ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
Ditulis oleh
ADELIA MARISTA SAFITRI, S.K.M
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Goji Berry: Informasi Manfaat dan Cara Kerja

Dipublish tanggal: Mei 14, 2019 Update terakhir: Okt 26, 2020 Waktu baca: 4 menit

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Goji berry merupakan tumbuhan dengan sebutan “superfood” karena buahnya memiliki antioksidan tertinggi dari tumbuhan yang lainnya.
  • Buah goji berry mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti kalsium, potassium, selenium, vitamin C, dan vitamin E.
  • Manfaat goji berry adalah untuk mencegah kanker, memperlambat penuaan, mencegah infeksi, hingga mengendalikan berat badan.
  • Anda dapat mengonsumsi goji berry dengan cara direbus seperti teh. Minum 2 gelas sehari dan jangan berlebihan.
  • Meski umumnya aman, konsumsi goji berry secara berlebihan dapat menimbulkan rasa mual, pusing, hingga mengganggu pola tidur malam.
  • Klik untuk mendapatkan Goji Berry atau herbal lainnya ke rumah Anda di HDmall. *Gratis ongkir ke seluruh Indonesia & bisa COD.

Anda tentu saja tahu buah Goji Berry, bahkan mungkin saja sering digunakan dalam produk skincare atau kosmetik yang Anda gunakan sehari-hari.

Ya, buah goji berry memang memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kecantikan, tapi khasiatnya tidak kalah penting pula untuk kesehatan yang lebih kompleks. Simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini.

Iklan dari HonestDocs
Beli Onkologi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 19

Apa itu Goji Berry?

Goji berry (Lycium barbarum) merupakan buah berwarna merah dengan rasa manis yang dikenal berasal dari dataran tinggi Himalaya, namun justru berasal dari Cina dan tumbuh subur di pegunungannya, seperti Thian San, Xian Jiang, dan Ning Xia.

Tanaman goji berry, merupakan tumbuhan dengan sebutan “superfood” karena buahnya memiliki antioksidan tertinggi dari tumbuhan yang lainnya,  dapat melawan proses penuaan dan kerusakan sel menurut penelitian dari banyak ahli. Oleh sebab itu, goji berry dikenal juga dengan buah untuk umur panjang.

Buah goji berry bisa dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan pun, mulai dari anak-anak sampai orang berusia lanjut.

Kandungan Goji Berry

Buah goji berry mengandung banyak nutrisi dan vitamin, seperti kalsium, potassium, selenium, vitamin C, dan vitamin E. Terdapat beberapa kandungan yang istimewa dalam buah tersebut, yaitu:

  • Bio polisakarida, bekerja sebagai antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Karotenoid, dimiliki goji berry dengan kadar  tertinggi dibanding buah dan sayuran lainnya.
  • Asam amino, membangun sebagian besar struktur jaringan tubuh.
  • Asam lemak esensial, jarang sekali ditemukan pada buah yang lainnya, terdapat omega 3, 6, dan 9.
  • Vitamin, memiliki 500 kali lebih tinggi vitamin C dari buah jeruk, selain itu juga terdapat vitamin B kompleks, E, A, D, dan K.
  • Mineral, terdapat 21 kandungan mineral termasuk germanium, mineral anti kanker yang jarang dimiliki buah lain.

Manfaat Goji Berry

1. Mencegah kanker

Goji beri mempunyai kandungan istimewa dalam mineralnya yang merupakan anti kanker dan jarang ditemukan di buah lain. Tentu saja efektif mencegah pertumbuhan kanker jika Anda konsumsi setiap hari.

Selain itu, goji berry memiliki kemampuan meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar peradangan dalam darah.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

2. Memperlambat penuaan

Banyak produk kosmetik yang mengandung goji berry karena dipercaya memang ampuh menghambat proses penuaan. Kandungan antioksidan dalam buah ini dapat mencegah kerusakan kolagen pada kulit dari radikal bebas.

