Human Growth Hormon: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 4 menit

Hormon pertumbuhan manusia dalam bentuk sintesis yang berperan penting memperbaiki kekurangan kadar hormon di tubuh Anda.

Human Growth Hormone (HGH) adalah hormon yang secara alami dihasilkan oleh tubuh manusia saat berada dalam usia pertumbuhan dan akan berkurang seiring bertambahnya usia. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

HGH diproduksi kelenjar hipofisis dan berperan penting terhadap regenerasi sel, pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan manusia yang sehat, termasuk otak dan berbagai organ vital.

Setelah disekresikan, HGH akan tetap aktif di dalam darah selama beberapa menit untuk memberikan waktu yang cukup bagi hati agar mengubahnya menjadi hormon pertumbuhan yang memiliki sifat mendorong pada setiap sel di dalam tubuh.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa pria cenderung merasakan tanda-tanda pertama kekurangan HGH setelah 35 tahun. Sedangkan kadar HGH pada wanita akan menurun di awal usia 20 tahun.

Rendahnya kadar hormon ini secara umum akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan rapuh, susah berkonsentrasi, dan mudah lupa. Meskipun dihasilkan secara alami oleh tubuh, HGH tersedia dalam bentuk sintesis dengan cara injeksi  untuk membantu mengatasi masalah kekurangan hormon pada tubuh.

Gejala rendahnya HGH

Rendahnya kadar hormon ini dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa. Gejala defisiensi atau rendahnya HGH yang terjadi pada anak, seperti:

  • Wajah terlihat jauh lebih muda dari anak-anak seusianya
  • Memiliki tubuh yang gemuk
  • Pertumbuhan rambut yang lambat
  • Pubertas yang tertunda bahkan tidak melewati masa pubertas
  • Tinggi badan lebih pendek dari anak seusianya

Gejala defisiensi atau rendahnya HGH yang terjadi pada orang dewasa, seperti:

Beberapa kondisi lain yang harus melakukan injeksi HGH, seperti:

  • Sindrom turner, wanita dengan kondisi karakteristik seksual yang kurang berkembang
  • Sindrom Prader-Will, gangguan genetik yang menyebabkan otot lemah, kesulitan makan, pertumbuhan buruk, dan keterlambatan perkembangan.
  • Sindrom Noonan, gangguan genetik yang mengganggu beberapa bagian organ tubuh tertentu.

Manfaat penggunaan Human Growth Hormon

Hormon pertumbuhan manusia dalam bentuk sintetis pertama kali dikembangkan pada 1980-an. Lalu, disetujui oleh FDA untuk penggunaan khusus pada orang dewasa dan anak-anak. Simak dibawah ini, manfaat penggunaan HGH sintetis bagi tubuh Anda.

Iklan dari HonestDocs
Beli Rozgra - Sildenafil Citrate 100MG via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Rozgra sildenafil citrate 100mg

1. Meningkatkan kekuatan otot

Hormon pertumbuhan manusia dikenal untuk meningkatkan kapasitas fisik melalui rangsangan sintesis kolagen pada otot rangka dan tendon, meningkatkan kekuatan otot dan sebagai hasilnya meningkatkan kinerja olahraga.

Pada sebuah studi, dilakukan pada 14 orang pria sehat usia 50 hingga 70 tahun yang dievaluasi kembali selama enam bulan. Hasilnya menunjukan bahwa terjadi peningkatan kekuatan otot secara signifikan  setelah diberikan HGH dan terjadi normalisasi kekuatan otot, peningkatan termoregulasi tubuh dan komposisi tubuh.

2.  Menyembuhkan patah tulang

Hormon bertanggung jawab untuk mengatur mineral dan metabolisme serta penyembuhan patah tulang. Pemberian HGH telah terbukti dapat mempercepat regenerasi tulang dan merangsang metabolisme tulang.

HGH juga memiliki peran penting dalam perbaikan keausan dan mempercepat penyembuhan tulang. Para peneliti telah menyatakan terdapat efek menguntungkan HGH dalam meningkatkan penyembuhan luka dan luka secara signifikan.

3. Menurunkan berat badan

Orang yang berbadan gemuk atau obesitas memiliki respons terbatas terhadap pelepasan rangsangan hormon pertumbuhan. HGH membantu mempercepat penurunan berat badan di tubuh dan meningkatkan sekresi hormon pertumbuhan

Pengobatan menggunakan HGH telah menunjukkan hasil positif pada orang dewasa yang kekurangan hormon pertumbuhan dalam mengobati obesitas secara alami.

Iklan dari HonestDocs
Beli Ericfil Tablet 100mg via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Ericfil 100 mg 4s 1

4. Mengatasi disfungsi ereksi dan impotensi

Menurut sebuah penelitian, menyatakan bahwa hormon pertumbuhan manusia bertanggung jawab atas fungsi reproduksi pria dan pematangan seksual. Terjadinya defisiensi menyebabkan hilangnya ereksi dan hasrat seksual.

Studi ini menunjukkan bahwa ereksi penis dapat diinduksi oleh HGH melalui cara stimulasi pada otot polos korpus kavernosum yang menjadikannya sebagai obat alami potensial untuk impotensi.

5. Meningkatkan fungsi kognitif dan Mood

Sebuah studi menyelidiki perubahan fungsi kognitif, suasana hati, dan konsentrasi dari awal setelah enam bulan pengobatan dengan menggunakan HG dengan  delapan belas pasien dewasa yang mengalami defisiensi hormon berpartisipasi dalam penelitian ini, HGH diberikan per minggu.

Hasilnya, fungsi kognitif dan suasana hati dapat meningkat secara signifikan setelah enam bulan melakukan terapi tersebut. Hal ini  menunjukkan bahwa pemberian HGH dapat menjadi pilihan pengobatan yang memungkinkan untuk meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati pada orang dewasa yang kekurangan hormon pertumbuhan.

6. Mengobati gejala akibat kurang tidur

Kurang tidur mengubah fungsi hipofisis dan hipotalamus,  dan mengubah waktu pelepasan hormon pertumbuhan. Pelepasan hormon pertumbuhan manusia menurun drastis dan secara nyata penurunan hormon pertumbuhan terjadi pada malam hari.

Sebuah studi menyatakan, bahwa kurang tidur dapat mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan di pagi hari dan dapat sangat mengganggu. Penggunaan HGH tentu saja dapat mencegah penurunan hormon dan mencegah gejala yang disebabkan akibat kurang tidur.

Efek samping penggunaan Human Growth Hormon

Efek samping yang terjadi pada beberapa orang dalam menggunakan HGH seperti nyeri otot, ketidaknyaman sendi, sakit kepala, dan terjadi pembengkakan pada tangan dan kaki. Menggunakan HGH juga dapat membuat kulit  menjadi tebal, kasar, dan berbulu.

Dosis penggunaan HGH secara berlebihan dapat menyebabkan nyeri otot atau sendi, menyebabkan pembengkakan, dan mengalami carpal tunnel syndrome.  Kadar HGH yang berlebih juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Penggunaan jangka panjang suntik HGH dapat menyebabkan kondisi akromegali yang akan mengalami pertumbuhan berlebih pada tulang, terutama di tangan, kaki, dan wajah. Penggunaan HGH pada orang dewasa tidak dapat menaikan tinggi badan.

Suntikan HGH digunakan untuk orang dewasa atau anak-anak yang kekurangan hormon pertumbuhan dan hanya boleh diresepkan oleh dokter. Suntikan HGH tidak dianjurkan untuk orang yang menderita tumor, kanker, sakit kronis, memiliki luka, dan komplikasi dari operasi.

Selain itu, penderita diabetes harus memperhatikan kadar gula darah saat  menggunakan HGH karena dapat mempengaruhi kadar insulin dalam tubuh.


17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Brian Wu, Human Growth Hormone (HGH) (https://www.medicalnewstoday.com/articles/312905), 16 September 2016.
NCBI, Human Growth Hormone (HGH) (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2657499/).

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app