HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM
DR. KARTIKA MAYASARI
Ditinjau oleh
DR. KARTIKA MAYASARI

Divertikulum Meckel - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Dipublish tanggal: Apr 17, 2019 Update terakhir: Mei 13, 2020 Waktu baca: 3 menit

Divertikulum adalah kantong yang secara tidak normal terbentuk pada titik lemah di usus. Biasanya divertikulum dapat terbentuk seiring bertambahnya usia. Ketika bayi dilahirkan dengan divertikulum, maka kondisi ini disebut sebagai divertikulum Meckel.

Meskipun 2-3% dari populasi memiliki kondisi divertikulum Meckel, namun pada kebanyakan orang, penyakit ini jarang menimbulkan gejala apapun. Kondisi ini dapat terjadi  pada pria dan wanita, tetapi pria memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami komplikasi akibat divertikulum Meckel dibandingkan dengan wanita.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Apa penyebab penyakit Divertikulum Meckel?

Divertikulum Meckel terbentuk pada janin di awal kehamilan. Kondisi ini terjadi akibat proses pembentukan saluran pencernaan yang tidak sempurna. Divertikulum Meckel adalah penyakit yang termasuk kelainan bawaan (kongenital). Apa yang menyebabkan terjadinya divertikulum meckel masih belum sepenuhnya dipahami.

Divertikulum Meckel mungkin mengandung sel-sel dari lambung dan pankreas. Sel-sel dari lambung dapat mengeluarkan asam, yang dapat menyebabkan luka (ulkus) dan pendarahan.

Gejala Divertikulum Meckel

Gejala-gejala divertikulum Meckel terkait dengan jenis divertikulum yang Anda miliki. Pada 95% orang yang menderita divertikulum meckel, kondisi ini mungkin tidak menyebabkan gejala yang berarti.

Dalam kasus lain, divertikulum dapat terdiri dari sel-sel lambung atau pankreas. Ketika ini terjadi, divertikulum akan berfungsi secara berbeda dari usus sehingga dapat menyebabkan gejala yang signifikan, seperti:

Gejala tergantung dari kapan divertikulum Meckel ditemukan. Sebagai contoh, bayi lebih cenderung mengalami penyumbatan di usus mereka. Pendarahan di usus dan tinja berdarah lebih sering terjadi pada anak-anak yang lebih besar.

Sebagian besar kasus divertikulum Meckel diidentifikasi dan diobati pada anak-anak sebelum usia 10 tahun. Sisa kasus biasanya didiagnosa pada masa remaja.

Iklan dari HonestDocs
Beli Obat Anestesi via HDmall

Gratis Ongkir Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ GRATIS Konsultasi Apoteker ✔️

Default internal ads 22

Divertikulum Meckel dapat menyebabkan gejala sporadis. Ketika ini terjadi, Anda mungkin melihat darah dalam tinja Anda selama beberapa hari, diikuti dengan periode tinja yang normal. Gejala yang tidak menentu dapat membuat kondisi ini sulit didiagnosa oleh dokter.

Dalam kasus yang jarang terjadi, perdarahan berlebihan dari divertikulum Meckel dapat terjadi dan mengancam jiwa. Jika kondisi ini terjadi, operasi darurat mungkin diperlukan untuk mengatasi divertikulum.

Bagaimana cara mencegah terjadinya Divertikulum Meckel?

Karena 95% orang yang menderita divertikulum meckel mungkin tidak menimbulkan gejala yang berarti, dan divertikulum Meckel adalah penyakit kongenital yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Belum ada prosedur pencegahan efektif yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya divertikulum Meckel. 

Bagaimana cara mengatasi Divertikulum Meckel?

Diagnosa

Divertikulum Meckel mungkin sulit didiagnosa. Banyak gejala, seperti muntah, sakit perut, dan nyeri tekan, dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang berbeda.

Jika penyedia layanan kesehatan anak Anda merasa bahwa kombinasi gejala menunjukkan divertikulum Meckel,  maka beberapa pemeriksaan tertentu dapat dilakukan untuk menegakan diangnosa, contohnya:

  • Pemindaian teknesium: Technetium radioaktif disuntikkan ke dalam tubuh. Zat ini diserap oleh sel-sel perut di divertikulum dan dapat dideteksi oleh kamera khusus.
  • Kolonoskopi: Dalam tes ini, tabung kecil fleksibel dengan kamera di ujungnya dimasukkan ke dalam rektum dan usus besar untuk mencari penyumbatan dan penyebab perdarahan.
  • Endoskopi kapsul nirkabel: Untuk tes ini, pasien menelan kamera kecil yang dapat mendeteksi sumber pendarahan di usus kecil. Jika anak Anda terlalu muda untuk menelan pil, pil itu dapat dimasukan ke dalam perut saat anak Anda tidur.

Pengobatan Divertikulum Meckel

Orang yang memiliki divertikulum Meckel tetapi tidak memiliki gejala apa pun tidak memerlukan perawatan. Mereka yang mengalami gejala karena kondisi tersebut mungkin perlu menjalani operasi untuk mengangkat divertikulum. Pembedahan biasanya dilakukan untuk mengangkat divertikulum dan memperbaiki usus.

Jika usus telah rusak akibat divertikulum, bagian usus yang rusak mungkin juga perlu diangkat. Orang yang mengalami kehilangan darah akibat divertikulum Meckel mungkin juga memerlukan terapi zat besi atau transfusi darah untuk menggantikan darah yang hilang.

Pembedahan dilakukan untuk memperbaiki divertikulum Meckel biasanya memiliki risiko komplikasi yang rendah. Namun, beberapa komplikasi dapat timbul setelah operasi.

Jaringan parut dapat berkembang, sehingga dapat menyebabkan penyumbatan usus. Penyumbatan usus bisa mengancam jiwa dan mungkin memerlukan operasi tambahan untuk mengatasi penyumbatan.


6 Referensi
Tim Editorial HonestDocs berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber yang dapat dipercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.
Alana Biggers, MD, Meckel diverticulum (https://www.healthline.com/health/meckels-diverticulum), 30 March 2017.

Artikel ini hanya sebagai informasi awal mengenai kondisi kesehatan, bukan diagnosis medis. HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini
Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.

Periksa ke rumah sakit atau klinik untuk informasi lebih lanjut.

Submit
Buka di app