3. Memperkuat organ tubuh bagian dalam

Buah goji berry memiliki kemampuan untuk memperkuat hati, ginjal, dan organ penting yang lainnya. Mengonsumsi buah goji juga dapat memperkuat chi (energy vital) dan zen (semangat) yang membuat tubuh menjadi bugar dan menjaga kesehatan mental.

4. Mengendalikan diabetes

Goji berry dapat membantu Anda dalam mengontrol gula darah dan memperbaiki sel yang membantu dalam produksi insulin. Menurut penelitian, minum jus goji berry dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan meningkatkan penyerapan glukosa dalam sel tubuh.

5. Mengontrol berat badan

Buah goji berry dapat membuat Anda merasa kenyang dan mengendalikan nafsu makan. Gula yang dilepas dalam aliran darah terjadi lebih lambat ketika Anda mengkonsumsinya.

Buah ini juga dapat membantu anda mengontrol berat badan dengan meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori.

6. Mencegah infeksi

Buah goji berry memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang bisa mempertahankan daya tahan tubuh Anda, infeksi yang dialami diatasi dengan memberikan perlindungan terhadap infeksi akibat mikroba.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Diabetes via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 36

7. Memelihara kesehatan mata

Anda tentu saja familiar dengan wortel jika berbicara tentang kesehatan mata, ternyata buah goji berry lebih banyak mengandung beta-karoten dibandingkan buah wortel yang dapat memelihara kesehatan mata Anda menjadi jauh lebih baik.

8. Memperbaiki kesuburan

Bagi pria yang mengalami impotensi, buah goji berry dapat meningkatkan kadar testosterone dan membantu meningkatkan kualitas sperma dan kemampuan seksual.

Efek samping penggunaan Goji Berry

Umumnya, mengkonsumsi goji berry belum terbukti memberikan efek samping yang serius menurut penelitian selama  ini. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan beberapa efek samping yang sifatnya ringan, seperti menimbulkan rasa mual, pusing, dan mengganggu pola tidur malam.

Anda harus menjauhi buah ini jika mempunyai alergi terhadap serbuk sari dan harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli jika ingin mengkonsumsinya. 

Tentu saja berlaku juga untuk ibu hamil karena kadar selenium yang tinggi pada buah ini dapat memicu pertumbuhan janin dan kecacatan lahir yang serius.

Hindari interaksi buah goji berry dengan obat-obatan pengencer darah atau yang mengendalikan tekanan darah karena dapat memberikan efek yang sangat serius, seperti penurunan tekanan darah secara abnormal dan hipertensi.

Penderita diabetes harus memperhatikan konsumsi buah ini karena menurunkan tingkat gula darah yang menyebabkan gejala pusing dan pingsan.

Dosis penggunaan Goji Berry

  • Dosis mengkonsumsi buah ini sebenarnya juga tergantung dari banyak faktor kondisi kesehatan dan umur seseorang. Anda disarankan selalu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.
  • Mengonsumsi buah goji berry bisa dilakukan berbagai cara, seperti dalam bentuk segar atau kering, salah satu caranya bisa dengan direbus seperti teh. Konsumsi dua gelas dalam sehari dan jangan berlebihan.
  • Bagi orang dengan kondisi kesehatan normal, dosis yang dianjurkan sekitar 150 gram buah segar dan 10-30 gram buah kering.

Artikel terkait:


19 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Rivera CA, et al. (2012). Probable interaction between Lycium barbarum (goji) and warfarin. DOI: (https://doi.org/10.1002/j.1875-9114.2012.01018.x)
Luo Q, et al. (2010). Antagonistic effects of Lycium barbarum polysaccharides on the impaired reproductive system of male rats induced by local subchronic exposure to 60Co-γ irradiation. DOI: (https://doi.org/10.1002/ptr.3314)
Jeffers L. (2015). Goji berries a surprisingly good source of protein (infographic). (https://health.clevelandclinic.org/goji-berries-surprisingly-good-source-protein-infographic/)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app