Memahami Proses Fisioterapi untuk Anak dan Balita

Dipublish tanggal: Feb 24, 2019 Update terakhir: Nov 3, 2020 Tinjau pada Jul 16, 2019 Waktu baca: 4 menit
Memahami Proses Fisioterapi untuk Anak dan Balita

Ringkasan

Buka

Tutup

  • Fisioterapi juga bisa dilakukan pada bayi, balita, maupun anak-anak yang memiliki gangguan fungsi alat gerak;
  • Fisioterapi pada anak biasanya dibedakan berdasarkan indikasinya. Contohnya adalah fisioterapi untuk bayi lahir dengan risiko tinggi (risti), anak dengan cerebral palsy, spina bifida, gangguan pernapasan, anak dengan gangguan ortopedik, cedera saat olahraga, hingga anak dengan retardasi mental;
  • Dokter biasanya merekomendasikan fisoterapi jika bayi atau balita Anda memiliki beberapa hal sebagai berikut:
    • Gagal memenuhi tonggak perkembangan (milestone) selama tahun pertama kehidupan
    • Hanya menumpu pada satu sisi tubuh dan/atau memiringkan kepala ke satu sisi saja
    • Memiliki postur yang buruk
    • Telah didiagnosis dengan cerebral palsy, torticollis, atau gangguan neuromuskular lainnya
    • Memiliki tonus otot yang kaku
    • Memiliki mobilitas sendi yang berlebihan atau terbatas
    • Memiliki kesulitan dengan keseimbangan dan koordinasi tubuh
  • Selalu bicarakan pada dokter mengenai semua kekhawatiran Anda. Semakin cepat suatu penyakit terdeteksi dalam diri anak, maka semakin cepat pula penanganan dilakukan. Dengan demikian, hal ini dapat mencegah penyakit berkembang lebih parah;
  • Klik untuk memesan berbagai paket fisioterapi dengan harga bersahabat dan dokter berpengalaman melalui HDMall. Gunakan fitur chat untuk berbicara dengan apoteker kami seputar obat dan pemeriksaan kesehatan yang Anda butuhkan.

Fisioterapi lebih awam dilakukan oleh orang dewasa yang mengalami gangguan fungsi alat gerak. Namun, prosedur medis ini sebetulnya juga bisa dilakukan untuk bayi, balita, maupun anak-anak dengan masalah yang sama. Lantas, seperti apa prosedur fisioterapi untuk anak dan balita dan seberapa penting dilakukan? Berikut penjelasannya.

Apa itu fisioterapi?

Fisioterapi adalah prosedur medis yang dilakukan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak yang terganggu. Jenis terapi ini biasanya juga diikuti dengan proses atau metode terapi gerak.

Iklan dari HonestDocs
Fisioterapi Sakit Pinggang 5 Kali Visit Di NK Health

Dengan fisioterapis dapat membantu mengurangi kekakuan otot sekitar pinggang dan menambah kekuatan otot core muscle dengan core strengthening exercise, stretching dan exercise lainnya. Paket in untuk single visit (5x) dan tidak termasuk konsultasi dokter & Pemeriksaan Penunjang ( Rontgen, MRI, CT-Scan).

Fisioterapi sakit pinggang 5x visit di nk health

Salah satu contohnya, fisioterapi dapat dilakukan untuk anak usia kurang dari 1 tahun yang belum bisa duduk atau perkembangannya terlambat perkembangannya. Dokter akan melihat dulu riwayat kelahiran dan kondisi klinis anak.

Jika keterlambatan dikarenakan bayi yang malas dilatih, maka fisioterapi bisa diberikan dalam bentuk latihan-latihan. Namun bila terlambatnya ternyata ada riwayat persalinan yang sulit, misalnya bayi kuning atau indikasi medis lainnya, maka orangtua disarankan membawa anaknya ke rumah sakit atau dokter.

Terapi fisik atau fisioterapi pada bayi dianggap sebagai salah satu bentuk perawatan rehabilitatif paling efektif untuk bayi yang membutuhkan bantuan keseimbangan, kontrol otot, tonggak pencapaian (milestone), dan masih banyak lagi. 

Karena fisioterapi berfokus pada rehabilitasi fisik, banyak dokter merekomendasikannya untuk bayi atau anak yang mengalami gangguan dan kecacatan, terlepas apakah gangguan tersebut muncul dari cedera lahir atau kelainan genetik.

Ada banyak jenis-jenis fisioterapi yang ada. Untuk anak-anak saja, fisioterapi dapat dibagi berdasarkan indikasi penyakitnya. Ada fisioterapi untuk bayi lahir dengan risiko tinggi (risti), anak dengan cerebral palsy, spina bifida, gangguan pernapasan, anak dengan gangguan ortopedik, cedera saat olahraga, hingga anak dengan retardasi mental.

Baca juga: Seluk Beluk Fisioterapi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Tujuan fisioterapi untuk bayi dan balita

Karena kebutuhan setiap bayi berbeda-beda sesuai dengan gangguan yang dimiliki, terapis fisik pada umumnya akan membuat pencapaian sasaran pada setiap pasien. 

Salah satu contohnya, bayi yang lahir prematur sering menahan bahu mereka dekat dengan telinga. Menurut ahli terapi fisik, yang dapat dilakukan untuk kasus bayi prematur adalah memijat lembut dan mendorong bahu bayi ke bawah supaya postur tubuh bayi kembali normal. 

Tujuan fisioterapi dalam kasus ini adalah untuk menjaga postur tubuh bayi tetap normal. Bisa juga untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bayi setelah kehilangan perkembangan penting dalam rahim.

Tidak hanya pada bayi yang memiliki risiko kerusakan motorik, fisioterapi juga dibutuhkan untuk bayi dan balita yang mengalami masalah pembelajaran. Salah satu contohnya pada pasien dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), yaitu sebuah gangguan perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. 

Jangan khawatir jika Anda memilki balita dengan ADHD. Kabar baiknya, anak ADHD dapat tumbuh dan berkembang dengan baik berkat orangtuanya rajin melakukan fisioterapi.

Sementara untuk bayi dan balita yang memiliki kelainan genetik, penyakit neuromuskular, kondisi medis kronis, dan penyakit lainnya, fungsi fisioterapi adalah untuk:

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku
  • Membantu mendukung posisi dan pola gerakan yang benar
  • Mengembangkan keterampilan pengembangan sesuai usia bayi dan balita
  • Mengelola dan mengurangi rasa sakit
  • Memperbaiki fungsi otot
  • Mengatasi masalah keterbatasan pada bayi dan balita

Kapan anak atau balita membutuhkan fisioterapi?

Dokter biasanya merekomendasikan fisoterapi jika bayi atau balita Anda memiliki beberapa hal sebagai berikut:

  • Gagal memenuhi tonggak perkembangan (milestone) selama tahun pertama kehidupan
  • Hanya menumpu pada satu sisi tubuh dan/atau memiringkan kepala ke satu sisi saja
  • Memiliki postur yang buruk
  • Telah didiagnosis dengan cerebral palsy, torticollis, atau gangguan neuromuskular lainnya
  • Memiliki tonus otot yang kaku
  • Memiliki mobilitas sendi yang berlebihan atau terbatas
  • Memiliki kesulitan dengan keseimbangan dan koordinasi tubuh

Meskipun penting untuk diperhatikan tanda-tanda di atas, selalu bicarakan pada dokter mengenai semua kekhawatiran Anda. Semakin cepat suatu penyakit terdeteksi dalam diri anak, maka semakin cepat pula penanganan dilakukan. Dengan demikian, hal ini dapat mencegah penyakit berkembang lebih parah.

Jenis-jenis fisioterapi yang dapat dilakukan pada anak dan balita

Ada banyak jenis fisioterapi yang dapat dilakukan pada anak dan balita, tergantung masing-masing permasalahannya. Berikut ini berbagai jenis fisioterapi untuk anak dan balita, di antaranya:

1. Terapi pemanasan

Terapi ini memanfaatkan kekuatan panas, biasanya untuk mengatasi kelainan kulit, otot, maupun jaringan tubuh bagian dalam lainnya. Penggunaannya tentu saja disesuaikan dengan tingkat keluhan anak Anda.

2. Terapi latihan

Terapi latihan dimaksudkan untuk mengembalikan fungsi sekaligus memberi penguatan dan pemeliharaan alat gerak anak agar bisa kembali normal, atau setidaknya mendekati kondisi normal. 

Pemberian latihan ini akan dilakukan secara bertahap, tergantung pada usia bayi atau balita kepada anak. Pada awalnya, anak akan diberikan latihan memegang maupun menggerakkan tangan dan kakinya. Setelah dirasa mampu, terapi akan dilanjutkan dengan latihan mobilisasi, dimulai dengan berdiri, melangkah, berjalan, lari kecil, dan seterusnya.

3. Terapi dingin

Terapi dingin umumnya hanya diperuntukkan bagi otot saja, biasanya akibat terjatuh dan memar. Terapi ini biasanya diberikan bila cedera anak masih akut dan proses peradangan tidak menjadi kronis. Bisa juga digunakan untuk mengurangi pembengkakan akibat cedera.

4. Terapi stimulasi listrik

Terapi stimulasi listrik bertujuan untuk mempertahankan massa otot dan secara tidak langsung merangsang regenerasi saraf. Terapi yang menggunakan aliran listrik bertenaga kecil ini cocok diterapkan pada anak yang menderita kelemahan otot akibat patah tulang ataupun kerusakan saraf otot.

5. Fisioterapi dada

Anak dengan keluhan batuk-pilek biasanya mendapat chest physiotherapy atau terapi dada. Jenis terapi ini bermanfaat untuk membersihkan saluran pernapasan dan memperbaiki pertukaran udara dalam tubuh anak. Pemberian inhalasi atau nebulizer termasuk ke dalam fisioterapi dada.

Kunci terpentingnya adalah kenali dan pahami tanda-tanda jika bayi atau balita Anda membutuhkan tindakan fisioterapi. Konsultasikan semua masalah yang berhubungan dengan tumbuh dan perkembangan bayi atau balita Anda ke dokter anak. Dengan tindakan yang tepat, gangguan atau masalah pada tubuh anak dapat diatasi dan dicegah dengan baik.

Baca juga: Fisioterapi dan Prosedurnya

7 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Children's Physiotherapy. Hertfordshire Community NHS Trust. (https://www.hct.nhs.uk/our-services/childrens-physiotherapy/)
Physiotherapy And Children. Irish Society of Chartered Physiotherapists. (https://www.iscp.ie/maintain-your-health/physiotherapy-and-children)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app