Persiapkan Hal ini Sebelum Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi

Dipublish tanggal: Agu 9, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit
Persiapkan Hal ini Sebelum Menjalani Perawatan Saluran Akar Gigi

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Perawatan saluran akar atau root canal treatment adalah suatu bentuk perawatan gigi dan mulut untuk mempertahankan gigi dengan memperbaiki gigi yang rusak dan mengobati adanya infeksi ataupun pembusukan pada area gigi tertentu
  • Perawatan saluran akar gigi umumnya tidak menyebabkan rasa sakit karena terkadang dilakukan bius lokal atau diberikan obat antibiotik sebelum perawatan. Tetapi hal tersebut bisa terjadi akibat infeksi gigi yang telah membusuk
  • Persiapan yang perlu dilakukan sebelum menjalani perawatan saluran akar antara lain berkonsultasi dengan dokter, tidak merokok ataupun minum minuman beralkohol, konsumsi makanan terlebih dahulu sebelum perawatan, serta kenakan pakaian yang nyaman saat menjalani perawatan saluran akar
  • Setelah menjalani perawatan saluran akar gigi ada baiknya untuk mengonsumsi makanan lunak seperti sup dan menghindari makanan keras dan lengket. Jangan pula mengunyah pada sisi mulut di mana perawatan saluran akar gigi baru dilakukan

Root canal treatment atau perawatan saluran akar gigi merupakan suatu metode bedah kecil yang dilaksanakan ketika infeksi yang mengakibatkan terjadinya pembusukan gigi sudah sampai membunuh gigi. 

Untuk mencegah penyebaran infeksi dalam pelaksanaan metode perawatan saluran akar, dokter akan mengangkat pulpa serta serabut-serabut saraf yang terkena infeksi dari bagian pusat gigi dan mengisi rongga pulpa.

Iklan dari HonestDocs
Booking Klinik Perawatan Saluran Akar via HonestDocs

Dapatkan diskon hingga 70% paket perawatan saluran akar hanya dari HonestDocs. Klik dan booking sekarang!

Ia d09 perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar dilakukan untuk mengawetkan gigi yang sudah membusuk, bukan kembali menghidupkannya. Biasanya perawatan saluran akar gigi dilakukan jika Anda menginginkannya atau atas saran dokter untuk mempertahankan keberadaan gigi tadi. Sehingga Anda tetap bisa memiliki struktur gigi lama, dibandingkan harus mencabut gigi yang busuk dan melakukan pemasangan gigi palsu.

Baca juga: Ingin Pasang Gigi Palsu Permanen (Implan)? Waspadai Efek Sampingnya

Apakah perawatan saluran akar ini terasa menyakitkan?

Perawatan saluran akar gigi tidaklah menyakitkan. Rasa sakit akan timbul akibat infeksi gigi busuk, bukan dari perawatannya. Karena sejatinya tujuan dari perawatan saluran akar (root canal treatment) adalah untuk menghilangkan rasa sakit tersebut. Ketika perawatan saluran akar dilakukan, dokter akan membius lokal daerah sekitar gigi tersebut. Namun, meski demikian Anda tetap harus mempersiapkan dengan matang sebelum datang ke dokter untuk melakukan perawatan saluran akar gigi ini.

Persiapan yang diperlukan sebelum perawatan saluran akar gigi

Konsultasilah ke dokter mengenai obat pereda rasa sakit Anda

Gigi yang telah mengalami infeksi, akan tetap merasakan sakit/ngilu ketika menjalani perawatan apapun. Dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik guna membersihkan infeksi gigi, mengurangi rasa sakit dan mempersingkat waktu penyembuhan. Obat tersebut harus Anda minum sesuai anjuran dokter (waktu dan dosisnya).

Anda juga perlu menginformasikan apa saja obat yang Anda konsumsi diluar obat dari dokter tadi, baik itu obat resep/non-resep. Biasanya Anda dilarang mengonsumsi aspirin 10 hari sebelum perawatan dan obat penghilang rasa sakit tepat sebelum perawatan saluran akar gigi Anda. Ini karena dokter akan membutuhkan Anda memberitahu di mana Anda merasakan nyeri gigi.

