Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
DR SCIENTIA INU KIRANA

Gentamerck (Gentamicin)

Update terakhir: Jul 6, 2019 Tinjau pada Jul 16, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 649.002 orang

Ini adalah review terhadap obat dengan merk gentamerck.  Obat ini sudah tidak tersedia di Indonesia. di bagian akhir review ini juga disertakan tautan untuk mengetahui merk obat-obat lain dengan kandungan yang sama dengan gentamerck.

pabrik                 : merck

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Thiamycin 500 mg kapsul 1

golongan           : obat keras

kemasan            : dos 6 ampul injeksi

kandungan       : gentamicin sulfat setara gentamicin 80 mg/ 2 ml injeksi

Sekilas tentang zat aktif (nama generik)

gentamicin adalah antibiotika golongan aminoglikosida yang digunakan secara luas terutama infeksi-infeksi yang disebabkan oleh bakteri gram negatif. gentamisin bekerja dengan cara mengikat secara tidak dapat balik terhadap sub unit 30s dari ribosom bakteri sehingga menghambat sintesa protein yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan bakteri itu.

Indikasi gentamerck     

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. GRATIS biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Cefspan 100mg cap 1

Kegunaan gentamerck (gentamicin) adalah untuk pengobatan  terhadap berbagai infeksi bakteri terutama bakteri gram negatif seperti  Pseudomonas , Proteus , Serratia , dan Staphylococcus . gentamerck (gentamicin) juga digunakan untuk Septikemia (keracunan darah oleh bakteri patogenik dan atau zat-zat yang dihasilkan oleh bakteri tersebut), meningitis (radang selaput otak), infeksi saluran kemih, saluran pernafasan, saluran pencernaan, kulit, tulang, & jaringan lunak. gentamerck (gentamicin) tidak digunakan untuk infeksi yang disebabkan oleh Neisseria gonorrhoeae , Neisseria meningitidis atau infeksi bakteri Legionella pneumophila ( karena berisiko pasien akan mengalami shock dari lipid A endotoksin  yang ditemukan dalam organisme bakteri gram negatif tertentu ) . gentamerck (gentamicin) juga berguna melawan Yersinia pestis ,dan Francisella tularensis.

Kontra indikasi

Jangan memberikan gentamerck (gentamicin) untuk penderita yang mengalami reaksi hipersensitivitas terhadap gentamicin atau antibiotika golongan aminoglikosida lainnya.

Efek Samping gentamerck

efek samping yang disebabkan oleh pemakaian ethigent (gentamicin) adalah

- terjadinya kerusakan pada aparatus vestibular dari telinga bagian dalam jika diberikan dalam dosis tinggi dan dalam jangka waktu yang lama. gentamicin juga menyebabkan efek toksisitas yang bervariasi antar pasien dengan ciri-ciri yang sering terjadi adalah  kehilangan keseimbangan, pandangan kabur dan dering di telinga.

- gentamicin termasuk nefrotoksik fungsi ginjal yang menurun hingga kerusakan fungsi ginjal

- Gangguan elektrolit (hipomagnesia, hipokalsemia dan hypokalemia)

- reksi alergi atau hipersensitivitas

- peningkatan kadar enzim liver

- neurotoksisitas (keracunan pada syaraf)

- bekas suntikan : nekrosis atau atrofi pada jaringan, nyeri, kemerahan

- edema konjunctiva

Berpotensi fatal : gangguan ginjal (nefrotoksik), depresi saluran nafas, kelemahan otot dan reaksi alergi mengancam jiwa (anafilaksis)

Toleransi terhadap kehamilan

Kategori D. Positif beresiko terhadap janin manusia berdasarkan data- data merugikan dari pemakaian gentamisin yang dikumpulkan dari penelitian maupun bukti pengalaman serta studi terhadap manusia. namun jika manfaat yang diperoleh sangat besar, penggunaannya masih bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan tingginya risiko.

perhatian        

tidak dianjurkan menggunakan gentamerck (gentamicin) pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal, hamil dan menyusui. Hati-hati menggunakan antibiotik ini untuk lansia, penderita myastenia gravis, diabetes, obesitas dan gangguan telinga.

interaksi obat

  • Gentamicin bersamaan dengan zat-zat lain yang bisa mengakibatkan ototoksik dan nefrotoksik, diuretika poten, dan obat penghambat neuromuskular.
  • Meningkatkan potensi dari obat antikoagulan
  • Bekerja berlawanan dengan neostigmine dan pyridostigmine
  • Penggunaan dengan bisphosphonate berisiko terjadi hipokalsemia
  • Risiko hambatan neuromuscular bersamaan dengan botox
  • Indometachin dapat meningkatkan konsentrasi gentamicin pada neonatus.

Dosis gentamerck

ethigent (gentamicin) diberikan dengan dosis:

Infeksi berat : Dewasa : 3-5 mg/kg berat badan/hari inj IM atau infus IV, dosis dinaikkan menjadi 5-7mg/kg berat badan/hari infus IV. 

 Anak-anak : 3-7,5 mg/kg berat badan/hari diberikan dalam 3 dosis terbagi secara intramuskular/intravena

Infeksi Saluran Kemih 160mg satu kali sehari

Terkait

Merk-merk obat dengan kandungan gentamisin (gentamicin)

Merk-merk obat yang termasuk antibiotik golongan aminoglikosida, derivat

 

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dalam waktu 3 hari atau lebih cepat dalam 24 jam di wilayah DKI Jakarta dengan pembayaran melalui transfer bank atau Go-Pay. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum

Chat di WhatsApp