Irritable Bowel Syndrome - Penyebab, Gejala dan, Pengobatan

Update terakhir: Mar 7, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 594.273 orang

Penyakit yang bernama sindrom iritasi usus atau yang lebih dikenal dengan Irritable Bowel Syndrome ini merupakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan dalam tubuh manusia. Penyakit ini bisa hilang dan kemudian timbul lagi dengan begitu saja hingga jangka waktu yang tidak bisa ditentukan.

Orang yang menderita Irritable Bowel Syndrome ini seringkali tidak mendapat bantuan dari orang di sekitarnya. Ini dikarenakan karena mereka menganggap bahwa itu hanyalah penyakit maag biasa. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Anggapan seperti ini dapat membahayakan bagi penderitanya karena semakin bertambah usia maka akan semakin bertambah parah.

Untuk itu, diperlukan pengetahuan tentang pengetahuan tentang penyakit IBS ini supaya banyak orang yang tersadar bahwa IBS dengan maag itu berbeda. 

Selain itu, pengobatan dari penyakit IBS ini juga sangat penting untuk membantu kesembuhan bagi penderitanya.

Cara Untuk Mengetahui Perbedaan Penyakit Irritable Bowel Syndrome Dengan Mag Biasa Serta Cara Pengobatannya

Perbedaan Penyakit Irritable Bowel Syndrome Dengan Mag Biasa
Perbedaan antara penyakit ini dengan mag biasa dapat dilihat dari gejala yang dialami oleh penderitanya. Yang pertama ialah mengalami dua gejala

Sebagian besar orang yang terkena penyakit IBS ini akan mengalami diare, kembung, adanya lendir dalam feses dan perut melilit. Jika Anda mengalami dua gejala tersebut maka dapat dipastikan Anda positif menderita penyakit IBS.

Yang kedua ialah mengalami gangguan pencernaan minimal satu hari dalam satu minggu. Sebagian besar penderita IBS yang telah berusia dewasa akan mengalami perubahan jumlah BAB dan bentuk feses mereka. jika Anda mengalaminya maka sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat via HonestDocs Kini Bisa Dengan OVO!

PROMO! Gratis biaya antar obat ke seluruh Indonesia (minimum transaksi Rp100.000)

Medicine delivery 01

Yang ketiga ialah merasakan sakit di sekitar perut yang berbeda-beda setiap harinya. Bila Anda ditanya oleh dokter untuk menunjukkan dimana letak sakitnya namun Anda kesulitan menjawabnya maka itu berarti Anda memiliki penyakit IBS yang menyerang perut Anda.

Yang keempat ialah dokter akan meminta Anda untuk melakukan tes kepekaan terhadap sebuah makanan. Gejala IBS ini dapat meniru gejala penyakit yang lain sehingga dokter perlu melakukan tes khusus untuk memastikannya. 

Perbedaan gejala gastrointestinal ini sering samar-samar seperti diantara penyakit celiac, intoleransi laktosa, sensitivitas gluten dan infeksi bakteri.

Yang kelima ialah tidak memiliki gejala yang berhubungan dengan darah di dalam feses. Adanya tanda-tanda yang berhubungan dengan penyakit perut seperti demam, adanya darah di dalam feses, 

timbulnya rasa sakit akibat melilit yang menyebabkan Anda terbangun dari tidur dan juga kekurangan darah atau anemia maka itu bukan gejala IBS sehingga dokter akan melakukan sebuah tes.

Dengan berbagai gejala tersebut, mungkin saja salah satu gejala akibat gastrointestinal.

Cara Mengobati Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Jika Anda telah selesai melakukan konsultasi dengan dokter dan Anda positif mengidap penyakit IBS ini maka Anda tidak perlu panik. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengobati penyakit ini.

Yang pertama ialah mengonsumsi makanan berserat. Setelah konsultasi ke dokter, ada baiknya Anda mulai mengatur pola makan dengan lebih mengonsumsi makan-makanan berserat yang sangat mudah untuk larut di dalam saluran pencernaan sehingga otomatis akan mempermudah kerja dari usus Anda.

Yang kedua ialah rajin berolahraga. Gunakanlah waktu yang Anda miliki minimal 2,5 jam untuk melakukan olahraga dalam satu minggu. Contoh olahraga yang tepat untuk mengobati penyakit ini ialah dengan bersepeda maupun dengan jalan cepat.

Yang ketiga ialah menurunkan kadar stres. Anda dapat menurunkan kadar stres dengan melakukan olahraga yang membuat Anda semakin rileks seperti meditasi ataupun yoga.

Yang keempat ialah mengonsumsi teh yang berbahan herbal. Teh herbal ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit IBS ini. Caranya sangat mudah yakni ambil teh charmomile kemudian taruh di dalam gelas dan kemudian aduk dengan air panas. Diamkan selama sepuluh menit kemudian minumlah. Lakukan hal ini minimal dua kali dalam sehari.  

Yang keempat ialah menggunakan lada dan juga kapulaga. Kedua jenis rempah-rempahan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit IBS ini. 

Caranya cukup mudah yakni campurkan kapulaga, jahe dan juga merica dalam satu gelas kemudian campurkan dengan air hangat lalu seduh hingga campurannya dapat merata.

Pentingnya gejala tentang penyakit Irritable Bowel Syndrome ini merupakan hal yang sangat perlu untuk diketahui oleh setiap orang supaya dapat membedakan dengan penyakit maag biasa. 

Selain itu, pengobatan untuk penyakit IBS ini diharapkan dapat membantu proses penyembuhan dan dapat menghindarkan dari penyakit IBS yang kambuh kembali.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit