Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Doxycycline: Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: OCT 13, 2019 Tinjau pada OCT 13, 2019 Waktu baca: 5 menit
Telah dibaca 1.189.047 orang

Doxycycline adalah obat golongan antibiotik yang biasa digunakan untuk menyembuhkan infeksi bakteri seperti, jerawat, bisul, rosasea, infeksi saluran kemih, gonorea, sifilis, infeksi usus, mata, paruparu, mulut. Obat ini juga dapat digunakan untuk pencegahan penyakit malaria atau menangani anthrax. Cara kerjanya adalah dengan cara menghentikan atau menghambat pertumbuhan bakteri, dan hanya bisa digunakan untuk infeksi bakteri, tidak bekerja untuk infeksi virus seperti flu atau jamur

Beberapa merk dagang doxycycline antara lain Viadoxin,Siclidon, Dohixat. Obat ini merupakan obat resep yang tidak dapat sembarang dibeli dipasaran dan aturan pakainya juga harus mengikuti resep dokter. Mari simak artikel mengenai doxycycline berikut ini...

Mengenai Doxycyline

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Tablet dan kapsul 

Kandungan: 

Antibiotik tetrasiklin 

Manfaat Doxycycline

Doxycycline merupakan obat golongan antibiotik tetrasiklin yang digunakan untuk mengobati infeksi bakteri, seperti infeksi paru-paru, usus, mulut, kulit (jerawat, bisul), infeksi saluran kemih, mata, serta infeksi menular seksual (seperti, gonore dan sifilis). 

Selain itu, antibiotik doxycycline ini juga dapat digunakan untuk mencegah malaria dan menangani penyakit anthrax. 

Dosis Doxycycline

Dewasa

  • Untuk infeksi biasa: 200 mg sebanyak 1 kali, lalu dilanjutkan dengan 100 mg per hari.
  • Untuk terapi infeksi yang lebih berat (khususnya infeksi kronis saluran kencing): dianjurkan 100 mg setiap 12 jam (200 mg per hari)
  • Untuk gonorrhoea tanpa komplikasi (kecuali infeksi anorektal pada laki – laki): 100 mg, diminum 2 kali sehari selama 7 hari. Sebagai dosis alternatif yang diberikan satu kali, berikan 300 mg secepatnya diikuti dosis kedua 300 mg setelah 1 jam. 
  • Untuk sifilis primer dan sekunder: 300 mg sehari dalam dosis terbagi selama minimal 10 hari.
  • Untuk infeksi uretra, endoservikal, atau rectal tidak berkomplikasi yang disebabkan oleh Chlamydia trachomatis: 100 mg diminum 2 kali sehari untuk minimal 7 hari.
  • Untuk anthrax inhalasi (paska paparan): 100 mg 2 kali sehari untuk 60 hari.
  • Untuk demam kambuhan: 100 atau 200 mg untuk 1 kali minum.
  • Jerawat: 50 mg selama 6-12 minggu
  • Khusus untuk pencegahan malaria, dosis yang dianjurkan adalah 100 mg per hari. Obat ini sebaiknya diminum 1-2 hari sebelum bepergian ke tempat yang berisiko tinggi malaria, tiap hari pada jam yang sama selama tinggal di daerah tersebut, dan 4 minggu setelah kepulangan Anda.

Anak – anak

Untuk anthrax inhalasi (paparan anthrax): berat badan kurang dari 45 kg; 1 mg/lb (2.2 mg/kg) berat badan, diminum, 2 kali sehari selama 60 hari. Anak dengan berat badan ≥50 kg harus menerima dosis dewasa. Dosis doxycycline yang dianjurkan untuk pasien anak (>8 tahun, </= 45 kg) yaitu 2-5mg/kg/hari dibagi dalam 1-2 dosis, tidak lebih dari 200mg/hari. Dosis biasanya didasarkan pada kondisi kesehatan dan respon terapi anda.

Aturan pakai Doxycycline

  • Doxycycline sebaiknya diminum pada saat lambung kosong, sekitar 1 jam sebelum makan, atau 2 jam setelah makan, biasanya 1-2 kali sehari, setelah itu minumlah segelas air 240 ml. Jika terjadi sakit pada lambung, konsumsilah bersamaan dengan makanan atau susu (atau minuman tinggi kalsium) untuk membantu. Hindari berbaring hingga 10 menit setelah meminum obat ini. Aturan pakai yang baik sebaiknya ditanyakan dahulu kepada dokter atau apoteker
  • Jika anda ingin mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung aluminium, kalsium, zat besi, zinc, magnesium, bismuth subsalicylate, minumlah obat ini 2-3 jam sebelumnya. Contoh produk – produk yang dapat membuat tubuh anda tidak menyerap obat ini dengan baik seperti antacids, didanosine solution, quinapril, vitamin/mineral, produk susu (seperti susu, yogurt), dan jus kaya kalsium. Perhatikanlah baik – baik. 
  • Untuk doxycycline cair, kocok dahulu sebelum anda meminumnya dan gunakan sendok takaran yang diberikan oleh apoteker. Jangan gunakan sendok makan di rumah anda karena dosis tidak akurat.
  • Antibiotik bekerja dengan baik saat jumlah obat di tubuh Anda tetap dalam kadar yang konstan. Jadi, gunakan obat ini dengan interval yang kurang lebih sama. Lanjutkan penggunaan obat ini hingga yang diresepkan habis, walapun gejala menghilang setelah beberapa hari. Jangan berhenti sebelum obat yang diresepkan habis, menghentikan obat terlalu cepat dapat membuat bakteri lanjut berkembang, yang akhirnya kembali terinfeksi. Beritahukan dokter jika kondisi Anda semakin memburuk. Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Efek samping Doxycycline

Efek samping yang sangat umum terjadi seperti mual dan diare ringan, sakit perut, ruam kulit ringan atau gatal, vagina gatal atau mengeluarkan cairan. 

Hentikan konsumsi doxycycline dan segera hubungi dokter jika Anda mengalami efek samping serius berupa diare yang parah atau mengeluarkan darah, demam, nyeri di seluruh tubuh, sakit dada, aritmia, linglung, kesulitan bernapas, telinga berdenging, sensasi terbakar pada mata, sulit atau tidak buang air kecil, sakit kepala berat, pusing, penglihatan kabur, sakit kuning, serta bengkak wajah.

Penggunaan Doxycycline bagi ibu hamil dan menyusui

Hindari pemakaian obat ini jika Anda sedang merencanakan kehamilan, hamil atau sedang menyusui, karena obat ini sangat keras. Doxycycline dapat membahayakan janin

Interaksi Doxycycline 

Menggunakan obat-obat dibawah ini bersamaan dengan doxycycline sangat tidak dianjurkan karena dapat membahayakan, seperti, antibiotic lainnya (penicillin atau rifampicin), obat bius (methoxyflurane), Ciclosporin yang digunakan setelah menjalani transplantasi organ, antikoagulan seperti warfarin, obat yang mengandung zat besi (antasida, obat pencahar, suplemen), isotretinoin, obat-obatan antikejang, misalnya carbamazepine, phenobarbital, dan phenytoin

Jika kedua obat diresepkan bersama oleh dokter, mungkin dokter sudah mengubah dosisnya.

Kontraindikasi Doxycycline

  • Obat ini tidak dianjurkan untuk pengidap asma khususnya jenis Sirup Vibramycin karena mengandung sodium metabisulfite, yang dapat menyebabkan alergi dan reaksi membahayakan nyawa pada pasien dengan kondisi ini
  • Diare
  • Infeksi kandidiasis Vaginal (jamur), konsultasikan dahulu kepada dokter anda, karena dapat memperparah kondisi.
  • Masalah ginjal karena efek sampingnya dapat meningkat akibat melambatnya pembuangan obat dari tubuh. 

Perhatian 

  • Mengkonsumsi doxycycline tidak memberikan perlindungan penuh terhadap malaria, anda juga harus memakai pelindung seperti obat pengusir serangga, sarang nyamuk, baju yang menutupi seluruh tubuh, dan tetap tinggal di area aman, khususnya dari sore hingga subuh.
  • Doxycycline dapat menyebabkan pewarnaan gigi permanen apalagi jika digunakan untuk ibu hamil, bayi, dan anak dibawah umur 8 tahun. Obat ini sebenarnya tidak diperbolehkan untuk anak dibawah umur 8 tahun kecuali untuk anthrax inhalasi atau jika dokter meresepkan.
  • Beritahukan dokter atau apoteker jika anda memiliki alergi terhadap doxycycline, minocycline, tetracycline, sulfites (hanya untuk sirup Doxycycline), atau obat lainnya.
  • Jika Anda memiliki penyakit diabetes, gangguan ginjal dan hati, beritahu dokter Anda terlebih dahulu.
  • Beritahu juga dokter anda jika Anda akan melakukan operasi termasuk operasi gigi jika anda sedang mengkonsumsi obat ini.
  • Hindari paparan sinar matahari yang tidak perlu atau lama dan gunakan baju pelindung, kacamata hitam, dan tabir surya, obat ini dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari.

Jika Anda mengalami reaksi overdosis atau alergi, segera hubungi dokter Anda intuí penanganan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat.


Referensi

Allen, H. Patient (2016). Doxycycline Tablets and Capsules.

Drugs (2018). Doxycycline.

Electronic Medicines Compendium (2018). Doxycycline Capsules 50 mg, 100 mg.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp