Inilah 6 Penyebab Nyeri Rahang Yang Sebaiknya Anda Ketahui

Dipublish tanggal: Agu 7, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Rahang merupakan salah satu bagian pendukung organ mulut Anda yang juga memiliki banyak fungsi. Namun, bagian ini terkadang juga mengalami beberapa masalah seperti rasa nyeri/sakit karena hal tertentu.

Nyeri rahang akan berpengaruh pada kemampuan seseorang ketika makan dan berbicara serta tertawa. Namun, apakah yang bisa menyebabkan rahang terasa nyeri ? 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Anda harus mengetahui dan memahaminya agar nantinya bisa mengetahui bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul pada rahang Anda. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya nyeri rahang yang paling umum

Rasa nyeri yang timbul di rahang Anda kemungkinan besar bisa terjadi karena adanya kelainan atau pun terjadinya cedera di bagian sendi rahang tersebut, khususnya di bagian persendian temporomandibular (TMJ). 

TMJ merupakan kumpulan sendi dan otot pada rahang yang berfungsi untuk membuka serta menutup mulut ketika sedang mengunyah, berbicara dan menelan. 

Persendian tersebut mengendalikan gerakan rahang bagian bawah ketika bergerak ke depan, ke belakang, serta ke samping.

Persendian TMJ yang terasa nyeri pada umumnya biasanya diakibatkan oleh kebiasaan menggertakkan gigi atau bruxism ketika seseorang sedang tidur atau sedang mengalami stres, arthritis, cedera atau trauma benturan di bagian rahang, kepala, serta leher. 

Rasa nyeri tersebut juga bisa terjadi akibat adanya luka di bagian sendi rahang dan penggunaan yang berulang. Gejala dari dan gangguan pada persendian TMJ ini misalnya sebagai berikut :

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31
  • Adanya rasa nyeri di bagian rahang;
  • Adanya rasa sakit di bagian dalam telinga dan sekitarnya;
  • Anda akan mengalami kesulitan atau rasa yang tidak nyaman ketika sedang mengunyah;
  • Rasa nyeri di wajah; dan
  • Terkuncinya persendian yang akan mengakibatkan mulut Anda menjadi sulit untuk membuka dan menutup.

Beberapa penyebab lain dari timbulnya rasa nyeri di rahang Anda

Rasa nyeri pada rahang bisa saja terjadi bukan hanya karena gangguan pada persendian TMJ Anda. Berikut ini adalah beberapa penyebab lainnya dari nyeri di rahang dan area sekitarnya :

Adanya gangguan pada gigi;

Gangguan kesehatan gigi bisa berupa penyakit gusi(gingivitis/periodontitis), gigi yang berlubang, adanya celah gigi, gigi rusak, distorsi gigi serta gigi yang tidak rata.

Sakit kepala cluster;

Sakit kepala ini merupakan jenis sakit kepala yang sangat menyakitkan. Rasa sakit akibat sakit kepala cluster ini akan tetap, kuat, dan tidak berdenyut serta terasa jauh di dalam kepala/area sekitar mata di salah satu sisi kepala Anda dan kerap berpindah ke bagian lainnya seperti dahi, pelipis, pipi hingga ke rahang.

Sinusitis;

Ini merupakan terjadinya peradangan/pembengkakan di jaringan sinus dekat persendian rahang. Penyakit sinus normal akan terdapat lapisan lendir tipis yang bisa memerangkap debu, kuman/partikel lain di udara. 

Apabila sinus tersumbat, kuman akan tumbuh yang kemudian mengakibatkan terjadinya infeksi dan mengakibatkan tekanan di persendian rahang. 

Tekanan tersebut menyebabkan rasa sakit di area rahang tadi. Peradangan pada sinus terjadi akibat serangan virus, bakteri/jamur. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Serangan jantung;

Gangguan kesehatan ini bisa menyebabkan nyeri rahang disertai dengan rasa sakit pada tubuh bagian atas (dada, lengan, punggung, leher). 

Terutama pada kaum hawa, yang mungkin terasa di sisi kiri bagian wajah ketika terjadi serangan jantung

Apabila Anda mendapati beberapa gejala, misalnya seperti rasa nyeri di bagian dada, sesak napas, berkeringat, merasa mual, dan merasa mau pingsan, sebaiknya Anda segera pergi ke rumah sakit terdekat atau segeralah hubungi dokter.

Osteomielitis;

Osteomielitis merupakan salah satu infeksi bakteri yang terjadi di bagian tulang, sumsum tulang serta jaringan lunak yang terdapat di sekitar tulang. 

In terjadi ketika bakteri masuk ke dalam tulang lewat aliran darah setelah Anda mengalami beberapa hal tertentu, misalnya patah tulang, bisul, rusaknya kulit, infeksi telinga di bagian tengah, pneumonia, atau pun mengalami beberapa infeksi lainnya. 

Penyakit ini bisa terjadi dengan cepat, terasa begitu menyakitkan dan dapat terjadi secara perlahan dimana rasa sakitnya hanya terasa sedikit.

Neuralgia trigeminal;

Neuralgia trigeminal merupakan istilah ilmiah dari kondisi medis nyeri wajah. Kondisi ini adalah kondisi kelainan yang terjadi di saraf trigeminal yang terdapat di dekat pelipis Anda, kondisi ini bisa mengakibatkan timbulnya rasa sakit di bagian rahang Anda. Walaupun begitu, ternyata kondisi Neuralgia trigeminal ini jarang terjadi.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app