Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Seks dan Hubungan

Gejala Klamidia pada Wanita

Update terakhir: NOV 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.178.028 orang

Apa itu klamidia?

Klamidia adalah infeksi menural seksual yang umum yang disebabkan bakteri. Orang-orang yang menderita klamidia biasanya tidak mengalami gejala yang terlihat pada stadium awal. 

Faktanya, sekitar 90 persen wanita dan 70 persen pria dengan penyakit menular seksual tidak menunjukkan gejala. Tetapi klamidia bisa menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Klamidia yang tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi serius, sehingga merupakan hal yang penting untuk mendapatkan pemeriksaan secara rutin dan berbicara dengan dokter jika Anda merasakan keganjalan.

Penyebab klamidia

Seks tanpa kondom dan hubungan seks oral tanpa perlindungan adalah penyebab tertular infeksi klamidia. Tetapi penetrasi tidak harus selalu terjadi untuk menularkannya. 

Menyentuhkan genitalia dapat menyebarkan bakteri. Hal ini dapat terjadi selama seks anal. Bayi yang baru lahir dapat terinfeksi klamidia dari ibunya pada saat lahir

Kebanyakan pemeriksaan prenatal juga mendapatkan pemeriksaan klamidia, tetapi bukan merupakan suatu hal yang berat untuk melakukan tes OB-GYN pada saat checkup prenatal pertama untuk mengecek kembali. 

Infeksi klamidia di mata dapat terjadi akibat kontak antara oral atau genital dengan mata, tetapi hal ini jarang terjadi. Klamidia juga dapat tersebat bahkan pada seseorang yang pernah terinfeksi sebelumnya dan telah sembuh.

Gejala klamidia pada wanita

Klamidia juga sering disebut dengan infeksi yang bisu. Hal ini karena orang-orang yang menderita klamidia tidak mengalami gejala sama sekali. 

Iklan dari HonestDocs
Beli obat CEFSPAN 100MG CAP via HonestDocs

Cefspan merupakan antibiotik untuk mengatasi infeksi pada saluran pernafasan atas, infeksi saluran kemih dan kelamin, kulit & jaringan lunak. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Cefspan 100mg cap 1

Jika seorang wanita terinfeksi infeksi menular seksual, akan dibutuhkan beberapa minggu untuk dapat melihat gejalanya. Beberapa gejala klamidia yang paling umum pada wanita antara lain:

  • Rasa sakit pada saat melakukan hubungan seksual (dyspareunia)
  • Cairan keluar dari vagina
  • Rasa terbakar pada saat buang air kecil
  • Nyeri di abdomen bagian bawah
  • Inflamasi serviks (cervicitis)
  • Pendarahan pada waktu antara haid

Pada beberapa wanita, infeksi bisa menyebar ke tuba falopi, yang dapat menyebabkan kondisi yang disebut pelvic inflammatory disease (PID). PID dalah penyakit yang gawat darurat. Gejala PID antara lain:

  • Demam
  • Nyeri yang parah pada pelvis
  • Mual
  • Pendarahan yang tidak normal pada waktu antara haid

Klamidia juga bisa menginfeksi rektum. Wanita mungkin tidak mengalami gejala saat mereka mengalami infeksi klamidia di rektum. Jika gejala infeksi rektum terjadi, meskipun begitu, wanita akan mengalami nyeri rektum, cairan keluar dari rektum atau pendarahan

Selain itu, wanita bisa mengalami infeksi mulut jika mereka melakukan seks oral dengan orang yang terinfeksi. Meskipun ada kemungkinan untuk terinfeksi tanpa diketahui, gejala infeksi klamidia pada tenggorokan Anda antara lain batuk, demam, dan sakit tenggorokan

Gejala infeksi seksual pada pria dan wanita dapat berbeda, sehingga penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Pengobatan klamidia

Berita baiknya, klamidia mudah untuk disembuhkan. Karena bakteri klamidia ada di alam, klamidia bisa disembuhkan dengan antibiotik. Azithromycin adalah antibiotik yang biasanya diresepkan dalam dosis besar tetapi tunggal. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Thiamycin via HonestDocs

Thiamycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri pada saluran pernafasan, infeksi saluran pencernaan, dan infeksi saluran kemih. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Thiamycin 500 mg kapsul 1

Doxycycline adalah antibiotik yang harus diminum dua kali sehari untuk sekitar seminggu. Antibiotik lain bisa diberikan. Tidak peduli antibiotik apa yang diresepkan, instruksi dosis harus diikuti secara seksama untuk memastikan infeksi bersih seutuhnya. 

Obat bisa jadi harus diminum hingga dua minggu, meskipun obat dosis tunggal. Pada masa pengobatan, Anda dilarang melakukan aktivitas seksual. 

Masih ada kemungkinan untuk menularkan dan tertular klamidia jika terpapar kembali, meskipun Anda telah dinyatakan sembuh pada infeksi sebelumnya. Meskipun klamidia bisa disembuhkan, merupakan hal yang penting untuk tetap terlindungi dan mencegah terinfeksi kembali.

Pemeriksaan klamidia

Saat Anda memeriksakan diri ke dokter mengenai klamidia, dokter mungkin akan menanyakan tentang gejala yang Anda alami. Jika tidak ada gejala, dokter akan menanyakan kekhawatiran Anda. 

Jika terdapat gejala, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Hal ini membuat dokter bisa mengetahui adanya cairan yang keluar, nyeri atau bintuk yang tidak biasa yang mungkin berhubungan dengan infeksi. 

Pemeriksaan klamidia yang paling efektif adalah pengambilan sampel vagina pada wanita. Jika terdapat kemungkinan infeksi pada anus atau tenggorokan, daerah ini juga perlu diambil sampelnya. 

Hasil mungkin akan keluar beberapa hari kemudian. Jika hasilnya positif, lakukan perawatan lanjutan yang disetujui oleh dokter. 

Pencegahan klamidia

Cara paling meyakinkan untuk orang-orang yang aktif secara seksual untuk terhindar dari terinfeksi klamidia adalah dengan menggunakan kondom pada saat berhubungan seksual. Untuk melakukan seks yang aman, sangat direkomendasikan untuk:

  • Menggunakan pengaman dengan pasangan seks baru
  • Melakukan pemeriksaan secara rutin infeksi menular seksual dengan pasangan seks baru
  • Menghindari seks oral, atau menggunakan pengaman saat seks oral, hingga pasangan telah diperiksa infeksi menular seksual

Seks yang aman dapat melindungi orang-orang dari infeksi, kehamilan yang tidak diinginkan, dan komplikasi-komplikasi lain. Seks yang aman bisa sukses jika dilakukan dengan benar.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit