Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Goat Rue - Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: SEP 15, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 515.771 orang

Tanaman berbunga dengan ragam manfaat yang dapat Anda temukan.

Apa itu Goat Rue?

Goat Rue memiliki nama latin Galega officinalis merupakan tanaman berbunga cantik dengan warna ungu atau kebiruan, berbentuk menyerupai lonceng dan bisa digolongkan dalam kategori Fenugreek. Tanaman ini asli berasal dari Eropa, Asia Barat, dan Timur Tengah.

Iklan dari HonestDocs
Beli MASKER N95 3M 8210 via HonestDocs

Gunakan masker ini untuk kegiatan sehari-hari pada waktu kepekatan polusi udara meningkat. Selain itu, masker ini dapat digunakan oleh pekerja konstruksi dan juga petugas kesehatan. GRATIS ongkir untuk minimal pembelanjaan Rp50.000!

Tanaman ini pernah dijadikan sebagai pakan ternak di Amerika Serikat. Namun, dihentikan karena dinyatakan berbahaya dan dapat mematikan hewan.

Menurut sebuah riset, tanaman ini terbukti mengandung bahan aktif guanidine yang membuktikan kandungannya memang beracun dan sebelumnya tidak aman untuk penggunaan klinis. 

Sehingga kemampuannya dikembangkan pada kandungan galegine yang memiliki potensi ekstrak kurang beracun, dan memiliki struktur yang tepat untuk memberikan banyak manfaat kesehatan.

Goat Rue sebenarnya sudah populer digunakan perempuan untuk menghasilkan lebih banyak Air Susu Ibu (ASI). Negara Perancis dan Eropa lainnya, menggunakan daun keringnya sebagai galactagogue yang diberikan untuk ibu menyusui

Kemampuan yang ditimbulkannya dapat merangsang pertumbuhan jaringan payudara.

Kandungan Kimia Goat Rue

  • Galegin
  • Hydrocygalegin
  • Guanidine
  • Flavones
  • Kaempferol
  • Quercetin

Manfaat dan kegunaan Goat Rue

1. Mengontrol Diabetes

Penggunaan goat rue sudah digunakan untuk mengobati diabetes sejak tahun 1900-an. Kandungan guanidine yang terdapat didalamnya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Goat rue termasuk dalam tumbuhan yang memiliki metformin, obat anti hiperglikemik yang dihasilkan dari turunan zat guanidine yang mampu merangsang pelepasan insulin. Selain itu, dapat mengangkut glukosa ke dalam sel dan mengurangi kelebihan glukosa yang ada dalam darah.

Juga dapat berperan sebagai antioksidan dan antidiabetes yang dapat melindungi kerusakan sel penyebab radikal bebas dan menjaga produksi insulin.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian menyatakan bahwa goat rue dapat membantu dalam penurunan berat badan, bahkan untuk penderita obesitas genetik sekalipun karena merupakan agen anti obesitas.

Kandungan guidine bertanggung jawab atas efek penurunan berat badan dengan cara menekan nafsu makan dan menunda rasa lapar. Hal itu membuat sedikit kalori yang masuk dalam tubuh, mencegah penyimpanan lemak berlebih, dan membantu dalam membakar lemak tubuh Anda.

3. Meningkatkan Laktasi

Galactagogue pada goat rue memiliki efek laktogenik yang dapat meningkatkan pasokan ASI. Terdapat fitoestrogen yang dapat meningkatkan konsentrasi prolaktin yang merupakan hormone untuk meningkatkan pengeluaran ASI pada ibu menyusui

Daun kering goat rue dapat digunakan produksi ASI dan ukuran jaringan dalam payudara.

4. Mencegah Peradangan

Kandungan yang terdapat pada goat rue dapat mencegah produksi senyawa dan proinflamasi yang dapat menimbulkan peradangan. Sebuah penelitian telah menyatakan bahwa goat rue dapat mencegah pembentukan oksida nitrat dalam tubuh.

Nitrat yang diproduksi dengan jumlah yang tinggi dapat menimbulkan penyakit radang yang serius. Selain itu, terdapat flavonoid dan alkaloid yang telah banyak digunakan untuk mengobati penyakit radang.

5. Menangkal Radikal Bebas

Goat rue memiliki zat fenolik yang mengandung antioksidan tinggi untuk tubuh serta dapat mengurangi aksi negatif dari prooksidan dan berperan penting dalam patofisiologi untuk berbagai gangguan dan penyakit.

Zat fenolik ini melindungi sel-sel sehat tubuh dari kerusakan, kehancuran, dan menjaga integritas DNA.

6. Melawan kanker

Sebuah penelitian menyatakan, goat rue merupakan agen anti kanker yang sangat baik. Daun goat rue merupakan sumber fitoestrogen yang bagus, berperan mirip dengan estrogen dan dapat melindungi kanker payudara.

Fitoestrogen yang dimiliki goat rue mengandung sativin dan medicarpin. Dapat mengurangi radikal bebas yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

7. Anti bakteri

Goat rue efektif digunakan untuk menghambat aktivitas berbagai macam bakteri. Penelitian telah menemukan bahwa goat rue sangat baik mengatasi bakteri berbahaya.

Bakteri berbahaya tersebut, yaitu Serratia Marcescens yang  menyebabkan meningitis, infeksi mata, saluran kemih, dan saluran pernapasan. Serta Yersinia enterocolitica yang menyebabkan diare, infeksi lambung, sakit perut dan kram.

kandungan guanidine, galegin, dan hydroxygen elgin goat rue dapat menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh dan mencegah untuk menjangkau sel-sel tubuh lainnya.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Goat rue dapat melebarkan arteri dan pembuluh darah untuk memastikannya lancar ke seluruh tubuh. Goat rue juga memiliki efek anti hipertensi, sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah.

9. Mengurangi resiko penyakit jantung

Goat rue  dapat mengurangi faktor resiko penyakit jantung dengan mengurangi agregasi trombosit dan mengurangi pembekuan darah pada arteri yang dapat menyebabkan penyumbatan, sehingga aliran darah lancar ke seluruh tubuh.

10. Menurunkan Kolesterol dan Diuretik

Goat rue secara teratur dapat membantu meningkatkan lipid secara keseluruhan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah dan meningkatkan konsentrasi kolesterol baik.

Selain itu, dapat menjadi obat diuretic alami yang bekerja dalam peningkatan urin dalam tubuh sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh dan membuang racun dalam tubuh.

Efek samping Penggunaan Goat Rue

Hindari penggunaan tanaman Goat Rue yang masih segar karena beracun dan membahayakan.

Sebuah studi menyatakan keracunan akibat mengkonsumsi goat rue dapat mengakibatkan dampak negatif pada kesehatan, khususnya bagian hati dan paru-paru.

Alergi sangat mungkin dapat terjadi pada tubuh Anda. Hindari juga ramuan yang dapat meningkatkan persediaan ASI melimpah dengan goat rue karena dapat menyebabkan pembengkakan payudara, dan saluran susu yang tertekan, dan mastitis.

Dosis penggunaan Goat Rue

Dosis yang digunakan tergantung pada beberapa faktor seperti umur, kesehatan, dan lainnya. Pastikan Anda mengikuti resep dokter dan anjuran pada label produk untuk penggunaan. Dosis dibawah ini hanya sebuah informasi dan anjuran umum.

  • Kapsul: Satu kapsul untuk 3-4 kali dalam sehari.
  • Teh: Gunakan 8 ons untuk satu cangkir teh dalam tiga kali sehari.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp