Doctor men
Ditinjau oleh
SCIENTIA INUKIRANA

Sakit Wajah - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: OCT 21, 2019 Tinjau pada OCT 21, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 668.997 orang

Sakit wajah merupakan sakit yang dirasakan pada tiap bagian wajah, termasuk bibir dan mata. Meskipun hal ini normalnya terjadi saat cedera atau sakit kepala, sakit wajah bisa juga disebabkan oleh kondisi medis serius.

Penyebab paling banyak dari kasus sakit wajah tidaklah berbahaya. Namun jika mengalami sakit wajah yang tidak diketahui apa penyebabnya, segera datangi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.

Penyebab sakit wajah

Nyeri wajah dapat terjadi karena apapun mulai dari infeksi hingga kerusakan saraf pada wajah. Beberapa penyebab umum sakit wajah yaitu:

  • Infeksi rongga mulut
  • Borok atau luka terbuka terutama pada area kepala
  • Abses, kumpulan nanah di bawah jaringan permukaan kulit di dalam mulut
  • Abses kulit, kumpulan nanah di bawah jaringan permukaan kulit
  • Sakit kepala
  • Cedera wajah
  • Sakit gigi
  • Migrain
  • Sinusitis, peradangan rongga sinus
  • Infeksi sinus
  • trigeminal neuralgia
  • peningkatan tekanan intracranial (tekanan didalam rongga kepala)
  • Gangguan saraf
  • Herpes zoster atau sakit ruam saraf
  • tumor yang menekan syaraf wajah

Penyebab lebih serius dari sakit wajah yaitu:

Beberapa orang sering menggambarkan sakit wajah seperti kram, menusuk atau nyeri. Nyeri dari area lain pada tubuh, seperti telinga atau kepala, mungkin meradiasi atau menyebar ke wajah Anda.

Jenis sakit wajah

Jenis pasti dari sakit wajah yang Anda rasakan tergantung dari penyebabnya. Nyeri akibat kelelahan atau berdenyut pada salah satu sisi wajah Anda atau sekeliling bibir Anda, seperti sakit gigi, gigi berlubang atau abses. Jika Anda mengalami sakit wajah jenis ini segera periksakan ke dokter gigi.

Sakit wajah yang berhubungan dengan sinusitis terasa seperti tekanan atau rasa nyeri di seberang depan tulang pipi dan di bawah mata. Abses dan luka sering berdenyut pada lokasi sakit wajah. Sakit kepala dan cedera dapat terasa seperti sensasi menusuk atau dapat berdenyut dan terasa nyeri.

Karena terdapat banyak penyebab sakit wajah, periksakan diri ke dokter jika mengalami rasa sakit tak tertahankan atau tanpa sebab yang jelas.

Kapan nyeri wajah dianggap darurat?

Jika Anda mengalami nyeri wajah yang muncul tiba-tiba  dan menyebar dari dada atau lengan sebelah kiri, segera hubungi 911. Hal ini mungkin tanda dari akan terjadinya serangan jantung.

Nyeri wajah dengan

  • kelemahan sisi tubuh
  • demam tinggi
  • kelemahan pada otot wajah atau pelo
  • kehilangan kesadaran
  • kehilangan penglihatan

Sakit wajah biasanya bukan sebuah darurat medis dan Anda dapat sering menerima perawatan pada jadwal pemeriksaan yang rutin dengan dokter.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat v2

Diagnosis sakit wajah

Ketika mengunjungi dokter Anda, pastikan jika Anda mengatakan hal-hal berikut:

  • Bagian wajah mana yang terasa sakit
  • Seberapa sering Anda merasakan sakit
  • Dimana rasa sakit datang secara pasti
  • Seperti apa rasa sakit yang Anda rasakan
  • Berapa lama rasa sakit bertahan
  • Apa yang meredakan rasa sakit
  • Gejala lain yang Anda alami

Dokter Anda mungkin menyarankan tes pencitraan seperti sinar X atau MRI untuk memastikan diagnosis. Tes pencitraan ini berguna dalam mendiagnosis masalah dalam tulang, otot dan jaringan. Dokter Anda dapat juga menggunakan sinar X untuk memeriksa sinus.

Dokter Anda mungkin mengambil sampel darah untuk memeriksa adanya infeksi tertentu. hal ini adalah prosedur dengan sakit minimal yang melibatkan pengambilan darah dari lengan Anda.

Jika gejala Anda menunjukkan kemungkinan kondisi mata atau jika dokter Anda perhatian Anda mungkin memiliki masalah dengan jantung, mereka akan menyarankan beberapa tes.

Sakit mata

Jika kondisi mata adalah penyebab dari nyeri mata, dokter Anda akan merekomendasikan Anda pada dokter mata yang akan memberikan Anda pemeriksaan tonometri.

Untuk pemeriksaan ini, dokter Anda akan memberikan tetes mata yang dapat membuat matirasa pada tiap sisi mata. Kemudian, mereka akan menempatkan potongan kecil kertas yang mengandung pewarna oranye pada bola mata Anda.

Dokter mata Anda akan menggunakan lampu celah yang mengiluminasi mata Anda untuk memeriksa kornea Anda dan bagian lain mata Anda jika ada kerusakan. Tes ini cukup efektif untuk mendiagnosa luka dan glaukoma.

Sakit wajah disebabkan oleh jantung

Elektrokardiogram mungkin diperlukan untuk mengetahui jika jantung Anda menyebabkan masalah ini. Untuk tes ini, monitor elektrode kecil dan tidak menyebabkan rasa sakit ditempatkan pada dada, lengan dan kaki Anda.

Monitor ini dihubungkan pada mesin elektrogram yang mana membaca aktifitas elektrik jantung Anda. Tes ini berguna dalam mendiagnosis serangan jantung atau ritme jantung yang tidak normal.

Penanganan sakit wajah

Sakit wajah umumnya perlu dicari tahu penyebab pastinya dengan pemeriksaan fisik dan penunjang diagnostik. Dokter Anda akan menentukan pilihan penanganan untuk sakit wajah Anda berdasarkan penyebabnya. Sakit disebabkan oleh infeksi seperti sinusitis umumnya menghilang setelah penggunaan antibiotik atau membiarkan infeksi sembuh dengan sendirinya.

Sakit wajah disebabkan oleh infeksi virus seperti sakit ruam saraf mungkin dikaitkan dengan ruam. Pada beberapa kasus, sakit hilang dengan sendirinya tanpa penanganan khusus dalam beberapa hari hingga beberapa minggu.

Pada beberapa kasus lain, nyeri saraf mungkin bertahan selama beberapa bulan. Resep obat antivirus seperti acyclovir dan valacyclovir mungkin memperpendek durasi ruam, namun dokter Anda mungkin menggunakan obat lain untuk mengobati nyeri saraf secara spesifik yang bertahan.

Jika nyeri wajah disebabkan gangguan rongga mulut, dokter gigi Anda dapat mengobatinya dengan meresepkan antibiotik, mencabut gigi Anda atau melakukan saluran akar.

Obat nyeri yang bebas dijual dapat mengobati sakit nyeri yang disebabkan oleh sakit kepala atau migrain. Bagaimanapun, terkadang sakit wajah yang disebabkan oleh sakit kepala  tidak bereaksi pada obat-obatan yang dijual bebas.

Dokter Anda mungkin akan meresepkan obat yang lebih kuat untuk meredakan nyeri jika hal ini terjadi pada Anda. 

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit