Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Asam Traneksamat - Manfaat, Efek Samping dan, Dosis

Update terakhir: SEP 18, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 950.774 orang

Asam Traneksamat ini merupkan agen fibrinolitik yang digunakan untuk mengobati pendarahan berat selama periode bulanan (mestruasi) pada wanita. Asam Traneksamat memiliki bentuk sediaan tablet dan injeksi.

Asam Traneksamat berbentuk tablet dapat diminum dengan atau tanpa makanan 3x sehari sampai 5 hari selama periode menstruasi bulanan.  Asam Traneksamat dapat mulai diminum setiap bulan saat menstruasi dimulai.

Jangan konsumsi asam Traneksamat ketika tidak ada periode menstruasi dalam satu bulan. Asam Traneksamat digunakan untuk mengurangi jumlah darah yang hilang selama periode bulanan tetapi tidak menghentikan pendarahan menstruasi.

Hubungi dokter anda jika pendarahan tidak membaik atau memburuh selama perawatan, sedangkan asam Traneksamat injeksi digunakan untuk pasien dengan hemophilia yang dapat mengurangi atau mencegah perdarahan selama dan setelah pencabutan gigi.

Hemofilia merupakan penyakit yang menyebabkan gangguan perdarahan akibat kekurangan faktor pembekuan darah, sehingga pasien dengan Hemophilia dapat mengalami perdarahan lebih lama saat tubuh mengalami luka.

Begitu pula apabila pasien melakukan pencabutan gigi dimana perdarahan dari gigi pasien dapat berlangsung lama, sehingga dibutuhkan asam traneksamat injeksi untuk mengurangi atau mencegah perdarahan. Asam traneksamat injeksi ini harus digunakan dengan pengawasan dokter.


Cara kerja Asam Traneksamat

Asam Traneksamat sebagai agen fibrinolitik bekerja dengan mengurangi pelarutan fibrin hemostatic oleh plasmin, sehingga mencegah pendarahan. Dengan adanya Asam Traneksamat, tempat pengikatan reseptor lisin plasmin untuk fibrin ditempati, mencegah pengikatan monomer fibrin, sehingga menstabilkan struktur matriks fibrin.

Asam traneksamat juga dapat mengurangi aktivitas plasmin yang mengurangi aktivasi komplemen dan penggunaan inhibitor C1 esterase (C1-NH), sehingga mengurangi peradangan yang terkait dengan Angioedema Herditer.

Manfaat dan efek samping Asam Traneksamat

Asam Traneksamat oral bermanfaat mengobati pendarahan berat selama menstruasi, sedangkan asam traneksamat injeksi bermanfaat untuk pasien dengan Hemophilia yang dapat mengurangi atau mencegah perdarahan dan mengurangi kebutuhan untuk terapi penggantian selama dan setelah pencabutan gigi.

Efek samping yang mungkin ditimbulkan dari asam traneksamat adalah pusing, sinus, sakit punggung, lelah otot, migraine, anemia, mual, muntah, diare, dan kelelahan.

Apabila mengalami efek samping ini, segera hubungi dokter. Asam Traneksamat ini dikontrainikasikan kepada pasien yang alergi terhadap obat ini, wanita yang menggunakan kontrasepsi oral, dan tromboemboli (penyumbatan pada pembuluh darah pada masa nifas).

Perhatian untuk penggunaan Asam Traneksamat ini dapat meningkatkan risiko thrombosis ketika digunakan bersamaan dengan kontrasepsi oral, faktor IX, konsentrat koagulan anti inhibitor atau tretinoin oral.

Dosis Asam Traneksamat

Dosis yang digunakan untuk pendarahan berat selama menstruasi (menorrhagia) adalah 1300 mg tiga kali sehari hingga lima hari selama menstruasi. Untuk pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal terdapat penyesuaian dosis, yaitu:




  • Jika serum kreatinin > 1,4 mg/dL dan ≤ 2,8 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 1300 mg dua kali sehari
  • Jika serum kreatinin > 2,8 mg/dL dan ≤ 5,7 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 1300 mg satu kali sehari
  • Jika serum kreatinin > 5,7 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 650 mg satu kali sehari

Brand name dari tablet Asam Traneksamat 650 mg adalah Lysteda, sehingga apabila dosisnya 1300 mg maka sekali minum sebanyak dua tablet.

Asam Traneksamat injeksi digunakan untuk pasien Hemophilia dengan penggunaan jangka pendek (dua hingga delapan hari) untuk mengurangi atau mencegah pendarahan dan mengurangi kebutuhan untuk terapi penggantian selama dan setelah pencabutan gigi.

Segera sebelum pencabutan gigi pada pasien dengan Hemophilia, berikan 10 mg/kgBB secara intravena. Setelah operasi, dosis 10 mg/kgBB diberikan secara intravena 3-4x sehari dapat digunakan selama 2-8 hari. Untuk pasien yang memiliki gangguan fungsi ginjal terdapat penyesuaian dosis, yaitu:




  • Jika serum kreatinin 1,36-2,83 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 10 mg/kg iv tiap 12 jam
  • Jika serum kreatinin 2,83-5,66 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 10 mg/kg iv satu kali sehari
  • Jika serum kreatinin >5,66 mg/dL, dosis yang digunakan adalah 10 mg/kg iv tiap 48 jam

Kreatinin merupakan produk limbah kimia yang berada di dalam darah. Pasien dengan gangguan ginjal dapat menyebabkan ginjal tidak dapat menyaring limbah secara efisien, sehingga dapat menyebabkan kadar kreatinin dalam darah.

Kadar kreatinin normal pada laki-laki sekitar 0,6-1,2 mg/dL, sedangkan pada wanita 0,5-1,1 mg/dL. Dengan terganggunya fungsi ginjal, asam traneksamat diperlukan penyesuaian dosis dikarenakan eksresi obat ini melalui urin yang berasal dari pembuangan ginjal.


Referensi

ACOG (2017). Management of Acute Abnormal Uterine Bleeding in Nonpregnant Reproductive-Aged Women.

Allen, H. Patient (2015). Tranexamic Acid for Bleeding.

BPOM RI (2018). Cek Produk BPOM. Tranexamic Acid.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit

Pesan Pengiriman Obat Ini

Ingin beli obat ini? Chat dengan kami di WhatsApp! Kami dapat membantu mengantarkan obat ke rumah Anda se-Indonesia dengan pembayaran via bank transfer, kartu kredit, COD (di sebagian besar kota), Alfamart, dan OVO. Catatan: Kami bukanlah apotek atau toko obat dan kami tidak menjual obat secara langsung. Jasa pengiriman kami bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pasien dengan pengambilan pesanan obat Anda di apotek. Perlu diketahui bahwa ada obat-obatan tertentu yang tidak dapat dikirimkan sesuai dengan ketentuan hukum.

Chat di WhatsApp