Feminax : Manfaat, Efek Samping, dan Dosis

Update terakhir: Feb 13, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 250.482 orang

Apa itu Feminax?

Feminax merupakan obat yang digunakan untuk meredakan gejala-gejala yang timbul saat menstruasi, seperti kram, sakit kepala, sakit punggung, pinggang, mual, dan gejala lainnya. Feminax mengandung kombinasi parasetamol 500 mg sebagai anti nyeri (analgetik) dan ekstrak hiosiamin 19 mg yang bermanfaat untuk mengurangi tegangan otot rahim (spasmolitika). 

Varian lain dari feminax adalah feminax sugar free yang mengandung 6000 mg kunyit (Curcumae domesticate rhizoma), 4000 mg asam jawa (Tamarind pulpae), 500 mg kencur (Kampulferiae galangal rhizome), dan 3 mg gingseng cina (Polygalae tenuifoliae radix). Feminax dapat dibeli di apotek, toko obat, dan swalayan karena termasuk ke dalam jenis golongan obat bebas terbatas dengan ciri logo lingkaran berwarna biru. Feminax ditujukan untuk penggunaan oral saja.

 Selalu baca instruksi saat menggunakan produk feminax. Apabila gejala serius atau bertahan lama, carilah pertolongan medis.

Cara kerja Feminax

Parasetamol sebagai analgetik (anti nyeri) dalam feminax bekerja langsung menekan hormone prostaglandin yang menyebabkan kontraksi pada otot uterus dan kandungan ekstrak herbal hiosiamin memiliki mekanisme kerja sebagai spasmolitika yaitu dapat mengurangi ketegangan pada otot rahim. 

Variasi Feminax sugar free memiliki mekanisme kerja berdasarkan khasiat yang terkandung dalam herbal, yaitu kunyit, asam jawa, kencur, dan gingseng cina yang berfunsi untuk mengurangi kram perut, sembelit, perut kembung, perut mulas, nyeri, masuk angina, dan nyeri perut saat menstruasi.

Manfaat dan efek samping Feminax                          

Feminax bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada saat menstruasi yang bisa disebut dengan dimenorea, digunakan juga untuk pasien yang mengalami kejang perut (kolik) yang dapat disebabkan oleh berbagai hal, menyamarkan rasa nyeri ketika menstruasi, seperti sakit kepala, masuk angina, rematisme (radang sendi), maupun nyeri hebat yang terjadi pada saat menstruasi. 

Pada varian feminax sugar free manfaat yang dirasakan berasal dari herbal yang dikandungnya, yaitu: Kunyit (Curcumae domesticate rhizoma) bermanfaat untuk mengurangi kram perut, sembelit, perut kembung, mulas, dan diare yang diderita selama beberapa hari; Asam jawa (Tamarind pulpae) bermanfaat sebagai anti radang, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit, Kencur (Kampulferiae galangal rhizome) bermanfaat untuk mengobati perut mulas dapat juga digunakan untuk mengatasi masuk angin, dan Gingseng cina (Polygalae tenuifoliae radix) berfungsi untuk mengatasi nyeri perut saat menstruasi.

Feminax berpotensi menimbulkan efek samping, seperti mulut kering, retensi urin, sembelit, reaksi darah, midriasi (pelebaran pupil),reaksi hipersensitivitas, aritmia (irama jantung tidak teratur), penurunan tekanan darah, dan gangguan mental

Dosis Feminax

Feminax diberikan pada dosis untuk pasien dewasa yang sedang mengalami nyeri haid 3 kali sehari 1-2 tablet, sedangkan dosis yang digunakan untuk remaja (usia 10-16 tahun) yang sedang mengalami nyeri haid adalah 3 kali sehari 1 tablet. 

Untuk feminax sugar free, aturan pakainya adalah dengan melarutkan 1 sachet feminax sugar free dalam air 150 mL, kemudian diminum 3 hari sebelum haid dan 3 hari setelah haid. Dapat diminum dengan air hangat atau air dingin.

Kontraindikasi penggunaan Feminax 

Hati-hati apabila digunakan dalam jangka panjang pada pasien dengan gangguan hati dan ginjal, gangguan pada jantung, pasien dengan gejala penyumbatan anus serta miastenia gravis (autoimun), penyumbatan usus, pasien yang sedang mengalami demam, dan glaukoma sudut tertutup. 

Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau petugas medis apabila memiliki penyakit-penyakit di atas untuk mendapatkan solusi terbaik dalam mengatasi permasalahan nyeri pada saat menstruasi.

Hal yang harus diperhatikan pada penggunaan Feminax 

Jika nyeri yang diderita pada saat haid tidak kunjung hilang selama 5 hari, segera hubungi dokter atau petugas medis pada unit pelayanan kesehatan, feminax ini jangan diminum melebihi dosis yang dianjurkan kecuali atas petunjuk dokter. 

Pasien dengan penyakit jantung, miastenia gravis (autoimun), penyakit hati, dan gagal ginjal perlu perhatian dosis dan penyesuaian dosis, hubungi dokter apabila anda menderita penyakit-penyakit tersebut, feminax sugar free mengandung pemanis buatan aspartam, sehingga perlu hati-hati ketika mengkonsumsinya.

Interaksi Feminax dengan obat lain 

Feminax lebih sensitif apabila digunakan bersamaan dengan fenobarbita, obat dengan efek anti muskarinik, kloramfenikol, suksametonium, antikoagulan, alcohol dan pralidoksim.

Penyimpanan Feminax 

Feminax dapat disimpan pada suhu ruang (15-30oC)

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit