Infected knee - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Infeksi lutut adalah kondisi medis serius yang seringkali memerlukan pengobatan yang cepat dan tepat. Ketika bakteri menginfeksi cairan sinovial yang melumasi sendi lutut Anda, infeksi yang disebut sendi septik dapat terjadi.

Infeksi lutut kadang-kadang terjadi sebagai komplikasi dari suatu operasi, peradangan, atau karena alasan lain. Pengobatan untuk infeksi lutut sangat bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Teruslah membaca artikel di bawah ini untuk mencari tahu tentang gejala, penyebab, dan pengobatan untuk infeksi lutut.

Iklan dari HonestDocs
Beli BLACKMORES CELERY 7000 via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores celery 7000 120 1

Apa yang menyebabkan lutut terinfeksi?

Infeksi lutut dapat terjadi karena cedera, operasi, infeksi Staphylococcus, dan infeksi di tempat lain di tubuh. Berikut adalah beberapa kondisi yang paling sering berkaitan dengan infeksi lutut.

Infeksi jaringan lunak
Infeksi jaringan lunak paling sering disebabkan oleh bakteri Staph. Bakteri ini biasanya hidup di kulit, bahkan ketika kulit Anda sehat, bakteri tersebut dapat memasuki area sendi lutut Anda melalui luka terbuka di lutut Anda.

Infeksi lutut setelah operasi
Operasi penggantian lutut adalah operasi umum yang tidak menimbulkan komplikasi bagi kebanyakan orang. Dalam kurang dari 1 persen dari operasi penggantian sendi, infeksi biasanya terjadi di sekitar area implan buatan.

Sendi buatan dapat terinfeksi pada saat operasi Anda, atau bahkan bertahun-tahun setelah operasi Anda. Operasi yang dilakukan untuk memperbaiki tulang rawan yang robek atau tendon juga dapat menyebabkan bakteri pada sendi lutut. Perbaikan ACL dan perbaikan meniskus adalah salah satu operasi lutut yang umum yang dapat menyebabkan infeksi.

Peradangan sendi bakteri
Peradangan sendi bakteri yang juga disebut artritis septik. Trauma pada sendi lutut Anda karena gigitan binatang, luka tusukan, atau infeksi yang ada pada kulit Anda dapat menyebabkan infeksi lutut jenis ini. Kondisi sendi yang ada, seperti rheumatoid arthritis, dan obat penekan kekebalan tubuh dapat meningkatkan risiko Anda terkena infeksi.

Bursitis lutut
Bursitis lutut adalah segala jenis peradangan yang mempengaruhi bursae di lutut Anda. Bursae adalah kantong berisi cairan yang melindungi dan menjaga lutut. Bakteri dapat menembus kantung tersebut dan membuat infeksi. Raa hangat dan pembengkakan kemudian terjadi saat infeksi menyebar ke seluruh sendi lutut Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Antiseptik via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 31

Osteomielitis
Kadang-kadang infeksi yang dimulai di bursae atau bagian lain dari lutut Anda dapat mencapai tulang. Cedera traumatis juga dapat menyebabkan infeksi. Infeksi tulang pada tulang tersebut disebut juga dengan osteomielitis.

Tanda dan gejala lutut yang terinfeksi
Gejala utama infeksi lutut adalah nyeri hebat setiap kali Anda mencoba menggerakkan sendi lutut. Gejala lain mungkin terjadi termasuk:

  • ketidakmampuan untuk menggerakkan lutut Anda karena sakit atau terasa kaku
  • menggigil dan mual
  • Demam yang berlangsung lebih dari 24 jam
  • bengkak di sekitar lutut Anda
  • kemerahan atau iritasi di lutut Anda

Bagaimana cara mencegah infeksi pada lutut?

Untuk mencegah terjadinya infeksi pada lutut, sebaiknya gunakan pengaman lutut saat melakukan aktivitas seperti berolahraga yang bertumpu pada lutut, dan aktivitas lainnya. Jika terdapat luka pada daerah lutut, bersihkan luka tersebut dengan baik agar terhindar dari infeksi.

Bagaimana cara mengatasi lutut yang terinfeksi?

Diagnosa
Infeksi lutut didiagnosis dengan menguji cairan di lutut Anda. Aspirasi cairan dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam ruang sendi yang terkena. Cairan yang dikeluarkan diuji untuk sel darah putih, virus, jamur, dan bakteri.

Tes darah sederhana juga dapat dilakukan untuk menentukan apakah Anda memiliki infeksi. Kadang-kadang pemeriksaan sinar-X dapat digunakan sebagai alat untuk menilai kerusakan sendi yang disebabkan oleh infeksi yang didiagnosis.

Pengobatan
Infeksi pada persendian Anda perlu ditangani oleh dokter. Mencoba untuk mengobati infeksi lutut di rumah dapat menyebabkan infeksi Anda menyebar ke aliran darah Anda, dan menyebabkan komplikasi yang parah.

Antibiotik
Setelah Anda di diagnosis, dokter Anda mungkin akan meresepkan obat antibiotik untuk menurunkan jumlah bakteri di lutut Anda dan mencegah infeksi.

Drainase sendi
Jika lutut Anda terinfeksi, Anda harus mengeluarkan cairan yang terinfeksi di sekitar sendi Anda. Prosedur lingkup yang disebut arthroscopy dapat digunakan untuk menyedot dan mengeluarkan cairan yang terinfeksi keluar dari tubuh Anda.

Dalam beberapa kasus, cairan dapat dihilangkan menggunakan jarum besar. Dalam kasus yang lebih serius di mana infeksi telah berkembang, Anda mungkin memerlukan operasi terbuka untuk mengeluarkan cairan yang terinfeksi serta jaringan yang rusak.


11 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Hanssen, A. (2002). Managing the infected knee: As good as it gets. The Journal Of Arthroplasty, 17(4), 98-101. https://doi.org/10.1054/arth.2002.32458. The Journal of Arthroplasty. (Accessed via: https://www.arthroplastyjournal.org/article/S0883-5403%2802%2900026-8/abstract)
Septic arthritis. MedlinePlus. (Accessed via: https://medlineplus.gov/ency/article/000430.htm)
Types of Bone & Joint Infections. NYU Langone Health. (Accessed via: https://nyulangone.org/conditions/bone-joint-infections/types)

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app