HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI
Seks dan Hubungan

Ayo Kenali Fakta-Fakta Unik Tentang Air Mani

Dipublish tanggal: Jun 19, 2019 Update terakhir: Agu 4, 2020 Waktu baca: 2 menit
Ayo Kenali Fakta-Fakta Unik Tentang Air Mani

Air mani merupakan salah satu hal yang penting saat berhubungan seksual. Namun, banyak orang yang lebih fokus pada sperma daripada air mani. Bahkan banyak yang menyamakan air mani dan sperma, padahal keduanya berbeda. 

Air mani merupakan cairan putih yang keluar saat ejakulasi. Air mani mengandung sel sperma, fruktosa, dan berbagai enzim yang membantu sperma melakukan pembuahan di rahim. 

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Dapatkan Obat Alergi Terlengkap 2020. Beli sekarang juga, GRATIS ongkir* pengiriman ke seluruh Indonesia dan bisa COD. Privasi Paket Pengiriman. Konsultasi gratis dengan apoteker kami.

Default internal ads 11

Sedangkan sperma merupakan sel reproduksi pria yang mengandung setengah kromosom. Jadi jelas bahwa air mani dan sperma adalah hal yang berbeda. Untuk lebih mengetahui tentang air mani, berikut fakta tentang air mani yang harus Anda ketahui.

Sebesar 5% air mani merupakan sperma

Setiap melakukan ejakulasi, air mani yang diproduksi mengandung sperma. Sperma yang terkandung dalam setiap ejakulasi sekitar 200-500 juta. Jumlah sperma yang dihasilkan adalah 5% dari total volume air mani. 

Banyaknya air mani yang dihasilkan bisa berubah-ubah tergantung lama waktu serta volume ejakulasi.  Air mani berfungsi untuk menetralkan keasaman sperma saat masuk ke dalam vagina, sehingga sperma tidak mati dan dapat melakukan pembuahan.

Air mani mengandung nutrisi

Air mani diproduksi oleh kelenjar kantong semen atau vesikula seminalis. Air mani memiliki warna yang putih keruh, karena mengandung banyak protein. 

Selain itu, air mani juga mengandung sperma dan berbagai nutrisi seperti asam arkobat, fruktosa, zat besi, kalsium, magnesium, sodium, potasium, vitamin B12, kalori, serta air.

Menelan air mani tidak membuat gemuk

Ada mitos yang beredar bahwa menelan air mani dapat membuat gemuk. Meskipun air mani mengandung kalori, tetapi jika ditelan tidak akan membuat gemuk. Air mani yang dihasilkan saat ejakulasi hanya memiliki sedikit kalori yaitu sekitar 5 kalori.

Iklan dari HonestDocs
Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall

Imboost merupakan suplemen yang digunakan untuk terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat dan memulihkan kondisi setelah sakit. Imboost mengandung Echinaceae dan Zinc Picolinate.

Imboost force tablet 4

Kekentalan air mani berubah setiap hari

Kekentalan air mani yang berubah-ubah setiap hari merupakan hal yang wajar, jadi Anda tidak perlu khawatir. Terkadang air mani keluar menyerupai gel, terkadang juga berwujud cair. 

Faktor yang mempengaruhi tingkat kekentalan air mani salah satunya adalah kadar air dalam tubuh. Semakin banyak mengonsumsi air, maka air mani yang dihasilkan semakin encer.

Makanan dan minuman yang dimakan tidak akan mempengaruhi rasa air mani

Karena mengandung fruktosa, air mani normal memiliki rasa sedikit manis. Namun, bagi perokok berat, air mani mungkin akan mengalami perubahan rasa karena telah terpapar zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok seperti nikotin, tar, dan karbon monoksida

Hal inilah yang membuat banyak orang percaya bahwa makanan ataupun minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi rasa air mani. Jika memakan buah-buahan, maka air mani akan memiliki rasa yang lebih segar. Namun, hal ini masih menjadi mitos dan belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan hal tersebut.

Alergi terhadap air mani jarang terjadi

Banyak wanita yang menolak untuk menelan air mani dikarenakan takut terkena alergi. Air mani memang bisa menyebabkan alergi, tetapi hal tersebut sangat jarang terjadi. 

Berdasarkan sebuah penelitian, wanita yang mengalami alergi air mani hanya sekitar 1-15% saja. Tanda-tanda alergi air mani dapat terlihat dari munculnya rasa gatal, kemerahan, dan bengkak pada kulit atau bagian tubuh yang terkena air mani.

Air mani dapat menularkan penyakit kelamin

Meskipun air mani mengandung nutrisi yang baik, tetapi air mani juga dapat menularkan penyakit menular seksual seperti sipilis, gonoroe, klamidia, herpes, bahkan HIV. 

Untuk menghindari risiko terkena penyakit kelamin lakukanlah hubungan seksual yang sehat. Selain itu, gunakanlah alat kontrasepsi saat melakukan hubungan seksual.

65 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
How long does it take for sperm to regenerate? Development time. Medical News Today. (https://www.medicalnewstoday.com/articles/325906.php)

Artikel ini hanya sebagai informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Tanya Dokter

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Artikel selanjutnya
5 Resep Pancake Tanpa Tepung yang Enak dan Mudah Dibuat
5 Resep Pancake Tanpa Tepung yang Enak dan Mudah Dibuat

. Di bawah ini ada beberapa resep pancake yang tentunya lezat dan sehat dan Anda tidak perlu tepung untuk membuatnya. Biar tidak penasaran mari simak resep pancake berikut:

Buka di app