Horsetail: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 15, 2019 Update terakhir: Mei 21, 2020 Waktu baca: 3 menit

Horsetail adalah sekelompok tanaman rumput dari keluarga Equisetaceae yang telah ada sejak 400 tahun lalu. Tanaman ini umumnya digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman obat. 

Horsetail dapat ditemukan tumbuh di tanah yang lembab di belahan bumi utara, termasuk Asia, Amerika Utara, dan Eropa.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Tanaman ini memiliki dua jenis batang yang berbeda. Batang pertama tumbuh di awal musim semi dan berwarna coklat hingga hijau serta memiliki kerucut yang mengandung spora di atasnya. Batang kedua tumbuh pada musim panas dengan batang bercabang, tipis, dan hijau yang terlihat seperti ekor berbulu.

Horsetail juga dikenal dengan nama Cavalinha, Coda Cavallina, Cola de Caballo, Common Horsetail, Corn Horsetail, Dutch Rushes, Equiseti Herba, Equisetum, Equisetum arvense, Equisetum giganteum, Equisetum myriochaetum, Equisetum hyemale, Equisetum telmateia, Field Horsetail, Giant Horsetail, Great Horsetail, Herbe à Récurer, Horse Herb, Horsetail Grass, Horsetail Rush, Horse Willow, Paddock-Pipes, Pewterwort, Prele, Prêle, Puzzlegrass, Scouring Rush, Souring Rush, Shave Grass, Shavegrass, Snake Grass, Spring Horsetail, Toadpipe.

Mengenai Horsetail

Golongan

Suplemen herbal

Kemasan

Kapsul, bubuk, tingtur, cream, lotions, jus dan teh

Kandungan

Vitamin C, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), Asam Pantotenat (vitamin B5), Pyridoxine (vitamin B6), folat, vitamin E, vitamin K, kalium, sodium, kalsium, magnesium, besi, seng, tembaga, senyawa fenolik, silika, asam kynurenic, styryl pyrone, dan klorofil.

Manfaat Horsetail

1.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Horsetail memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat melindungi tubuh terhadap invasi patogen dan zat asing yang dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh. Jika Anda dalam kondisi sakit atau proses penyembuhan dari suatu penyakit, mengonsumsi horsetail dapat menjadi pilihan Anda.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

2.Meningkatkan kesehatan tulang

Horsetail memiliki konsentrasi silikon alami yang tinggi, yang merupakan elemen kunci dalam melindungi kepadatan dan integritas mineral tulang seiring bertambahnya usia. Jika Anda berisiko tinggi terkena osteoporosis atau sudah menderita degradasi tulang, maka mengonsumsi horsetail adalah solusi mudah untuk meningkatkan kesehatan tulang

3.Meningkatkan daya ingat

Selain dapat meningkatkan daya ingat, horsetail juga bermanfaat untuk melindungi Anda dari gangguan kognitif seperti penyakit alzheimer dan demensia seiring bertambahnya usia.

4.Mengatasi peradangan

Senyawa analgesik dan anti-inflamasi yang ditemukan dalam herbal ini dapat dengan cepat meringankan gejala-gejala peradangan karena cedera, radang sendi, asam urat, atau kondisi lainnya.

5.Mengatasi masalah pernafasan

Horsetail dapat bertindak sebagai ekspektoran yaitu membersihkan lendir dan dahak tempat bakteri dapat tumbuh dan tumbuh. Herbal ini dapat membantu meredakan pilek dan gangguan pernafasan lainnya.

Selain itu, horsetail juga bermanfaat untuk mengobati diabetes, menjaga kesehatan ginjal, perawatan rambut, kulit, dan kuku, menyembuhkan luka, serta mengatasi edema.

Efek samping Horsetail

Horsetail mungkin tidak aman dikonsumsi dalam jangka panjang karena mengandung thiaminase yang dapat memecah vitamin tiamin. Efek samping yang ditimbulkan seperti sakit perut, diare dan peningkatan buang air kecil. Kemungkinan efek samping yang parah dapat mengindikasikan kerusakan ginjal dan memerlukan perhatian medis termasuk nyeri ginjal, nyeri punggung bawah, nyeri saat buang air kecil, mual dan / atau muntah. Terlalu banyak minum dapat menyebabkan jantung berdebar. Jika Anda khawatir dengan efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan horsetail, sebaiknya temui dan konsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Dosis Horsetail

Dosis penggunaan horsetail yang tepat dapat bergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kondisi kesehatan dan kondisi lainnya. Tidak ada informasi yang cukup mengenai dosis penggunaan herbal ini. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang tertera pada label produk atau konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Interaksi Horsetail

Sebaiknya Anda berhati-hati dengan kombinasi berikut:

Lithium berinteraksi dengan horsetail

Horsetail mungkin memiliki efek seperti pil air atau "diuretik." Mengonsumsi horsetail bersamaan dengan lithium dapat mengurangi seberapa baik tubuh menghilangkan lithium. 

Hal ini dapat meningkatkan jumlah lithium dalam tubuh dan menghasilkan efek samping yang serius. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda sebelum menggunakan produk ini jika Anda menggunakan lithium. Dosis lithium Anda mungkin perlu disesuaikan.

Perhatian

  • Tidak ada informasi yang cukup tentang keamanan penggunaan horsetail bagi ibu hamil dan menyusui, namun sebaiknya Anda menghindarinya jika dalam kondisi tersebut.
  • Hindari penggunaan horsetail bagi orang pecandu alkohol.
  • Hindari mengonsumsi horsetail jika Anda mempunyai alergi terhadap wortel dan nikotin.
  • Cermati kadar gula darah Anda sebelum menggunakan produk herbal ini.
  • Berhati-hatilah menggunakan horsetail jika Anda mempunyai risiko kekurangan kalium atau mempunyai kadar kalium yang rendah (hipokalemia).
  • Hindari penggunaan horsetail jika Anda mempunyai kadar tiamin yang rendah (defisiensi tiamin).
  • Silakan temui dan konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk herbal ini.

4 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Horsetail Benefits, Benefits, Side Effects, and Preparations. Verywell Health. (https://www.verywellhealth.com/horsetail-4692253)
Horsetail: Health Benefits, Uses, Side Effects, Dosage & Interactions. RxList. (https://www.rxlist.com/horsetail/supplements.htm)
Horsetail Uses, Benefits & Dosage Herbal Database. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/horsetail.html)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app