Doctor men
Ditulis oleh
HONESTDOCS EDITORIAL TEAM

Displasia Ginjal - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Update terakhir: NOV 17, 2019 Waktu baca: 3 menit
Telah dibaca 1.222.740 orang

Displasia ginjal terjadi ketika satu atau kedua ginjal tidak berkembang sebagaimana mestinya saat janin tumbuh dalam rahim. Kadang-kadang disebut multikistik displasia ginjal. Orang dewasa umumnya memiliki dua ginjal. 

Masing-masing seukuran kepalan tangan. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah untuk mengeluarkan zat sisa yang tidak dapat digunakan tubuh, termasuk volume cairan yang berlebihan. Ginjal berfungsi untuk menghasilkan urin, yang kemudian diangkut ke kandung kemih.

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Ginjal Anda membantu menjaga keseimbangan tubuh Anda. Jika ginjal tidak bekerja dengan baik, Anda beresiko mengalami gangguan keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga tubuh Anda tidak dapat bekerja dengan benar.

Displasia ginjal, terjadi karena adanya masalah dengan perkembangan ginjal di dalam rahim. Jaringan normal pada ginjal digantikan oleh kista, sehingga ginjal tidak dapat menyaring darah dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, displasia ginjal terjadi pada 1 dari setiap 4.300 kelahiran bayi normal,

Apa Penyebab Ginjal Tidak Terbentuk dengan Sempurna?

Ureter adalah saluran yang tumbuh ke dalam ginjal dan bercabang membentuk jaringan tubulus yang akan mengumpulkan urin ketika janin berkembang di dalam rahim. 

Pada displasia ginjal, tubulus gagal bercabang sepenuhnya. Urin yang biasanya mengalir melalui tubulus kecil tidak memiliki tempat lain, sehingga mengumpul di dalam ginjal dan membentuk kista.

Displasia ginjal dapat disebabkan oleh paparan ibu terhadap obat-obatan tertentu atau oleh faktor genetik. Obat-obatan yang dapat menyebabkan displasia ginjal termasuk obat-obatan untuk mengobati kejang dan obat-obatan tekanan darah yang disebut inhibitor enzim pengonversi angiotensin (ACE) dan penghambat reseptor angiotensin (ARB). 

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Penggunaan obat-obatan terlarang oleh seorang ibu seperti kokain juga dapat menyebabkan displasia ginjal pada anaknya yang belum lahir.

Mereka yang lebih mungkin mengembangkan displasia ginjal termasuk:

  • anak-anak yang orang tuanya memiliki riwayat mengalami displasia ginjal
  • anak-anak yang memiliki sindrom genetik lainnya
  • anak-anak yang terpapar obat-obatan tertentu di dalam rahim

Gejala Displasia Ginjal

Ginjal yang terkena mungkin membesar saat lahir. Kelainan pada saluran kemih dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Anak-anak dengan displasia ginjal dapat mengalami tekanan darah tinggi. Anak-anak dengan displasia ginjal mungkin memiliki risiko yang sedikit meningkat menderita kanker ginjal.

Penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal dapat berkembang jika anak memiliki masalah berkemih. Banyak anak dengan displasia ginjal yang hanya terjadi pada satu ginjal tidak memiliki tanda atau gejala apapun.

Apakah Displasia Ginjal dapat Dicegah?

Pada saat ini, tidak ada cara yang terbukti untuk mencegah terjadinya displasia ginjal. Menjaga pola makan yang baik dan tidak menggunakan obat-obatan yang dapat memicu kondisi ini selama kehamilan dapat membantu mencegah terjadinya komplikasi pada janin, seperti displasia ginjal.

Diagnosa Displasia Ginjal

Dokter dapat mendiagnosis displasia ginjal selama kehamilan melalui USG. Ultrasonografi dilakukan untuk menunjukkan gambar dan memeriksa perkembangan janin dalam rahim. Terkadang, dokter yang menginterpretasikan gambar ultrasonografi akan melihat ketidakteraturan pada ginjal janin

Iklan dari HonestDocs
Blackmores Pregnancy Breast Feeding Gold

Nutrisi esensial bagi kesehatan ibu dan perkembangan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan. Dapatkan GRATIS ongkir* ke seluruh wilayah Indonesia!

Blackmores pregnancy   breat feeding gold sku

Namun pemeriksaan USG tidak selalu dapat mendeteksi terjadinya displasia ginjal sebelum anak lahir. Dokter Anda mungkin menemukan displasia ginjal selama USG rutin atau selama pemeriksaan untuk kondisi lain.

Biasanya, displasia ginjal hanya terjadi pada satu ginjal. Dalam hal ini, gejala tidak akan terlalu mengganggu. Tetapi jika displasia ginjal terjadi pada kedua ginjal, pengobatan dan pemantauan akan diperlukan. Displasia ginjal juga dapat menyebabkan kematian janin dalam kandungan.

Pengobatan Displasia Ginjal

Jika displasia ginjal hanya terjadi pada satu ginjal, maka tidak diperlukan perawatan khusus, kecuali menimbulkan gejala yang mengganggu. Ginjal yang sehat biasanya akan mengambil alih dan melakukan pekerjaan untuk ginjal yang tidak berfungsi. Tetapi pemeriksaan rutin untuk memastikan ginjal berfungsi dengan baik tetap diperlukan.

Dokter akan memantau:

  • fungsi ginjal
  • tekanan darah
  • Tingkat filtrasi ginjal (Glomerular Filtration Rate)

Seorang anak yang mengalami displasia ginjal hanya pada satu ginjal mungkin lebih mungkin untuk mengalami:

  • infeksi saluran kemih (ISK)
  • tekanan darah tinggi
  • kanker ginjal

Jika kedua ginjal terpengaruh, pemantauan ketat diperlukan untuk menentukan seberapa fungsional ginjal. Jika ginjal benar-benar tidak berfungsi, bayi yang selamat dari kehamilan akan membutuhkan transplantasi ginjal atau cuci darah seumur hidup.

Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?
(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Pertanyaan dan jawaban lain tentang kondisi ini

Punya pertanyaan? Tanyakan kepada dokter di bawah ini

Kami tidak akan mengungkapkan nama dan informasi Anda


Lampirkan file (foto atau video)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
Seperti riwayat pengobatan atau foto gejala (jika ada)
* Jangan khawatir! Kami menjaga kerahasiaan file Anda. Hanya Anda dan dokter yang dapat melihat file tersebut.
Submit