Yellow Root: Manfaat, Dosis, & Efek Samping

Dipublish tanggal: Mei 16, 2019 Update terakhir: Okt 12, 2020 Waktu baca: 3 menit

Tanaman yellow root atau Xanthorhiza simplicissima adalah salah satu dari sedikit spesies dalam keluarga Ranunculaceae yang berasal dari Amerika Serikat bagian timur, tepatnya berasal dari Maine selatan ke Florida utara dan barat ke Ohio dan Texas timur. Tanaman ini mengandung alkaloid berberine, yang memiliki sejumlah kegunaan tradisional dan kontemporer untuk pewarnaan dan obat-obatan.

Nama genus serta nama tanaman ini mengacu pada akar tanaman yang berwarna kuning (xantho yang berarti "kuning" dan rhiza yang berarti "akar"), yang digunakan untuk menghasilkan pewarna kuning oleh penduduk asli Amerika.

Iklan dari HonestDocs
Beli Domperodine IF 10mg Tab via HonestDocs

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Domperidone if 10mg tab 1

Manfaat Akar Kuning (Yellow Root)

Kondisi kulit
Akar kuning tumbuh liar di seluruh Amerika Serikat, dan telah digunakan oleh penduduk asli Amerika dari generasi sebelumnya sebagai obat alami untuk mengobati berbagai kondisi kulit termasuk eksim, rosacea, psoriasis, ruam popok dan jerawat. Selain itu, tanaman akar kuning juga dapat digunakan oleh para profesional medis untuk mengobati luka dan kondisi kulit yang disebabkan oleh perawatan medis seperti terapi radiasi.

Antibiotika
Akar kuning telah lama digunakan sebagai antibiotik alami. Tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi beberapa kondisi medis karena memiliki efek antibakteri dan anti-infeksi, serta manfaat anti-inflamasi untuk mengatasi masalah peradangan pada sistem pencernaan, pernapasan dan kekebalan tubuh. Akar kuning juga dapat digunakan untuk mengurangi demam, karena mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, E dan B-kompleks yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit akibat infeksi.

Mengatasi Infeksi Saluran Pernafasan
Akar kuning juga telah digunakan oleh penduduk asli Amerika dan lainnya selama beberapa generasi untuk mengurangi gejala infeksi pernapasan yang disebabkan oleh pilek, alergi, asma, demam, dan rinitis alergi, menurut situs web Herb Wisdom. Khasiat dalam ramuan itu diyakini dapat membantu mengatasi peradangan pada selaput lendir pada hidung, mulut, dan tenggorokan akibat gangguan pada sistem pernafasan.

Mengatasi Masalah Pencernaan
Penduduk asli Amerika menggunakan tanaman akar kuning untuk mengobati mual dan sakit perut. Tanaman akar kuning dapat diseduh menjadi teh atau digunakan dengan cara dihirup, untuk mengatasi berbagai gangguan pencernaan.

Obat nyamuk
Penduduk asli Amerika juga dapat menggunakan akar kuning sebagai pengusir serangga dengan menumbuk akar dan mencampurnya dengan lemak beruang, dan menggosoknya pada kulit sebagai perlindungan dari gigitan serangga.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Akar kuning mungkin dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efektif, karena mengandung dua alkaloid yang dikenal sebagai berberin dan kanadin yang tampaknya memiliki efek dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Alergi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 11

Menurunkan Kolesterol
Akar kuning juga baik untuk kesehatan jantung, karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Dosis Akar Kuning

Dosis yang sesuai dari tanaman akar kuning tergantung pada beberapa faktor seperti usia pengguna, kesehatan, dan beberapa kondisi lainnya. Pada saat ini tidak ada informasi ilmiah yang cukup untuk menentukan kisaran dosis yang sesuai untuk penggunaan akar kuning. Perlu diingat bahwa produk alami tidak selalu aman, sehingga dosis perlu diperhatikan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang relevan pada label produk yang tertera pada kemasan dan konsultasikan dengan apoteker, dokter Anda atau profesional kesehatan lainnya sebelum menggunakan suplemen herbal apapun.

Efek Samping Akar Kuning

Akar kuning aman jika digunakan dalam dosis kecil untuk penggunaan jangka pendek. Beberapa efek samping ringan yang muncul bersamaan dengan penggunaan tanaman herbal ini meliputi : mual, ketidaknyamanan perut,muntah, iritasi mulut, tenggorokan, dan kulit, serta menyebabkan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya.

Interaksi Akar Kuning

Penggunaan ramuan herbal akar kuning dapat berinteraksi dengan obat golongan antikoagulan atau tetrasiklin jika digunakan bersamaan. Untuk memastikan keamanan penggunaannya, konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya jika Anda berencana untuk mengkonsumsi obat-obatan lain bersamaan dengan produk ini.

Perhatian

  • Akar kuning tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau menyusui.
  • Tidak boleh diberikan kepada bayi baru lahir atau anak kecil karena dapat menyebabkan penyakit kuning atau kernikterus.
  • Tidak boleh diberikan pada seseorang yang menderita penyakit hati atau jantung atau memiliki tekanan darah tinggi.

1 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Yellow Root Uses, Benefits & Dosage. Drugs.com. (https://www.drugs.com/npp/yellow-root.html)

Artikel ini hanya sebagai informasi obat, bukan anjuran medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter atau apoteker mengenai informasi akurat seputar obat.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp
Buka di app