Ini Manfaat Durian bagi Kesehatan Tubuh

Buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas. Kemudian pada 200 gram durian mengandung 54 gram karbohidrat, 8 gram serat, 3 gram protein,. 10 gram lemak, 88 IU vitamin A, 40 mg vitamin C, 60 mg magnesium, 78 mg fosfor, dan kandungan mineral lainnya.
Dipublish tanggal: Sep 28, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Tinjau pada Okt 29, 2019 Waktu baca: 3 menit

Durian merupakan buah yang memiliki ciri khas tersendiri dan banyak digemari orang. Aromanya yang harum dan tajam membuat buah ini jadi idola bagi pecintanya. 

Meskipun kulit durian berduri, kandungan isi didalamnya sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh. Mulai dari vitamin, mineral, karbohidrat, lemak, hingga protein terdapat pada buah yang satu ini. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Tetapi perlu diperhatikan, meskipun rasa durian lezat, mengonsumsi buah-buahan ini tidak boleh berlebihan agar Anda dapat menikmati manfaat dari durian. 

Jika dilihat dari luar, durian tampak tidak menarik karena kulitnya yang berduri. Namun setelah dibuka dan dikonsumsi, ternyata durin memiliki banyak manfaat yang tidak semua orang ketahui. 

Buah ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat menangkal radikal bebas. Kemudian pada 200 gram durian mengandung 54 gram karbohidrat, 8 gram serat, 3 gram protein,. 10 gram lemak, 88 IU vitamin A, 40 mg vitamin C, 60 mg magnesium, 78 mg fosfor, dan kandungan mineral lainnya.

Kandungan dan manfaat durian

Berikut adalah penjelasan lebih rinci kandungan yang terdapat dalam durian:

1. Antioksidan

Durian memiliki kandungan yang cukup tinggi untuk antioksidan. Kandungan ini memiliki peran untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit kanker

Radikal bebas sendiri adalah molekul yang muncul akibat reaksi sisa metabolisme. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

2. Serat

Serat merupakan salah satu kandungan yang terdapat pada durian. Manfaat serat sendiri dapat menurunkan kolesterol, bagus untuk peredaran darah, baik untuk kesehatan jantung, dan untuk mencegah sembelit

3. Kalium

Kandungan kalium pada durian cukup baik. Manfaat dari kalium adalah untuk menjaga kesehatan otot, tulang, saraf, dan pembuluh darah. Bahkan kalium juga dapat menurunkan penyakit hipertensi

4. Vitamin

Durian mengandung vitamin dan asam folat yang dapat mencegah terjadinya anemia. Durian juga dapat mengurangi tekanan stress yang sering dialami ibu menyusui. 

Tetapi konsumsi buah ini tentu harus dengan aturan yang benar dan konsultasikan kepada dokter.

5. Fosfor

Fosfor ternyata juga terdapat pada durian. Fungsi dari fosfor sendiri menjaga kesehatan mulut dan gigi.

6. Karbohidrat

Kandungan karbohidrat dalam durian lumayan tinggi. Hal ini karena terdapat kandungan glukosa yang cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sumber tenaga bagi seseorang. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

Oleh karena itu untuk pengidap masalah pada gula darah tidak boleh mengkonsumsi durian terlalu banyak.

Perlu diketahui bahwa manfaat lain dari durian secara tradisional ternyata mampu menambah gairah dalam berhubungan seksual, meredakan demam, mengobati luka, hingga bagus untuk penyakit kuning

Hanya saja manfaat tersebut belum teruji secara klinis sehingga belum bisa diketahui dengan jelas kebenarannya. 

Sudah jatuh cinta dengan durian? perhatikan dulu hal ini

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya meskipun aroma durian sangat menggoda dan buahnya lezat untuk dinikmati, Anda harus mengetahui aturan mengkonsumsi buah ini dengan benar. 

Mengonsumsi buah ini secara berlebihan tentu tidak akan baik bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi durian:

  • Penderita diabetes. Untuk penderita diabetes sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah durian. Hal ini karena kadar glukosa cukup tinggi dalam durian. Sehingga bila dikonsumsi oleh penderita diabetes apalagi tanpa pengawasan dokter dikhawatirkan akan memperburuk kondisi si penderita diabetes. 
  • Ibu menyusui dan Ibu hamil. Untuk Ibu menyusui dan Ibu hamil ketika akan mengonsumsi durian lebih baik konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk menghindari mengkonsumsi durian secara berlebihan. Bila mengkonsumsi durian dalam jumlah yang berlebihan dikhawatirkan akan mengalami alergi baik pada ibu maupun bayi yang sedang disusui.
  • Bagi yang sedang dalam proses diet lebih baik membatasi mengkonsumsi buah durian.
  • Durian tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan bersama alkohol. Hal ini karena durian mengandung zat untuk menghambat kinerja enzim di saluran pencernaan ketika tubuh juga mencerna alkohol. Oleh karena itu bisa saja menyebabkan mual hingga muntah dan jantung berdebar secara tidak teratur.

Pada dasarnya durian memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Tetapi meskipun memiliki kandungan dan rasa yang lezat, mengkonsumsi durian tidak boleh berlebihan. 

Hal ini karena bisa menimbulkan kondisi yang tidak diinginkan terjadi pada tubuh. 

Konsumsi buah durian dalam jumlah yang normal dan bagi orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu wajib konsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengkonsumsi durian.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Durian Nutrition Facts and Health Benefits. Verywell Fit. (https://www.verywellfit.com/durian-fruit-nutrition-facts-4588715)
Durian: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. WebMD. (https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1458/durian)
Durian Fruit: Smelly but Incredibly Nutritious. Healthline. (https://www.healthline.com/nutrition/durian-fruit)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app