Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Doctor men
Ditinjau oleh
VINA SETIAWAN

Estramustine: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Update terakhir: DEC 14, 2019 Tinjau pada DEC 14, 2019 Waktu baca: 4 menit
Telah dibaca 1.260.577 orang

Prostat adalah kelenjar berbentuk dan berukuran seperti kacang kenari yang ada dalam sistem reproduksi pria

Prostat terletak di bawah kandung kemih, dekat rektum (anus) dan di sekitar saluran kemih (uretra), dan fungsi utamanya adalah untuk menghasilkan cairan yang bergabung dengan sperma dan membuat air mani lebih cair sekaligus memberikan perlindungan lebih kepada sperma. 

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Seiring bertambahnya usia seorang pria, masalah pada prostat menjadi lebih sering terjadi. Salah satunya adalah kanker prostat. Kanker prostat didiagnosis pada sekitar 180.890 orang baru dan membunuh sekitar 27.540 orang setiap tahun di AS.

Penyakit ini mempengaruhi sistem reproduksi dan saluran kemih, menyebabkan gejala pada saluran kemih termasuk aliran kemih yang lambat atau lemah, frekuensi buang air kecil yang lebih sering (terutama pada malam hari), ditemukannya darah di dalam urin, disfungsi ereksi, nyeri di pinggul, punggung, dada , atau area lain dimana kanker menyebar ke tulang, dan kelemahan atau mati rasa di tungkai atau kaki, atau bahkan kehilangan kontrol berkemih akibat penekanan saraf sumsum tulang belakang.

Mengenai Estramustine

Golongan:

Obat resep

Kemasan:

Kapsul oral 

Kandungan:

Obat anti kanker prostat

Mengenal obat Estramustine?

Estramustine adalah obat yang terdiri dari kombinasi dua jenis obat - hormon yang disebut estrogen dan obat kemoterapi yang disebut nitrogen mustard. Obat ini digunakan untuk pengobatan pasien yang menderita kanker prostat yang tidak lagi merespons terhadap pengobatan hormon

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Sel-sel sehat biasanya bereproduksi dan sebagian sel akan mati dan diganti oleh sel baru, namun pada sel-sel kanker sel terus membelah dan terus tumbuh tanpa terkendali. 

Mekanisme aksi Estramustine didasarkan pada penghentian sel kanker dari membelah menjadi dua sel baru, yang menghambat pertumbuhan tumor serta hormon lain dalam tubuh yang mendorong pertumbuhan kanker.

Estramustine disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika (FDA) pada Desember 1981 sebagai salah satu obat pertama di negara itu untuk mengobati kanker prostat. 

Obat ini diberikan secara oral (diminum), estramustine terutama diindikasikan untuk mengobati kanker prostat metastatik atau progresif.

Estramustine fosfat memiliki sifat anti tumor dan dapat meningkatkan tingkat kesembuhan pasien jika dikombinasikan dengan agen kemoterapi lainnya seperti docetaxel. 

Terapi kombinasi antara Estramustine dan Docetaxel dapat meningkatkan tingkat respons PSA, sehingga meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kelangsungan hidup pasien rata-rata dibandingkan dengan rejimen kemoterapi yang tidak menggunakan Estramustine.

Iklan dari HonestDocs
Mau Pesan Obat? Beli Aja via HonestDocs!

Klik di sini dan beli obat via HonestDocs, langsung dapat GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Iklan obat

Bagaimana dosis dan cara pemberian Estramustin?

Estramustine phosphate tersedia dalam bentuk tablet 140 mg. Kandungan lain di dalam tablet meliputi: Talek, Sodium lauryl sulfate, Silikon dioksida koloid, Magnesium Stearate, Titanium dioksida (E171), Kapsul gelatin keras, Tinta hitam

Dosis pemberian pada orang dewasa dan orang tua

Kisaran dosis bisa diberikan dari 1 hingga 10 kapsul sehari peroral. Kapsul harus diminum tidak kurang dari 1 jam sebelum atau 2 jam setelah makan. Susu, produk susu atau obat-obatan yang mengandung kalsium, magnesium atau aluminium (mis. Antasida) tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kapsul Estracyt.

Dosis awal standar penggunaan obat ini adalah 4-6 kapsul sehari dalam dosis terbagi.Pengobatan biasanya diberikan untuk siklus enam minggu, diikuti dengan istirahat dua minggu. Dosis akan disesuaikan dengan respons klinis pasien.

Apa efek samping yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini?

Efek samping potensial yang terkait dengan pengobatan, seperti nyeri pada payudara atau payudara mengalami pembesaran, penurunan minat berhubungan seks (libido), kesulitan mendapatkan ereksi (impotensi), diare, dan penumpukan cairan menyebabkan tangan atau kaki bengkak, efek samping di atas terjadi pada lebih dari 10% pasien. 

Efek samping lain yang lebih serius juga bisa dialami pasien, contohnya kehilangan kesuburan, kulit kering,gatal, muncul ruam, tekanan darah tinggi, kerusakan hati, kelemahan otot, depresi, sakit kepala, atau mengalami gangguan mental ringan.

Apakah obat ini dapat berinteraksi dengan obat-obatan lain?

Estrogen telah dilaporkan meningkatkan aktivitas terapi dan toksisitas antidepresan trisiklik.

Susu, produk susu atau obat-obatan yang mengandung kalsium, magnesium atau aluminium dapat mengganggu penyerapan Estracyt dan karenanya penggunaan keduanya secara bersamaan harus dihindari. 

Mekanisme di balik interaksi ini adalah bahwa estramustine membentuk garam yang tidak larut dengan ion logam polivalen.

Interaksi antara estramustine dan ACE-inhibitor, kemungkinan mengarah pada peningkatan risiko angioedema (pembengkakan akibat reaksi energi)

Kami sangat menganjurkan bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai pengobatan menggunakan obat ini. Penggunaan bersamaan dengan obat lain seperti obat OTC, obat herbal bahkan vitamin berpotensi menyebabkan interaksi dengan obat ini. 

Konsultasikan semua obat yang Anda konsumsi dengan dokter, agar dokter dapat memberikan saran medis yang tepat untuk Anda.

Perhatian

Beberapa kondisi menyebabkan pemberian Estramustin tidak dianjurkan untuk mengatasi kanker prostat. Diantaranya adalah jika Anda memiliki riwayat alergi pada Estramustine natrium fosfat, estradiol atau mustard nitrogen atau terhadap salah satu bahan yang terdapat di dalam obat ini.

Tidak dianjurkan digunakan pada pasien dengan gangguan maag kronis, atau mereka dengan disfungsi hati yang parah atau insufisiensi miokard (gangguan pada otot jantung), pasien dengan trombosis aktif atau gangguan tromboemboli atau komplikasi yang berkaitan dengan retensi cairan. 

Obat ini juga tidak dianjurkan untuk digunakan pada anak-anak.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp