Ini Bahayanya Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin D (Dari Tulang Rapuh Hingga Gagal Jantung)

Dipublish tanggal: Jul 22, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Ini Bahayanya Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin D (Dari Tulang Rapuh Hingga Gagal Jantung)

Apa Itu Vitamin D dan apa manfaatnya?

Tubuh membutuhkan makronutrien dan mikronutrien. Vitamin D adalah salah satu dari banyak mikronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk dapat tetap menjalani fungsinya. Vitamin D bermanfaat untuk:

  • Menyerap kalsium. Vitamin D, bersama dengan kalsium, membantu membangun tulang dan menjaga tulang tetap kuat dan sehat.
  • Menghalangi pelepasan hormon paratiroid. Hormon ini menyerap kembali jaringan tulang, yang membuat tulang menjadi lebih tipis dan rapuh.
  • Vitamin D juga dapat berperan dalam fungsi otot dan sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan adalah sistem pertahanan tubuh Anda. Sistem kekebalan tubuh  membantu melindungi tubuh terhadap infeksi dan penyakit lainnya. 

Bahaya Kekurangan Vitamin D

Mudah terserang penyakit akibat infeksi

Salah satu peran vitamin D yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sehingga Anda dapat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. 

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Vitamin D dapat secara langsung berinteraksi dengan sel-sel yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi.

Jika Anda sering sakit-sakitan, terutama karena pilek atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebab yang mendasarinya. 

Sebuah penelitian menunjukkan hubungan antara defisiensi vitamin D dan infeksi saluran pernapasan seperti pilek, bronkitis, dan pneumonia

Kelelahan

Sering merasa kelelahan dapat disebabkan oleh banyak faktor, dan salah satunya adalah kekurangan vitamin. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah dalam darah dapat menyebabkan kelelahan, sehingga dapat memiliki efek negatif parah terhadap kualitas hidup.

Nyeri tulang dan punggung

Vitamin D dapat membantu menjaga kesehatan tulang dengan meningkatkan penyerapan kalsium pada tubuh. Nyeri tulang dan nyeri punggung bagian bawah mungkin merupakan tanda-tanda kekurangan kadar vitamin D dalam darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Depresi

Depresi dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah dan beberapa penelitian telah menemukan bahwa penggunaan suplemen vitamin D dapat meningkatkan suasana hati.

Gangguan penyembuhan luka

Proses penyembuhan luka yang lambat setelah operasi atau cedera mungkin merupakan tanda bahwa kadar vitamin D dalam darah terlalu rendah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin meningkatkan produksi senyawa yang penting untuk membentuk jaringan baru sebagai bagian dari proses penyembuhan luka. 

Sayangnya, saat ini hanya ada sedikit penelitian mengenai efek suplemen vitamin D pada proses penyembuhan luka.

Tulang Keropos

Vitamin D berperan penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang.

Kebanyakan orang tua yang didiagnosis menderita osteoporosis percaya bahwa mereka perlu mengonsumsi lebih banyak kalsium. Namun, kenyataannya mereka mungkin kekurangan vitamin D.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Imboost force tablet 4

Kepadatan mineral tulang yang rendah merupakan indikasi bahwa tulang Anda telah kehilangan kalsium dan mineral lainnya. Kondisi ini menempatkan orang dewasa yang lebih tua, terutama wanita, mengalami peningkatan risiko patah tulang.

Rambut rontok

Rambut rontok sering dikaitkan dengan stres, yang memang merupakan penyebab umum. Namun, ketika rambut rontok yang terjadi sangat parah, hal itu mungkin disebabkan akibat penyakit atau kekurangan nutrisi. 

Rambut rontok pada wanita telah dikaitkan dengan kadar vitamin D yang rendah, meskipun saat ini hanya ada sedikit penelitian mengenai hal ini.

Alopecia areata adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan rambut rontok parah dari kepala dan bagian tubuh lainnya. 

Kondisi ini terkait dengan rakhitis, yang merupakan penyakit yang menyebabkan tulang lunak pada anak-anak karena kekurangan vitamin D.

Nyeri Otot

Ada hubungan antara nyeri kronis dan rendahnya kadar vitamin D dalam darah, yang mungkin disebabkan oleh interaksi antara vitamin dan sel-sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan impuls rasa sakit.

Kesimpulan

Kekurangan vitamin D adalah kondisi medis yang sangat umum dialami oleh banyak orang dan kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Gejala dari kondisi ini seringkali tidak spesifik, artinya sulit untuk mengetahui apakah mereka disebabkan oleh kadar vitamin D yang rendah atau sesuatu yang lain. 

Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti di atas, penting untuk memeriksakan diri Anda ke dokter.

Kekurangan vitamin D dapat memiliki manifestasi yang parah, namun untungnya kondisi ini sangat mudah untuk ditangani. 

Anda dapat meningkatkan paparan sinar matahari, makan lebih banyak makanan yang mengandung banyak vitamin D, seperti ikan berlemak atau produk susu yang diperkaya dengan vitamin D.

5 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Vitamin D Deficiency: Symptoms& Treatment. Cleveland Clinic. (https://my.clevelandclinic.org/health/articles/15050-vitamin-d--vitamin-d-deficiency)
Vitamin D Deficiency. MedlinePlus. (https://medlineplus.gov/vitaminddeficiency.html)
Vitamin D Deficiency: 9 Symptoms & Signs, 3 Causes, 4 Treatments. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/vitamin_d_deficiency/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app