Exocrine pancreatic insufficiency - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: Apr 29, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.090.073 orang

Pankreas adalah organ dengan panjang sekitar 15-18 cm yang terletak di belakang lambung. Organ pankreas memiliki dua fungsi utama yaitu berfungsi memproduksi hormon dan enzim pencernaan.

Sebagai bagian dari sistem endokrin, pankreas membuat hormon seperti insulin, yang membantu mengendalikan gula darah Anda. Pankreas juga memainkan peran penting dalam sistem pencernaan melalui fungsi eksokrin dengan melepaskan enzim yang membantu mencerna makanan

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Ketika enzim dari pankreas memasuki bagian atas usus kecil, enzim berfungsi untuk memecah protein, lemak, dan karbohidrat menjadi bentuk yang dapat diserap tubuh Anda.

Insufisiensi Eksokrin Pankreas atau Exocrine Pancreas Insufficiency (EPI) terjadi ketika pankreas Anda tidak dapat membuat atau melepaskan cukup enzim pencernaan untuk memecah makanan dan menyerap nutrisi. Gangguan ini paling berdampak pada proses pencernaan lemak.

EPI adalah kelainan pankreas yang jarang terjadi. Gejala EPI seringkali sulit dibedakan dengan gangguan pencernaan lainnya. Oleh karena itu, dokter seringkali mengabaikan diagnosa EPI.

Jika Anda memiliki gejala yang mengarah ke EPI, Anda perlu memeriksakan diri Anda ke dokter. Gejala-gejala EPI mungkin merupakan tanda dari kondisi mendasar seperti pankreatitis atau diabetes. Mengobati EPI penting karena dapat meningkatkan kualitas hidup Anda, mencegah kerusakan lebih lanjut pada pankreas, dan mencegah komplikasi serius dari kekurangan gizi.

Apa penyebab Insufisiensi Eksokrin Pankreas?

Apa pun yang mengganggu proses produksi enzim pankreas dapat menyebabkan EPI. Ada berbagai kondisi yang dapat menyebabkan gangguan tersebut. Pankreatitis kronis dan fibrosis kistik adalah penyebab paling umum dari EPI. Kondisi lain yang dapat menyebabkan EPI mungkin faktor keturunan, penyakit pada sistem pencernaan lain atau efek samping dari operasi.

Kondisi yang terkait dengan EPI:

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01
  • cystic fibrosis
  • pankreatitis kronis
  • operasi pankreas atau perut
  • diabetes
  • Penyakit celiac
  • penyakit radang usus seperti penyakit Crohn
  • pankreatitis autoimun
  • kanker pankreas
  • Sindrom Zollinger-Ellison

EPI umumnya berkaitan dengan kondisi lain. Kebanyakan orang yang menderita pankreatitis kronis dapat mengembangkan EPI. Konsumsi alkohol jangka panjang juga dapat meningkatkan peluang Anda menderita pankreatitis. 

Pankreatitis kronis juga dapat terjadi karena faktor genetik. Namun pada beberapa kasus,penyebab terjadinya pankreatitis tidak diketahui (idiopatik).

Gejala Insufisiensi Eksokrin Pankreas

Saat EPI terjadi, tubuh Anda akan kesulitan mencerna lemak. Oleh karena itu, Anda mungkin akan mengalami gejala seperti perut kembung, sakit perut dan diare. EPI yang parah dapat menyebabkan penurunan berat badan, defisiensi vitamin seperti masalah penglihatan, kejang otot,osteoporosis, dan tinja berlemak.

Gejala EPI pada dasarnya sangat mirip dengan gejala kondisi lain yang mempengaruhi sistem pencernaan. Contohnya:

  • Penyakit celiac
  • Sindrom iritasi usus besar
  • Penyakit Crohn
  • Kolitis ulserativa
  • Kanker pankreas

Apakah Insufisiensi Eksokrin Pankreas dapat dicegah?

Seringkali tidak ada cara untuk mencegah EPI, terutama jika EPI disebabkan oleh kondisi yang merupakan kelainan bawaan seperti cystic fibrosis. Namun EPI yang disebabkan oleh pankreatitis dapat dicegah. 

Untuk mengurangi kemungkinan terserang pankreatitis, dan EPI terkait, hindari konsumsi alkohol yang berlebihan, makan makanan yang seimbang, dan hindari merokok.

Diagnosis Insufisiensi Eksokrin Pankreas

Karena gejala EPI mirip dengan kondisi pencernaan lainnya, tidak ada gejala tunggal yang mengkonfirmasi diagnosa EPI. Dokter Anda kemungkinan akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menegakkan diagnosa EPI dan mendeteksi penyebabnya. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi :

  • Riwayat medis dan pemeriksaan fisik
  • Terkadang, dokter mendiagnosis EPI parah berdasarkan riwayat medis Anda dan adanya beberapa gejala khas termasuk tinja berlemak, diare, dan penurunan berat badan.
  • Pemeriksaan radiologi
  • Pemeriksaan radiologi seperti X-ray, CT scan, atau MRI dapat membantu dokter mencari bukti kerusakan pada pankreas Anda.
  • Pemeriksaan Laboratorium
  • Pemeriksaan laboratorium dapat dilakukan dengan pemeriksaan tinja untuk menentukan kadar lemak di dalamnya. Selain itu pemeriksaan darah juga mungkin dilakukan untuk menentukan fungsi pankreas.
  • Melakukan pemeriksaan penyakit mendasar

Anda akan diberikan tes tambahan untuk melihat apakah kondisi terkait seperti pankreatitis atau diabetes yang diduga sebagai penyebab utama EPI yang terjadi pada Anda.

Pengobatan Insufisiensi Eksokrin Pankreas

Jika Anda didiagnosis dengan EPI, pengobatan Anda akan berfokus untuk meringankan gejala dan membantu tubuh Anda menyerap nutrisi secara normal.

Perubahan Pola Makan dan Gaya Hidup

Perawatan seringkali dilakukan dengan kombinasi diet dan perubahan gaya hidup untuk melancarkan pencernaan Perubahan pola makan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi diet sehat dan seimbang, yang mengandung lemak tidak jenuh dan tidak mengkonsumsi makanan tinggi serat.

Pemberian obat dan suplemen

Anda juga mungkin perlu mengkonsumsi suplemen vitamin karena EPI mempersulit tubuh Anda untuk menyerap vitamin tertentu. Dokter Anda mungkin meresepkan suplemen enzim untuk mengganti enzim pencernaan yang tidak dapat diproduksi jika Anda mengalami EPI.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit