Pektin: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 17, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 3 menit

Golongan

Suplemen makanan

Kemasan

Tablet , kapsul

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Lambung & Saluran Pencernaan via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 4

Kandungan

Serat polisakarida

Apa itu Pektin?

Pektin adalah campuran dari polisakarida yang tidak dapat dicerna, sehingga tidak dapat dicerna oleh tubuh dalam bentuk alami. Namun, bentuk pektin yang diubah disebut modified citrus pectin (MCP) sehingga mengandung sifat-sifat yang memungkinkannya untuk dicerna.

Selain MCP, salah satu jenis pektin yang paling umum adalah apel pektin, serat larut yang terutama ditemukan dalam buah dengan nama yang sama, tetapi juga dapat berasal dari buah-buahan lain juga. Apel pektin biasanya dibuat menjadi suplemen makanan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai manfaat.

Kandungan Pektin pada makanan

Seperti disebutkan, kandungan pektin dapat ditemukan di berbagai sumber makanan. Dua sumber pektin penting termasuk:

  • Buah jeruk, seperti jeruk bali, lemon dan jeruk - Sebagian besar pektin dalam buah-buahan ini berada di kulit jeruk,
  • Pisang - Mereka adalah sumber pektin yang baik asalkan Anda tidak membiarkannya terlalu matang atau lunak sebelum memakannya.
  • Stroberi, blackberry, raspberry dan dewberry
  • Aprikot
  • Buah Ceri
  • Anggur
  • Plum

Unsur Pektin bagi kesehatan

Serat pektin lebih dari sekedar pengatur - serat kaya akan manfaat yang larut dalam air dan membantu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Sebagai serat larut, pektin bekerja dengan cara mengikat zat-zat berlemak di saluran pencernaan, termasuk kolesterol dan racun, dan mempromosikan eliminasi mereka. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Simvastatin via HonestDocs!

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ini berarti pektin bermanfaat bagi kemampuan detoksifikasi tubuh, membantu mengatur penggunaan gula dan kolesterol tubuh, dan meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

Pektin dapat mengurangi tingkat pencernaan lipid, yang dikaitkan dengan interaksi yang mengikat dengan komponen gastrointestinal tertentu. Ini memudahkan enzim pencerna lemak yang disebut lipase pankreas untuk dicerna. Ini membantu tubuh Anda memecah lemak menjadi asam lemak.

Manfaat Pektin pada beberapa penyakit

Kolesterol

Hingga saat ini kandungan pektin sangat bermanfaat untuk digunakan pada penderita kolesterol tinggi, trigliserida tinggi, dan untuk mencegah kanker usus besar dan kanker prostat.

Gangguan Pencernaan

Ini juga digunakan untuk diabetes dan penyakit refluks gastroesofageal (GERD). Penggunaan pektin bermanfaat untuk mencegah keracunan yang disebabkan oleh timbal, strontium, dan logam berat lainnya. Pektin juga digunakan untuk mengurangi pembilasan kulit yang terkait dengan penggunaan niasin.

Pektin untuk kulit Kandungan pektin juag bermanfaat pada kulit untuk melindungi luka mulut dan tenggorokan yang mentah atau berulserasi.

Tidak untuk diare Pektin digunakan selama bertahun-tahun dalam kombinasi dengan kaolin untuk mengendalikan diare. Namun, pada April 2003, FDA menemukan bahwa bukti ilmiah tidak mendukung penggunaan pektin untuk diare. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Kolestrol via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 29

Sejak April 2004, pektin tidak diizinkan sebagai agen anti-diare dalam produk-produk bebas.  

Bahan makanan Pektin digunakan sebagai bahan pengental dalam memasak dan membuat kue.

Interaksi pektin dengan obat lainnya

Antibiotik

Antibiotik seperti tetrasikilin berinteraksi dengan pektin yang dapat  menurunkan jumlah antibiotik tetrasiklin yang dapat diserap. Penggunaan pektin dengan antibiotik tetrasiklin dapat menurunkan efektivitas tetrasiklin. 

Untuk menghindari interaksi ini, konsumsipektin dua jam sebelum atau empat jam setelah minum antibiotik tetrasiklin.

Digoxin Pektin kaya akan serat serat. Serat dapat mengurangi penyerapan dan mengurangi efektivitas digoxin. Maka dari itu, obat digoxin diminum harus diminum satu jam sebelum atau empat jam setelah pektin untuk mencegah interaksi ini.

Lovastatin Lovastatin  digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol. Pektin dapat menurunkan seberapa banyak lovastatin  yang diserap tubuh dan mengurangi efektivitas lovastatin. Untuk menghindari interaksi ini, konsumsi pektin setidaknya satu jam setelah konsumsi lovastatin.

Efek samping Pektin

Efek samping yang ditimbulkan pada penggunaan pektin antara lain: • Kembung

Pektin diketahui menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit perut. Serat dalam pektin tidak dapat dicerna dan diserap dengan mudah karena tidak adanya enzim yang diperlukan secara alami yang memecah serat di usus kecil. 

Penumpukan serat di usus kecil dan besar dapat menyebabkan pembentukan gas hidrogen dan karbon dioksida.

• Nafsu makan menurun

Serat yang ditemukan dalam pektin bisa padat dan bisa mengembang di dalam perut.

• Diare

Karena pektin merupakan suplemen serat, kondisi ini menyebabkan diare, terutama jika asupan pektin tinggi.

• Mineral tubuh menurun

Saat serat dari pektin bergerak melalui sistem pencernaan, kondisi dapat menghalangi penyerapan mineral ke dalam aliran darah. Seperti gangguan serapan kalsium, magnesium, besi, seng dan beta-karoten21.


3 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app