROP 5ML
  • INTERLAC TABLET KUNYAH
  • INTERLAC SERBUK PROBIOTIK

Apa itu probiotik? Probiotik merupakan suplement makanan sama seperti halnya vitamin dan mineral. WHO (world health organization/badan PBB yang mengurusi masalah kesehatan) memberikan definisi mengenai probiotik sebagai, mikroorganisme hidup dengan jumlah yang cukup dan lebih penting lagi mampu mendatangkan manfaat di dalam tubuh manusia.

Inilah beberapa komposisi dari Interlac Probiotic:

Bakteri 

Lactobasillus reuteri protectis adalah nama yang diberikan pada bakteri probiotik, patennya dimiliki oleh BioGaia. Karena Lactobasillus reuteri protectis terbentuk secara sangat alami, tanpa dicampuri dengan bahan kimia berbahaya, maka dengan unik bakteri ini mampu beradaptasi tinggal di dalam tubuh manusia. Selain dapat memberikan perlindungan kesehatan tubuh, lactobasillus reuteri protectis dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan bakteri probiotik yang bermanfaat untuk tubuh.

Minyak Biji Bunga Matahari (sunflower oil)

Iklan dari HonestDocs
Beli L-BIO 30 SACH via HonestDocs

Berfungsi melindungi sistem pencernaan & memperbaiki fungsi normal saluran pencernaan saat diare, konstipasi, dan penggunaan antibiotika jangka panjang pada bayi, anak-anak ataupun dewasa. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Selain bakteri baik Lactobasillus reuteri protectis, interlac juga terdiri dari minyak bunga matahari (sunflower oil). Dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau minyak ini diperoleh dari biji bunga matahari, dihasilkan dengan cara di ekstrak minyak bunga matahari diketahui mempunyai kandungan nutrisi yang cukup seimbang, sehingga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain vitamin A dan beta-karoten, terdapat pula kandungan vitamin E dan lemak sehat Omega-6.

Silicon Dioxide

Silikon dioksida (SiO 2), juga dikenal sebagai silika, adalah senyawa alami yang terbuat dari dua bahan paling banyak di bumi: silikon (Si) dan oksigen (O 2 ).

Paling sering dikenali dalam bentuk kuarsa, silikon dioksida ditemukan secara alami di air, tumbuhan, hewan, dan di dalam Bumi. Kerak bumi terdiri dari 59 persen silika, dan membentuk lebih dari 95 persen bebatuan yang dikenal di planet ini. Saat Anda duduk di pantai, silikon dioksida berbentuk pasir yang berada di antara jari-jari kaki Anda. Silikon dioksida bahkan ditemukan secara alami di jaringan tubuh Anda, meskipun tidak jelas apakah berfungsi secara fisiologis atau tidak.

Amankah silika ini dikonsumsi manusia?

Karena ditemukan hampir di semua tempat di bumi, dan silikon dioksida juga bahkan ada dalam makanan dan suplemen, maka silika ini aman.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Pertama, sebagai bahan tambahan makanan, silikon dioksida berfungsi sebagai agen anticaking. Digunakan untuk mencegah penggumpalan. Dalam suplemen, ini digunakan untuk mencegah berbagai bahan bubuk agar tidak saling menempel. Seperti banyak bahan tambahan lainnya yang biasa kita temukan dalam label makanan, konsumen sering khawatir menemukan silikon dioksida pada label produk.

Namun, banyak penelitian menemukan tidak ada risiko kesehatan yang terkait dengan ramuan ini. Silikon dioksida ditemukan secara alami di banyak tanaman. Misalnya sayuran berdaun hijau, paprika, beras merah, gandum, dan alfalfa.

Medium Chain Triglyceride Oil

Trigliserida rantai menengah atau medium chain triglyceride (MCT) adalah lemak buatan manusia. Nama ini mengacu pada cara atom karbon diatur dalam struktur kimianya. MCT umumnya dibuat dengan mengolah minyak kelapa dan minyak sawit di laboratorium. Lemak makanan biasa, sebagai perbandingan, adalah trigliserida rantai panjang (long-chain triglycerides). Orang pada umumnya menggunakan MCT sebagai obat.

MCT digunakan bersamaan dengan pengobatan biasa untuk mengobati gangguan penyerapan makanan termasuk diare, steatorrhea ( gangguan pencernaan lemak ), penyakit seliaka, penyakit hati, dan masalah pencernaan akibat operasi parsial, operasi pengangkatan lambung (gastrectomy) atau usus ( sindrom usus pendek ).

Indikasi dan Kegunaan

Interlac obat apa? Seperti telah dijelaskan di atas, probiotik ini dapat berguna untuk:

  • Menjaga kesehatan fungsi pencernaan pada bayi baru lahir, orang dewasa, anak-anak dan bayi prematur.
  • Meredakan & mencegah diare, nyeri, regurgitasi, konstipasi.
  • Meningkatkan fungsi sistem imun.

Dosis Interlac dan Cara Pemakaian

Berikut anjuran pakai probiotik Interlac:

  • Untuk pemakaian interlac oral drop, dosis yang di rekomendasikan adalah 5 tetes sehari.
  • Untuk pemakaian interlac tablet kunyah, dosis yang di rekomendasikan adalah 1 x sehari 1 tablet.
  • Dalam satu dosis obat ini terdiri dari 100 juta lactobasillus reuteri protectis hidup.
  • Penting untuk diingat, sebelum digunakan sebaiknya di kocok terlebih dahulu.
  • Cukup 5 tetes sehari jangan lebih kecuali atas rekomendasi dari dokter.
  • Dapat diberikan bersama, atau tanpa makanan.
  • Interlac ini tidak boleh digunakan sebagai pengganti makanan yang bervariasi.

Efek Samping Interlac

Umumnya ditoleransi baik oleh tubuh. Efek samping tidak ada atau belum diketahui hingga kini. Namun apabila pengguna mengalami gejala alergi seperti gatal-gatal, ruam pada kulit, pembengkakan pada bibir, wajah, mata, dan sesak nafas, maka segera hubungi dokter.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Pencarian yang sering mengarah ke halaman ini
interlac interlac obat apa interlac drop obat interlac interlac adalah