Apabila memang rasa sakitnya benar-benar parah, Anda diperbolehkan mengonsumsi obat analgesik non-narkotik (parasetamol/ibuprofen) beberapa jam sebelum perawatan saluran akar serta sesudahnya. Untuk informasi selanjutnya, Anda bisa berkonsultasi pada dokter.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Jangan merokok/minum alkohol

Disarankan bagi Anda yang akan menjalani perawatan saluran akar gigi ini, sebaiknya jangan minum minuman beralkohol sekitar dua puluh empat jam sebelum Anda melakukan perawatan saluran akar gigi dan empat puluh delapan jam setelah perawatan. Selain itu, Anda juga sebaiknya jangan merokok selama 24 jam sebelum dan 72 jam setelah Anda menjalankan perawatan saluran akar gigi. Mengapa demikian?

Karena merokok dan minum minuman beralkohol bisa menyebabkan waktu penyembuhan Anda semakin lama dan bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi. Di samping itu, sensasi mabuk yang mungkin masih ada justru akan menyebabkan rasa tidak nyaman ketika melaksanakan perawatan saluran akar semakin bertambah.

Penuhi kebutuhan asupan makanan Anda

Sebelum pelaksanaan perawatan saluran akar gigi, sebenarnya tidak ada larangan apapun mengenai konsumsi makanan kecuali yang dianjurkan oleh dokter. Tetapi jika dokter akan membius Anda melalui infus saat perawatan, Anda bisa menanyakan apa saja pantangannya.

Bila Anda akan dibius lokal, makan besar seperti biasa sebelum perawatan saluran akar boleh Anda lakukan atau sekedar ngemil untuk ganjal perut saja. Jika Anda dibius lokal saat perawatan, mati rasa akan hilang dan Anda bisa menikmati makan beberapa jam setelahnya.

Dalam beberapa hari pertama penyembuhan, makanan lunak seperti sup sangat disarankan. Sedangkan, makanan keras, kenyal/lengket sebaiknya dihindari. Jangan pula mengunyah pada sisi mulut saluran akar gigi Anda dicabut.

Kenakanlah pakaian santai

Cukup kenakan pakaian yang santai, nyaman, dan longgar ketika Anda akan pergi ke dokter untuk perawatan saluran akar gigi. Karena perawatan ini durasinya lumayan lama, sehingga pakaian yang santai akan membantu Anda merasa lebih nyaman selama terbaring di kursi perawatan. 

Anda mungkin bisa mengenakan pakaian putih/terang, hal ini karena sebagian dokter menggunakan sodium hypochlorite/pemutih sebagai agen irigasi. Selain itu, sebaiknya jangan gunakan make-up saat Anda akan melakukan perawatan ini.

Setelah selesai perawatan saluran akar, beristirahatlah yang cukup dan jangan melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat. Anda sebaiknya juga beristirahat dengan posisi kepala lebih tinggi dari jantung ketika Anda berbaring.

Beberapa klinik gigi di Jakarta yang bekerja sama dengan Honestdocs juga menyediakan layanan perawatan saluran akar lho. Dapatkan juga harga terbaik hanya di Honestdocs. Cek info lengkapnya di sini: Paket Perawatan Saluran Akar Gigi  

17 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Root Canal: Purpose, Procedure, and Risks. Healthline. (https://www.healthline.com/health/root-canal)
What Is a Root Canal Dental Procedure? Surgery Process & Cost. MedicineNet. (https://www.medicinenet.com/root_canal/article.htm)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
Kelebihan dan kekurangan Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) untuk Menghilangkan Bulu
Kelebihan dan kekurangan Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) untuk Menghilangkan Bulu

Bahkan perawatan IPL diklaim mampu membuat kulit menjadi lebih mulus dan menyamarkan bercak kemerahan di permukaan kulit. Kekurangan dari Intense Pulsed Light (IPL) adalah biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perawatan ini cukup mahal.

Apakah Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) Ampuh Atasi Jerawat?
Apakah Perawatan Intense Pulsed Light (IPL) Ampuh Atasi Jerawat?

Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa setelah 2 minggu pasien yang melakukan perawatan IPL, jumlah komedo, jerawat yang meradang, dan bekas luka mengalami penurunan sekitar 51,8% sampai 64,7%.

Buka di app